Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
9 Maret 2021

Bedak Dingin Rahasia Kecantikan Tradisional, Inilah Manfaat dan Cara Membuatnya

Bedak dingin memberikan khasiat untuk kulit dengan bahan alami.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Adeline Wahyu

Meskipun semakin banyak produk perawatan kulit yang lebih modern muncul, mereka yang mencari alternatif perawatan kulit yang terbuat dari bahan alami dan harga terjangkau kembali melirik bedak dingin. Moms pernah coba?

Jika belum, simak penjelasan mengenai bedak dingin dulu di bawah ini, yuk.

Apa Itu Bedak Dingin?

Sebelum skin care modern berbagai bentuk dan fungsi muncul, bedak dingin telah menjadi produk perawatan kulit yang digunakan selama beberapa generasi lamanya.

Terbuat dari tepung beras, bedak ini biasanya ditambahkan rempah-rempah lain untuk menambah khasiatnya.

Ketika diaplikasikan ke kulit, sesuai namanya, bedak ini memberikan kesan sejuk atau dingin di kulit, sehingga menambah efek relaksasi ke kulit.

Karena dibuat dengan bahan-bahan alami, bedak ini minim efek samping, kecuali jika penggunanya memiliki alergi tertentu terhadap salah satu bahan yang terdapat di dalamnya.

Walaupun disebut bedak, cara penggunaannya bisa dibilang sama seperti masker.

Bedak dingin dijual dalam bentuk butiran adonan kering yang bisa dicampur dengan air biasa atau air mawar sehingga bertekstur cair, kemudian oleskan ke wajah atau bagian kulit lain yang bermasalah.

Diamkan selama beberapa menit atau sesuai petunjuk kemasan, lalu bilas hingga bersih.

Baca Juga: 4 Masker Alami Untuk Mengencangkan Kulit Wajah

Manfaat Bedak Dingin

Jangan terkecoh dengan harganya yang murah, bedak dingin ternyata menyimpan khasiat yang tidak kalah dengan produk perawatan kulit dari produsen ternama.

Indonesia memiliki berbagai jenis rempah berkualitas yang berlimpah, sehingga membuat produksi bedak dingin lebih mudah.

Mungkin karena minat masyarakat yang semakin tergerus oleh produk modern, bedak dingin saat ini cukup sulit ditemukan dan biasanya hanya di pasar tradisional.

Untungnya, kemajuan teknologi seperti online marketplace saat ini memungkinkan Moms mendapatkan bedak dingin dengan lebih mudah.

Khasiat bedak dingin juga semakin bertambah ketika bahan-bahan bermanfaat lain ditambahkan ke dalamnya, misalnya kunyit, tomat, temulawak, daun ketepeng cina, jintan, bengkoang, dan lain-lain.

1. Mengatasi Jerawat

mencegah jerawat

Foto: Freepik.com

Manfaat yang paling populer dari bedak dingin adalah dapat mengurangi hingga mengatasi jerawat dengan kandungan antibakteri yang alami, sekaligus mengurangi inflamasi jerawat yang mengganggu penampilan dan kenyamanan.

Manfaat bedak dingin ini karena beras putih mengandung beberapa vitamin B kompleks, vitamin E, dan gamma oryzanol yang bermanfaat untuk kulit.

Menurut jurnal yang dirilis Universitas Negeri Jakarta tahun 2019, kandungan gamma oryzanol dalam beras putih berfungsi mengatur produksi kolagen, menangkal radiasi ultraviolet, membantu menghilangkan noda hitam, serta mengangkat sel-sel kulit mati.

Dengan membantu mengangkat sel-sel kulit mati, Moms dapat membersihkan wajah dari kotoran lebih maksimal dan komedo penyebab jerawat juga lebih mudah dibersihkan.

Selain itu, kunyit yang biasanya digunakan dalam bedak dingin juga terbukti antibakteri dan mampu menghambat pertumbuhan bakteri P. Acnes, bakteri penyebab jerawat.

2. Mengurangi Minyak

Penggunaan bedak dingin secara rutin dapat membantu mengurangi produksi minyak wajah.

Salah satu manfaat bedak dingin adalah membantu melembapkan kulit secara alami, sehingga lama kelamaan, produksi minyak juga akan berkurang.

Baca Juga: Cara Membuat 11 Masker Rambut untuk Menghilangkan Ketombe dari Bahan Alami, Ampuh!

3. Mencerahkan Kulit

mencerahkan kulit

Foto: tokopedia.com/milloshop

Manfaat bedak dingin dalam mencerahkan kulit karena adanya kandungan vitamin E yang dapat membuat kulit wajah menjadi tampak lebih bersih, mulus, dan bercahaya.

Efek mencerahkan kulit bedak dingin biasanya juga didukung oleh khasiat bahan-bahan alami lainnya seperti bengkoang, kunyit, jintan, dan lain-lain yang diketahui memiliki kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang mampu merawat kulit menjadi lebih cerah.

4. Mencegah Kerusakan oleh Sinar Matahari

Vitamin E (alpha-tocopherol) dalam tepung beras putih juga diketahui bertindak sebagai antioksidan alami yang berperan dalam melawan efek buruk sinar matahari langsung.

Sinar matahari adalah salah satu sumber utama vitamin D yang alami dan gratis yang bisa kita peroleh. Namun, kulit yang terpapar sinar matahari tanpa perlindungan terlalu lama dapat rusak dan menimbulkan efek samping seperti kerutan, kusam, atau terbakar.

Hal ini disebabkan karena sinar ultraviolet dari matahari merusak sel-sel kulit manusia. Vitamin E berperan penting dalam mendorong regenerasi sel-sel yang rusak, sehingga juga efektif untuk memperlambat tanda-tanda penuaan dini.

5. Meredakan Iritasi Kulit

Bedak dingin meredakan iritasi kulit

Foto: Freepik.com

Vitamin, mineral, dan zat aktif dalam bahan-bahan bedak dingin membantu menyejukkan kulit yang sedang iritasi karena berbagai hal, misalnya akibat terbakar matahari, jerawat, penggunaan produk perawatan kulit yang tidak cocok, kulit kering, dan lain-lain.

Salah satu yang berperan aktif dalam mengurangi iritasi adalah vitamin E, yang memiliki fungsi melembapkan kulit, membantu regenerasi sel kulit, serta meningkatkan sirkulasi darah.

Baca Juga: 4 Masker Wajah dari Bahan Alami untuk Kulit Kering

6. Melembutkan Kulit

Manfaat bedak dingin yang dapat langsung terasa efeknya setelah pemakaian adalah kulit terasa lebih lembut. Sebab, bahan-bahan seperti tepung beras dan rempah yang digunakan memang bermanfaat untuk kulit.

Bahan-bahan seperti bengkoang, kunyit, tomat, daun ketepeng, dan lainnya, telah dikenal sebagai bahan alami untuk melembapkan kulit, mendorong regenerasi sel, efek antioksidan, dan menutrisi kulit dengan vitamin dan mineral, sehingga kulit menjadi lebih sehat dan lembut.

7. Mengecilkan Pori-pori

membantu mengecilkan pori-pori

Foto: Freepik.com

Dengan manfaat bedak dingin untuk mengangkat sel kulit mati, membersihkan kotoran dari pori-pori wajah juga semakin maksimal. Kulit yang bersih akan membuat pori-pori wajah terlihat lebih kecil.

Baca Juga: 6 Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak, Bisa Dibuat di Rumah!

Cara Membuat Bedak Dingin

Cara membuat bedak dingin

Foto: Freepik.com

Membuat bedak dingin secara tradisional memang membutuhkan kesabaran karena prosesnya memakan waktu berhari-hari.

Pembuatan bedak dingin juga cukup bergantung pada cuaca yang cerah karena membutuhkan sinar matahari untuk mengeringkan adonan.

Berikut ini adalah cara membuat bedak dingin secara tradisional oleh masyarakat Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, seperti yang dikutip dari Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (MEDITEG).

Alat dan Bahan:

  • Blender atau food processor
  • Baskom
  • Panci
  • Alat pengering
  • Mixer
  • Beras kualitas baik
  • Rempah-rempah

Pilihan ekstrak tambahan:

Cara Membuat:

  1. Rendam beras 7 hari hingga lunak seperti bubur, ganti air setiap hari, kemudian haluskan.
  2. Saring beras dengan kain selama 3 hari dan diangin-anginkan. Kemudian jemur di bawah sinar matahari selama 1 hari.
  3. Haluskan rempah-rempah seperti rempah klabet, adas manis, bunga sisir, atau lainnya, lalu sisihkan. Haluskan bahan tambahan lain seperti belimbing wuluh, daun ketepeng cina, atau tomat, tergantung produk bedak dingin yang akan dibuat dan khasiat yang dituju.
  4. Campurkan adonan bedak dingin kering dengan rempah-rempah yang telah dihaluskan, tambahkan sedikit air.
  5. Tambahkan ekstrak tanaman atau buah yang telah dihaluskan, aduk hingga kalis.
  6. Setelah adonan jadi, bentuk menjadi bulat-bulat lalu jemur selama 1-2 hari hingga kering.

Baca Juga: Tidak Hanya untuk Dikonsumsi, Ini 7 Resep Masker Wajah Oatmeal

Ternyata skin care tradisional ini cukup menarik dan bisa membuat Moms juga glowing, ya. Moms tertarik membeli dan mencobanya?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait