Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Kesehatan Bayi | Jul 11, 2018

Bayi Sakit Setelah Minum Susu Danone, Ini 5 Cara Memilih Susu Formula yang Tepat

Bagikan


Ratusan orang tua di Inggris melaporkan bahwa bayi mereka mendadak sakit setelah meminum susu formula Apatamil baru. Dikutip dari Huffingtonpost.co.uk, para orang tua itu mengaku bahwa anak mereka muntah-muntah dan mengalami diare setelah meminum susu tersebut.

Diketahui, Danone, produsen susu formula Aptamil, baru-baru ini mengubah resep tiga susu formula produksi mereka, yakni Aptamil First Infant Milk powder (stage 1), Aptamil Follow On Milk powder (stage 2), dan Aptamil Growing Up Milk powder (stage 3 dan 4).

Menanggapi hal tersebut, juru bicara Danone mengatakan bahwa pihaknya akan menindaklanjuti keluhan konsumen terhadap susu formula Aptamil baru.

“Bagi beberapa keluarga, transisi dari formula lama ke yang baru tidak selalu mudah. Tapi tentu kami menekankan pada kualitas dan keamanan produk,” kata juru bicara tersebut.

Ia menambahkan, sebelum diedarkan ke pasaran, pihaknya telah melakukan pengujian dan pengecekan kualitas serta keamanan, termasuk tes klinis, tes produk, dan yang lainnya. “Hasilnya, bayi yang mengonsumsi formula ini sehat. Artinya formula ini aman,” ungkapnya.

Berbeda dengan air susu ibu (ASI), susu formula memang rentan menimbulkan reaksi pada bayi. Bayi-bayi yang tidak cocok dengan salah satu merek susu formula bisa menunjukan reaksi seperti muntah dan diare.

Jika sudah begitu, Moms sebaiknya menghentikan pemberian susu formula tersebut. Moms harus mulai memilih susu formula lain untuk diberikan kepada Si Kecil.

Ada lima hal yang harus dipertimbangkan saat memilih formula untuk Si Kecil. Apa saja? Cari tahu yuk Moms!

Cara Memilih Susu Formula yang Tepat

1. Mulai dengan Formula Berbasis Susu Sapi

Susu soya memang populer di kalangan orang dewasa, tapi tidak untuk bayi.

Mulailah kenalkan bayi dengan formula berbasis susu sapi, karena kebanyakan bayi cocok dengan susu jenis ini.

Formula jenis ini juga biasanya lebih murah dari susu soya,” kata Danelle Fisher, wakil kepala departemen anak di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, California.

2. Beralih ke Susu Soya jika Tidak Muncul Reaksi Alergi

Jika tidak ada reaksi alergi saat Si Kecil mengonsumsi formula berbasis sapi, Moms bisa mulai coba mengenalkan formula berbasis soya. Hingga saat ini, protein soya masih jadi kontroversi karena punya efek hormonal.

American Academy of Pediatrics merekomendasi formula berbasis soya untuk alasan tertentu, seperti untuk anak yang alergi susu sapi. Tapi, sebaiknya Moms selalu diskusikan hal ini dengan dokter.

Baca Juga: Apakah Susu Formula Boleh Dimasak?

3. Pilih Produk Brand Ternama

Istilah ada harga ada rupa sepertinya berlaku juga untuk formula. Fisher mengatakan bahwa susu formula keluaran brand ternama lebih terjamin kualitasnya karena telah melalui proses pengujian yang panjang.

Perusahaan generik tidak melakukan riset sedalam yang dilakukan perusahaan ternama. Karena itu juga, meskipun mengandung bahan yang sama, kualitasnya tetap akan berbeda.

4. Jangan Beli Formula dengan Sedikit Kandungan Zat Besi

ASI banyak mengandung zat besi yang penting untuk perkembangan Si Kecil. Kebanyakan susu formula juga diberikan tambahan nutrisi, termasuk zat besi.

Pilihlah susu formula dengan kandungan zat besi tinggi kecuali memang ada anjuran lain dari dokter. Susu formula dengan kandungan zat besi rendah tidak disarankan oleh American Academy of Pediatrics.

Pilih juga formula yang mengandung DHA, ARA, dan asam lemak karena kandungan tersebut penting untuk kesehatan otak dan mata.

Baca Juga: Apakah Susu Formula Mahal Tentukan Kecerdasan Anak?

5. Perhatikan Usia Anak

Pastikan Moms memberikan formula yang sesuai dengan usia Si Kecil. Komposisi susu formula untuk bayi baru lahir akan berbeda dengan susu formula untuk anak usia 1 tahun dan seterusnya.

Itulah hal-hal yang perlu Moms perhatikan saat memilih susu formula untuk anak. Sebelum memberikan susu formula, Moms harus berkonsultasi dulu dengan dokter. Kebanyakan dokter tidak menyarankan susu formula jika nutrisi Si Kecil sudah tercukupi dengan ASI.

(AND)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.