Home & Living

21 Juni 2021

5+ Jenis Tanaman Begonia yang Berwarna Indah, Tertarik untuk Menanamnya?

Ketahui juga cara merawatnya ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Begonia merupakan salah satu dari sekitar 1.000 spesies sebagian besar tanaman sukulen di keluarga Begoniaceae. Tanaman ini tumbuh dengan bunga atau daun berwarna-warni dan digunakan sebagai tanaman pot di dalam ruangan atau sebagai tanaman taman. Begonia berasal dari daerah tropis dan subtropis.

Ada banyak jenis tanaman Begonia yang bisa Moms coba tanam sendiri untuk mempercantik rumah.

Begonia adalah salah satu tanaman berukuran kecil yang mudah untuk ditanam dan tidak membutuhkan ruang yang terlalu luas di rumah. Selain itu, tanaman ini mempunyai bentuk yang sangat indah dan membuatnya sangat tepat untuk menjadi dekorasi di rumah.

Baca Juga: 6 Cara Menanam Mawar di Rumah Supaya Kebun Tampak Cantik

Jenis-Jenis Begonia

Yuk Moms kenalan dengan beragam jenis Begonia dan cara merawatnya!

1. Charm Begonia

charm begonia.jpg

Foto: finegardening.com

Sebagian besar tanaman Begonia memiliki tanda putih pada daun hijau, tetapi varietas begonia 'Charm' memiliki bercak kuning cerah pada daun hijau cerah, memberikan efek psikedelik.

Tanaman ini termasuk dalam kategori begonia lilin yang memiliki akar berserat. Begonia ini cocok digunakan sebagai pengisi area taman yang kosong, karena relatif pendek tetapi menyebar dengan baik (sejauh 18 hingga 24 inci). Charm Begonia membutuhkan paparan sinar matahari sebagian untuk mempertahankan perkembangan warna pada dedaunannya.

2. Richmond Begonia

04f1c82b880558425ce0e16a8128f0c9.jpg

Foto: pinterest.com

Memiliki daun hijau dengan garis silver adalah ciri khas dari Richmond Begonia. Tanaman ini juga disebut dengann Begonia Matahari karena dapar berubah warna dalam kondisi cahaya yang berbeda.

Bagian bawah daun memiliki warna kemerahan yang memberikan daya tarik khusus jika Moms ingi menjadikannya tanaman gantung.

Varietas ini termasuk jenis berakar serabut, sehingga membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk tumbuh dengan baik. Begonia ini adalah tanaman yang agak besar yang mirip bentuk semak dan dapat mekar terus-menerus.

Baca Juga: Inilah 5 Jenis Tanaman yang Bisa Dijadikan Sebagai Pengharum Ruangan

3. Begonia Mawar

rose begonia.jpg

Foto: gardenia.net

Begonia Mawar cocok untuk Moms yang menyukai bunga warna cerahdan berkelopak banyak.

Melansir Gardenia, di habitat asli mereka, Begonia Mawar adalah tumbuhan bawah, sehingga mereka menangkap sinar matahari yang tersaring dan sering lembab dari pepohonan yang lebih tinggi.

Tanah yang dikeringkan dengan baik, pH 5,5 hingga 5,8, kaya akan bahan organik adalah habitat yang tepat jika Moms ingin mengembangkan jenis Begonia ini.

Ubah tanah yang buruk dengan kompos organik untuk meningkatkan filtrasi dan memberi makan tanaman. Aplikasi pupuk ringan, seperti 10-10-10, akan sangat baik karena tanaman ini terus berbunga sepanjang musim panas.

Jangan biarkan tanah menjadi basah karena ini akan menyebabkan akar cepat busuk. Jika memungkinkan, sirami tanah dan bukan tanaman untuk mengurangi kemungkinan pembentukan jamur.

4. Begonia Seri Koktail

FibrousBronzeLeaf-56a2fe445f9b58b7d0d00379.jpg

Foto: thespruce.com

Begonia berdaun gelap dapat menyerap panas matahari lebih baik daripada begonia berdaun hijau, begitu pula dengan Begonia seri Koktail.

Tanaman ini dapat ditanam di lokasi sinar matahari parsial atau penuh. Begonia seri Koktail dikategorikan sebagai begonia lilin berakar berserat, tidak akan tumbuh secara berantakan, jadi menyelipkannya di antara tanaman berdaun hijau akan menonjolkan dedaunannya yang berwarna silver dan mempercantik tampilannya.

Begonia Seri Koktail memiliki beragam warna pilihan, antara lain, bunga putih, merah muda, dan merah.

Baca Juga: Yuk Mengenal 8 Jenis Anggrek Khas Indonesia, Indah!

5. Double White Begonia

begoniadoublet_cropped-2-2.jpg

Foto: gardenia.net

Double White Begonia adalah jenis Begonia dari seri "Doblet." Walau ukurannya hampir tidak seukuran ibu jari, tetapi akan terus tampak menolok dan semi dibandingkan dengan dedaunan tanaman lainnya sepanjang musim tanam.

Varietas begonia lilin berakar berserat ini tidak menghasilkan biji dan karenanya tidak perlu untuk sering-sering dipotong.

Melansir Farmergracy, tanaman ini sebaiknya ditanam di lokasi yang ternaungi dari terik matahari sore. Penawaran lain dalam seri 'Doublet' mencakup berbagai menarik seperti warna putih, merah muda, hot pink, dan merah.

6. Begonia Rex

begonia.png

Foto: houseplatcentral.com

Melansir Fine Gardening, Begonia Rex adalah subkategori luas dari begonia rimpang, dan umumnya jenis ini paling sering ditanam sebagai tanaman hias daripada tanaman kebun.

Daya tarik utama Begonia Rex adalah dedaunan yang berwarna dan indah daripada bunganya. Dedaunannya memberikan trifecta keindahan, dengan warna, dedaunan, dan tekstur luar biasa yang tumbuh subur dalam kondisi ambang jendela biasa.

Varietas seperti 'Tornado' dan 'Silver Queen' sport daun metalik beraksen hijau, ungu, atau percikan merah. 'Pink Charming' dan 'Duarten' menunjukkan efek kaca patri yang berasal dari urat dan stippling yang tampak pada permukaan daun. 'Red Kiss' yang cantik bisa menggantikan mawar sebagai hadiah romantis, dan warnanya yang cerah jauh lebih tahan lama daripada rangkaian bunga potong apa pun.

Perawakan kecil Begonia Rex membuatnya ideal sebagai tanaman terarium dan memeliharanya dengan cara ini sangat simpel bagi Moms yang padat aktivitas dan sering kekurangan waktu untuk menyiram tanaman.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias yang Sedang Tren dan Bisa Ditanam di Rumah

Cara Merawat Begonia

unnamed.jpg

Foto: pinterest.com

Jika Moms hendak merawat Begonia, melansir The Spruce, maka jangan lupa untuk perhatikan hal-hal berikut ini:

1. Air dan Kelembapan

Mungkin cara tercepat untuk membunuh begonia adalah terlalu banyak air. Biarkan mereka mengering sedikit di antara penyiraman. Jika mereka tetap lembap, maka Moms harus mentolerir waktu yang lebih lama tanpa air. Beri mereka kelembapan ekstra dengan meletakkan pot di nampan kerikil (nampan rendah atau piring berisi kerikil dan air, dengan pot diletakkan di atas kerikil dan tidak langsung di dalam air).

2. Lokasi

Jendela yang menghadap ke timur, barat, atau selatan adalah yang terbaik. Jika tanaman mudah layu saat ditanam di jendela yang menghadap ke selatan, pindahkan tanaman lebih jauh dari jendela. Sebagai alternatif, Begonia juga tumbuh dengan baik di bawah lampu tumbuh. Serta tempat di mana udara kering dari ventilasi pemanas tidak akan langsung mengenainya.

3. Peletakkan Pot

Begonia pot lebih awet dan sehat jika diikat sedikit ke akar daripada diberi terlalu banyak ruang. Pindahkan ke pot lain hanya bila perlu, dan sebaiknya di musim semi sebelum tanaman dipindahkan ke luar dan mulai tumbuh aktif.

Baca Juga: 9 Jenis Tanaman Hias yang Mudah Dirawat Bagi Pemula Sekalipun

Itu dia Moms berbagai jenis tanaman Begonia serta bagaimana cara merawatnya yang tepat. Bagaimana, tertarik untuk menanamnya?

  • https://www.farmergracy.co.uk/products/begonia-double-white-bulbs-uk
  • https://www.thespruce.com/growing-begonias-indoors-1902479
  • https://www.finegardening.com/article/rex-begonias#:~:text=Care%3A%20Watering%20%E2%80%9Con%20demand%E2%80%9D,weeks%20during%20the%20growing%20season.
  • https://www.gardenia.net/plant/begonia-roseform-rose
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait