Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Begini Cara Mencegah Kehamilan Ektopik

Bagikan



Kehamilan ektopik menjadi salah satu penyakit yang kerap mengancam di awal kehamilan. Sebenarnya apa itu kehamilan ektopik dan bagaimana cara mencegah kehamilan ektopik itu sendiri?

Kehamilan ektopik terjadi ketika telur yang dibuahi tumbuh di luar rongga utama uterus. Sederhananya Moms memiliki anak di luar rahim dan biasa disebut kehamilan anggur.

Normalnya telur yang dibuahi terjadi di dalam rahim. Namun, dalam hal ini kehamilan ektopik terjadi di daerah lain dari tubuh seperti indung telur, rongga perut, atau bagian bawah rahim. Kondisi ini tak bisa dianggap enteng sebab bisa berisiko pada keguguran.

Baca Juga : 9 Manfaat Akar Bit untuk Kesehatan Selama Hamil

Gejala Dini Kehamilan Ektopik

theplab.net

Untuk mencegah kehamilan ektopik yang berujung pada keguguran, Moms mungkin bisa mengenali sejak dini gejalanya, antara lain :

1. Rasa sakit yang tiba – tiba datang dan pergi. Biasanya terjadi dengan intensitas bervariasi dan di bagian panggul, perut, bahu, dan leher. Hal ini disebabkan darah dari kehamilan ektopik yang pecah berkumpul di bawah diafragma.

2. Pendarahan pada vagina yang tidak normal dari biasanya.

3. Gejala gastrointestinal yaitu sakit dan keram perut

4. Mudah lelah, pusing, hingga pingsan

Nah jika Moms sudah mengalami gejala di atas baiknya segera cek. Tanda atau nyeri tersebut memang biasa dialami oleh Moms yang hamil tetapi ada baiknya periksa ke dokter jika terjadi sakit yang berlebihan.

Baca Juga: Hamil atau Tidak? Cek 5 Tanda Kehamilan Ini

Cara Mencegah Kehamilan Ektopik

mommabe.com

Pada dasarnya tidak ada hal yang pasti dapat mencegah kehamilan ektopik, tapi ini ada cara untuk mengurangi risikonya antara lain;

1. Tidak bergonta ganti pasangan

2. Gunakan kondom saat berhubungan untuk mencegah tertular penyakit dan risiko radang panggul.

3. Jangan merokok. Jika Moms adalah perokok, berhentilah sebelum Moms hamil

Baca Juga : Kenali 4 Penyebab Muntah Darah Saat Hamil

Bagaimana Jika Sudah Mengalami Kehamilan Ektopik?

news.sanfordhealth.org

Telur yang dibuahi tidak dapat berkembang dengan baik jika berada di luar uterus.

Untuk mencegah hal yang bisa membahayakan nyawa, Moms harus menghilangkan jaringan ektopik. Caranya bisa dengan obat – obatan, operasi laparoskopi atau pembedahan perut.

Hal yang paling bisa dilakukan awal adalah dengan obat. Dalam hal ini kehamilan ektopik yang ditandakan dengan pendarahan yang tidak stabil bisa digunakan obat yang disebut methotrexate.

Obat ini menghentikan pertumbuhan sel dan melarutkan sel yang ada. Obat ini diberikan dengan cara disuntik. Paling penting Moms harus memastikan bahwa Moms mengalami kehamilan ektopik sebelum pengobatan ini dilakukan.

Setelah itu dokter akan melakukan tes HCG untuk melihat apakah pengobatan berjalan lancar dan penentuan apakah perlu penambahan obat.

Di lain kasus bisa juga dilakukan operasi laparoskopi yaitu dengan membuat sayatan kecil pada perut. Selanjutnya dokter akan menggunakan tabung kecil dilengkapi kamera untuk melihat lokasi tuba atau kehamilan ektopik.

Kehamilan ektopik akan dihilangkan lalu tabung diperbaiki atau dihapus, tergantung pada jumlah pendarahan dan kerusakan.

Jika terjadi pendarahan berat maka operasi darurat adalah jalan yang harus diambil untuk menyelamatkan Moms. Operasi ini dilakukan melalui insisi perut (laparotomi).

Nah, apakah Moms pernah mengalami kondisi kehamilan ektopik?

(GSA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.