Newborn

23 Agustus 2021

Bayi Sering Menjulurkan Lidah? Kenali Makna Isyaratnya!

Eitss, jangan bingung dengan bahasa bayi yang satu ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Jangan heran ketika bayi sering menjulurkan lidah. Isyarat ini bisa saja sebagai bentuk komunikasi darinya dalam merespon perkataan Moms.

Gerakan bayi memang belum sempurna dan belum dapat berbicara. Oleh karena itu, salah satu bentuk responnya adalah dengan gerakan tangan atau menjulurkan lidah.

Walau demikian, ada pula maksud lainnya yang berusaha bayi sampaikan. Ini juga yang menjadi penyebab bayi sering menjulurkan lidah. Apa sajakah itu? Yuk disimak, Moms!

Baca Juga: Ini Cara Membersihkan Lidah Bayi yang Benar Berdasarkan Usia, Jangan Salah ya!

Mengapa Bayi Sering Menjulurkan Lidah?

bayi sering menjulurkan lidah.jpg

Foto: 123rf.com

Penelitian menyatakan bahwa fenomena bayi sering menjulurkan lidah disebut sebagai ‘imitasi tonjolan lidah’ di mana bayi melakukan hal ini sebagai control neuromuscular atau cara untuk berkomunikasi dengan orang sekitarnya dengan memberikan respon.

Lalu, mengapa bayi melakukan hal tersebut? Bisa jadi karena alasan berikut ini.

1. Proses Belajar

Sebenarnya, semua gerakan bayi yang dilakukannya merupakan bentuk dari perkembangan otaknya. Caranya menggenggam jari Moms, tertawa, dan menangis itu semua proses belajar, termasuk saat bayi sering menjulurkan lidah.

Namun apabila bayi Moms tidak melakukannya, jangan khawatir. Karena memang tidak semua bayi melakukan ini, jika bayi Moms masih dapat merespon stimulus yang Moms berikan, Moms tidak perlu panik.

2. Refleks Bayi

Bayi memiliki reflex mengisap dan insting menyusu sebagai mekanisme bertahan hidup. Bagian dari refleks tersebut adalah saat bayi sering menjulurkan lidah untuk membantu perlekatan pada payudara ibu dan mencegah mereka tersedak.

Kebiasaan ini umumnya hilang ketika memasuki usia 4-6 bulan. Meski demikian, ada bayi yang masih terbiasa menjulurkan lidah karena dirasa menarik.

Baca Juga: 3 Cara Mengatasi Bayi Tersedak, Segera Lakukan!

3. Mengenal Dunia

Menggunakan lidah juga merupakan cara pertama bayi mengalami dunia. Bayi sering menjulurkan lidah adalah bagian dari insting makan dan menjelajahi dunia baru di sekitar mereka. Bayi mungkin memerhatikan rasa bibirnya sendiri dan benda-benda lain yang menyentuh mulutnya.

4. Meniru ekspresi orang dewasa

Bayi yang berusia beberapa minggu pun sudah bisa meniru ekspresi wajah orang dewasa. Meski penglihatan mereka belum jelas, bayi sudah bisa mengenali wajah orang yang kerap ada di sekitarnya. Meniru ekspresi ini termasuk ketika bayi sering menjulurkan lidah untuk sekadar bermain-main.

Baca Juga: Tak Hanya Gigi, Begini Cara Membersihkan Lidah Bayi dengan Benar

5. Indikasi rasa lapar atau kenyang

Jika disebut menangis sebagai satu-satunya media bayi berkomunikasi, itu tidak sepenuhnya benar. Bayi sering menjulurkan lidah juga bisa jadi caranya menunjukkan sinyal rasa lapar atau kenyang.

Selain itu, rasa lapar juga bisa ditunjukkan dengan tangan menggenggam, memasukkan tangan ke mulut, atau menjilat bibir.

Di sisi lain, bayi juga bisa menjulurkan lidah ketika merasa kenyang. Biasanya tanda-tanda lain adalah menoleh ke arah lain dari payudara atau botol susu, mengeluarkan makanan atau susu, hingga sesederhana enggan membuka mulutnya.

6. Memiliki lidah yang besar

Jika bayi memiliki lidah yang lebih besar dari rata-rata, suatu kondisi yang dikenal sebagai macroglossia, ini akan membuat bayi sering menjulurkan lidah.

Makroglosia dapat terjadi karena genetika, atau kelainan pembuluh darah atau perkembangan otot di lidah. Ini juga dapat disebabkan oleh kondisi seperti hipotiroidisme atau tumor.

Makroglosia dapat terjadi sebagai salah satu gejala pada sindrom seperti down syndrome dan sindrom Beckwith-Wiedemann.

Jika lidah bayi Moms tampaknya tidak pas dengan mulutnya, atau Moms memperhatikan masalah lain, seperti air liur yang berlebihan, kesulitan menelan, otot yang lemah, atau kesulitan makan, segera hubungi dokter anak.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut Anak

7. Kelenjar bengkak

Penyebab lebih langka bayi sering menjulurkan lidah adalah ketika ada kelenjar bengkak di dalam mulut. Hal ini menyebabkan lidah mereka terdorong keluar.

Walaupun jarang, penyebabnya bisa karena infeksi kelenjar saliva hingga kanker mulut. Diskusikan dengan dokter apabila kondisi ini dirasa mengganggu.

8. Memiliki mulut kecil

Ada sejumlah sindrom atau kondisi yang dapat menyebabkan bayi memiliki mulut yang lebih kecil dari rata-rata. Terkadang bayi secara genetik cenderung memiliki mulut kecil.

Salah satu kondisi tersebut adalah micrognathia, atau rahang kecil. Micrognathia mungkin genetik atau bagian dari sindrom atau kondisi seperti bibir sumbing atau langit-langit mulut sumbing, sindrom Beckwith-Wiedemann, sindrom Pierre Robin, dan beberapa lainnya.

Anak-anak dengan down syndrome mungkin memiliki sejumlah tanda termasuk mulut yang lebih kecil dari rata-rata, perawakan pendek, fitur wajah yang berbeda, dan penurunan tonus otot.

Bayi dengan kondisi yang disebut sindrom DiGeorge mungkin juga memiliki mulut kecil karena perubahan bentuk langit-langit mulut. Sindrom DiGeorge memiliki sejumlah gejala lain, termasuk cacat jantung dan keterlambatan perkembangan.

Baca Juga: 5 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Down Syndrome Pada Balita

Apakah Bisa Hilang?

Tentu saja bisa. Jika dia sudah mampu berkomunikasi dengan baik, dia akan berhenti melakukan hal ini karena sudah mampu merespon perkataan orang lain dengan baik.

Proses menjulurkan lidah biasanya terjadi pada saat bayi berusia 6 bulan, di mana pada saat itu bayi sudah bisa diberikan makan padat. Namun, ketika dia menjulurkan lidahnya boleh jadi dia tidak menyukai makanan padat.

Saat masih bayi, mereka hanya dapat melakukan komunikasi dengan orangtuanya melalui beberapa isyarat. Namun seiring pertumbuhannya, mereka anak mulai meninggalkan bahasa isyarat itu dan belajar untuk berbicara.

Jadi, tidak perlu khawatir jika bayi sering menjulurkan lidah ketika Moms mengajaknya berbicara. Pada saat itu bayi Moms sedang berbicara dengan bahasa bayi.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Terkait Kemampuan Berbahasa dan Komunikasi Bayi

Itu dia Moms beragam alasan bayi sering menjulurkan lidah. Jadi, jangan terlalu khawatir, ya!

  • https://www.healthline.com/health/baby-sticking-tongue-out#large-tongue
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/baby-sticking-tongue-out
  • https://www.mamaoffive.com/baby-sticking-tongue-out/
  • https://brightside.me/inspiration-family-and-kids/why-your-baby-may-be-sticking-their-tongue-out-796214/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait