Bayi

BAYI
23 Maret 2020

Bayi Tidak Mau Makan Pakai Sendok? Lakukan 4 Tips Ini

Tidak mau makan pakai sendok merupakan salah satu fase perkembangan yang akan dilewati bayi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Semenjak suapan pertamanya, setiap bayi merespons berbeda-beda terhadap makanannya. Namun, bila biasanya Si Kecil makan dengan sangat lahap tapi kemudian bayi tidak mau pakai sendok, bagaimana respons Moms? Sedih? Stres? Atau khawatir?

Sebenarnya, bayi yang tidak mau makan pakai sendok adalah hal yang normal. Ini adalah fase yang akan dilewati bayi, yang tidak kalah pentingnya dari munculnya gigi pertama atau langkah pertama Si Kecil.

“Sebagian besar bayi melewati tahap perkembangan ini sekitar usia 9-11 bulan, ketika bayi tidak ingin memainkan peran pasif dalam menyusui lagi,” kata Natalia Stasenko MS, RD, CDN seorang ahli diet anak yang berbasis di London dan New York.

Baca Juga: Bayi Menolak Makan MPASI, Begini Cara Menanganinya

Tips Mengatasi Bayi Tidak Mau Makan Pakai Sendok

Sebenarnya, ada beberapa hal yang dapat Moms lakukan saat bayi menunjukkan tanda-tanda tidak mau pakai sendok. Cobalah satu per satu dan lihat hasilnya.

1. Lakukan Persiapan

Bayi Menolak Makan Pakai Sendok Ini Yang Harus Moms Lakukan -1.jpg

Foto: Flo.health

Jika bayi mendekati 9 bulan, bersiaplah untuk fase bayi tidak mau pakai sendok. Jika Moms khawatir dengan asupan gizi bayi, Moms bisa mengenalkannya dengan finger good. Sehingga bayi akan mendapatkan cukup kalori dan nutrisi ketika fase tersebut datang.

Menurut Journal of Nutrients, sebagian besar bayi siap untuk finger food sejak usia 6 bulan. Namun, Moms harus memperhatikan tanda fisik jika bayi sudah biap memakan finger food pertamanya.

Persiapkan peralatan makannya seperti memilih sendok lembut berujung dangkal, mangkuk, tempat minum, slaber dan letakkan di dekat Moms untuk memudahkan mengambilnya saat Si Kecil mulai makan.

Persiapkan juga lap dan benda lainnya untuk membersihkan jika Si Kecil mulai melemparkan sendok atau memuntahkan kembali makanannya.

2. Hindari Gangguan

Bayi Menolak Makan Pakai Sendok Ini Yang Harus Moms Lakukan -2.jpg

Foto: Captainmums.com

Sebisa mungkin, matikan televisi, gadget, dan bahkan simpan dulu buku favoritnya saat Si Kecil makan. Hal tersebut dilakukan agar bayi tidak mendapatkan distraksi atau gangguan selama makan.

Buatlah suasana menyenangkan dengan mengajaknya mengobrol, bernyanyi sambil mencoba menyuapkan makanan pada mulutnya.

Bisa jadi hal-hal tersebut yang membuat bayi berkurang minatnya saat makan, membuat waktu makan tidak santai karena Moms ikut tak sabar, dan mengajar bayi untuk mengabaikan sinyal kenyang dari tubuhnya.

Bayi mungkin tidak mau makan pakai sendok jika waktu makannya terganggu atau tergesa-gesa.

Baca Juga: Lakukan 4 Hal Ini Saat Bayi Menolak MPASI

3. Selingi dengan Finger Food

Bayi Menolak Makan Pakai Sendok Ini Yang Harus Moms Lakukan -3.jpg

Foto: Ekulele.de

Karena fase bayi menolak makan pakai sendok bisa kapan saja dilalui, Moms bisa menawarkan makan dengan sendok dengan diselingi memberikan finger food pada Si Kecil. B

iarkan bayi menikmati menyentuh makanan dalam mangkuknya saat Moms memberinya makan.

Tunggu sampai bayi membuka mulutnya sebelum menawarkan makanan kepadanya. Ini akan membuat Si Kecil tidak rewel dan malah menolak makanan yang akan diberikan.

Bayi dapat menolak makan pakai sendok jika merasa tertekan untuk makan. Jadi, jangan tergoda untuk membujuknya dan jangan pernah memaksa bayi untuk makan.

Pemberian finger food saat bayi mulai tidak mau makan dengan sendok diharapkan akan memenuhi asupan nutrisi untuk Si Kecil, hingga dia kembali bisa makan menggunakan sendok tanpa paksaan.

Moms harus banyak bersabar agar fase ini berlalu dan Si Kecil kembali makan lahap tanpa rewel.

4. Tak Perlu Khawatir

Bayi Menolak Makan Pakai Sendok Ini Yang Harus Moms Lakukan -4.jpg

Foto: Istockphoto.com

Jika bayi memalingkan kepalanya, mengeluarkan makanannya, atau menutup mulutnya, Si Kecil mungkin memberi tahu Moms bahwa dia tidak lapar. Cobalah untuk tidak khawatir jika bayi belum makan banyak dalam satu kali makan atau sehari.

Bayi juga mungkin menolak makan dengan sendok karena lebih suka makan sendiri. Fase bayi tidak mau pakai sendok adalah saat bayi sudah merasa diri mandiri dan ingin melakukan semuanya sendiri.

Biarkan Si Kecil makan sendiri dan mencoba untuk tidak khawatir tentang berapa banyak dimakan.

Baca Juga: 6 Alasan Bayi Menolak Menyusu

Semua trik di atas akan berguna saat Moms juga bersabar. Jadi, saat bayi menolak makan pakai sendok, Moms sudah siap menghadapinya.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait