Newborn

NEWBORN
2 April 2019

Tak Hanya Gigi, Begini Cara Membersihkan Lidah Bayi dengan Benar

Membersihkan lidah bayi tak kalah penting dengan sikat gigi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Kesehatan mulut dan gigi anak sama pentingnya dengan kesehatan anggota tubuh lainnya. Ketika mulut dan gigi anak sehat, maka sistem pencernaannya juga lancar dan nutrisi yang didapatkan anak lebih optimal.

Kita sudah mengetahui bahwa ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan gigi anak seperti mengajarkan untuk rutin sikat gigi dan memeriksakan gigi secara berkala ke dokter gigi spesialis anak.

Namun, di balik itu, sebelum bayi mengalami tumbuh gigi, kesehatan mulutnya dapat dijaga yaitu dengan merawat lidah bayi. Terdengar sederhana, tapi mungkin yang satu ini sering dilewatkan.

Baca Juga: 6 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Teething Alias Tumbuh Gigi Pada Bayi

Cara Membersihkan Lidah Bayi

Bayi yang belum memiliki gigi dan hanya mengonsumsi ASI setiap harinya, dapat meninggalkan bekas berwarna putih pada lidahnya.

Cara membersihkan lidah mudah dan tidak membutuhkan alat dengan harga yang mahal.

Yang terpenting adalah ketelatenan ketika membersihkannya. Hal ini diungkapkan oleh drg. Rizka Aulia Zaim, dokter gigi spesialis anak di Brawijaya Child and Women Clinic, Bandung.

“Membersihkan lidah bayi itu penting, tapi usahakan jangan langsung setelah ia minum ASI karena susunya dapat keluar lagi dari mulutnya. Beri beberapa waktu setelah minum ASI, lalu bersihkan lidah secara perlahan dengan menggunakan kasa,” ujar drg. Rizka kepada Kulwap Orami Community pada Kamis (14/2) lalu.

Langkah membersihkannya adalah memakai kain kasa yang dililitkan pada jari telunjuk. Moms tidak perlu menggunakan odol untuk membersihkannya, cukup celupkan kain kasa tadi ke air hangat.

Kemudian, bersihkan lidah bayi secara perlahan dan tanpa perlu ditekan. Usahakan posisi bayi dipangku dengan nyaman sehingga ia tidak tersedak atau muntah saat dibersihkan lidahnya.

Bersihkan seluruh area mulut dan lidah bayi searah dengan jarum jam secara perlahan, jangan lewatkan juga langit-langit mulut bayi. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kasa yang baru setiap membersihkan lidah bayi.

Baca Juga: Lidah Bayi Putih, Pertanda Sakit?

Waspada Infeksi Jamur Pada Lidah Bayi

Kondisi lidah bayi meninggalkan bekas berwarna putih tidak hanya terjadi ketika ia selesai minum ASI, tapi juga bisa menandakan infeksi jamur. Lalu, apa perbedaan di antara keduanya kondisi tersebut?

“Lidah bayi yang terlihat putih karena habis minum ASI bisa langsung dihapus hanya sekali usap. Berbeda jika lidah bayi terkena infeksi jamur, diusap berulang kali namun bekas putihnya tetap tidak hilang. Gejala lainnya adalah tepi lidahnya terlihat warna putih dan cenderung warna kemerahan. Selain itu, area mulutnya akan terasa sakit sehingga membuat anak mudah rewel,” ujar drg. Rizka.

Bayi mudah terinfeksi jamur karena sistem kekebalan tubuhnya belum maksimal. Penyebab lidah bayi terkena infeksi jamur bisa dari peralatan makan, botol, atau mainan yang masuk ke mulutnya.

Selain itu, kondisi lidah bayi terkena infeksi jamur bisa terjadi pada bayi yang menerima obat-obatan antibiotik.

Cara untuk mengatasi lidah bayi yang terkena infeksi jamur adalah memberikan obat antijamur dan merawat kebersihan mulut dan barang-barang di sekitar bayi.

Selalu ingat, Moms, merawat kesehatan gigi dan mulut anak sangat penting dilakukan sejak usianya dini, ya!

(DG)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait