Program Hamil

24 Januari 2018

Bekerja Saat Masa Hamil, Bagaimana Agar Tetap Sehat?

Hamil Bukan Penghalang Karir Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)

Masa-masa kehamilan adalah waktu yang membahagiakan bagi seorang ibu. Tapi juga menjadi beban bagi para pekerja yang sehari-hari harus datang tepat waktu ke kantor, dan berbagai kesibukan yang menguras banyak tenaga dan emosi.

Jika kondisi Moms cukup baik, jangan jadikan kehamilan menjadi penghalang Moms dalam bekerja. Moms, berikut tips untuk Moms tetap sehat dan produktif di masa kehamilan.

1. Gunakan Outfit yang Nyaman

Untuk Moms yang bekerja dengan mobilitas yang tinggi. Saat kehamilan, pakaian yang nyaman sangat berpengaruh pada kesehatan Moms. Maka dari itu, pilihlah pakaian senyaman mungkin. Hindari outfit yang terlalu ketat dan design model yang membatasi ruang gerak Moms. Hindari sepatu berhak sependek apapun hak nya, tetap tidak disarankan. Gunakan flat shoes dengan permukaan anti licin dan pijakan yang membuat Moms nyaman dalam melangkah.

2. Makan Tepat Waktu

Target pekerjaan memang perlu Moms selesaikan, tapi perlu Moms ketahui, kebutuhan nutrisi pada tubuh Moms bukan hanya sekedar untuk diri Moms sendiri, tapi juga untuk si Kecil. Untuk itu, biasakan makan siang tepat pada waktunya. Sediakan camilan sehat seperti biskuit gandum, salad buah, atau kue kering baik dikonsumsi pada saat jam-jam kritis seperti diantara waktu makan siang, atau saat sore hari.

3. Jaga Emosi

Pada saat hamil, wanita cenderung memiliki emosi yang tidak stabil. Untuk itu, jaga emosi Moms agar selalu berpikiran positif. Jika emosi sedang meledak-ledak, coba sempatkan untuk menghentikan sejenak pekerjaan Moms. Keluarlah untuk menghirup udara segar, tarik napas dalam-dalam dan tersenyumlah. Cara sederhana ini cukup ampuh untuk menekan rasa stres Moms.

4. Hindari Lembur

Beritahu atasan Moms bahwa Moms sedang hamil. Dengan keadaan Moms, mungkin akan menjadi “notice” untuk atasan Moms agar tidak memberikan Moms pekerjaan yang begitu berat yang mengakibatkan Moms lembur dan pulang terlalu malam. Selain tidak baik untuk kesehatan, faktor keamanan juga menjadi salah satu alasannya.

5. Cek Kehamilan Secara Berkala

Jangan lupa untuk memeriksakan kondisi kehamilan Moms secara rutin. Konsultasikan hal-hal apa saja yang perlu Moms lakukan agar perkembangan janin dapat tumbuh sempurna walau aktivitas Moms sangat padat. Jangan sungkan untuk memberitahukan keluhan apa saja yang Moms rasakan selama kehamilan, dokter akan memberikan solusi untuk menjamin Moms tetap sehat dan produktif.

6. Ketahui Batas Kemampuan Moms

Bagaimanapun, kondisi hamil memang perlu pengawasan dan kehati-hatian dalam menghadapinya. Jangan memaksakan kondisi tubuh Moms, jika mual dan pusing menyerang tiba-tiba. Tinggalkan pekerjaan Moms. Istirahatlah dirumah dengan rileks. Moms harus lebih peka untuk “mendengarkan” sinyal dari tubuh Moms sendiri.

--LMF

Produk Rekomendasi

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait