Rupa-rupa

RUPA-RUPA
18 Januari 2021

6 Bencana di Indonesia yang Terjadi Kurang dari Seminggu, Berikut Daftarnya

Bencana ini terjadi kurang dari seminggu
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Teti
Disunting oleh Amelia Puteri

Awal tahun 2021 nampaknya tidak begitu baik bagi masyarakat Indonesia. Bulan Januari belum usai, tetapi sudah terjadi ragam bencana, ditambah dengan pandemi yang belum usai.

Siapa sangka, pada minggu terakhir Januari, terjadi bencana di Indonesia yang bertubi-tubi dalam kurun waktu kurang dari sepekan.

Apa saja bencana tersebut? Ini daftarnya!

Baca Juga: Pramugara Okky Bisma Korban SJ182 Pertama yang Teridentifikasi, Istri Tulis Pesan Pilu: "Tunggu Istrimu di Surga"

1. Jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ182

pesawat Sriwijaya Air.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ182 jurusan Jakarta-Pontianak hilang kontak pada pukul 14.40 WIB hari Sabtu, 9 Januari 2021.

Pesawat SJ182 ini jatuh beberapa saat setelah lepas landas dari bandara Soekarno-Hatta. Berdasarkan informasi yang dihimpun, kontak terakhir terjadi pada pukul 14:40 WIB.

Pesawat jenis Boeing 737-524 itu membawa 62 orang yang terdiri dari 50 penumpang (40 dewasa, 7 anak-anak dan 3 bayi), dan 12 kru.

Mengutip Detik.com, saat ini identifikasi korban masih terus dilakukan, dan tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri telah menerima 188 kantong berisi bagian tubuh.

Adapun sampel DNA yang diterima sebanyak 351 sampel, dengan korban yang telah dikenali sebanyak 24 orang.

2. Tanah Longsor Cimanggung, Sumedang

longsongsumedang detikcom.jpeg

Foto: detik.com

Bencana di Indonesia selanjutnya yaitu terjadinya longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat terjadi pada Sabtu, 9 Januari 2021 lalu.

Longsor terjadi dua kali, pertama pukul 16.00 WIB dan longsor susulan terjadi pada pukul 19.00 WIB.

Dari data sementara, sebanyak 1.020 jiwa mengungsi yang terbagi di pos pengungsian Lapangan Taman Burung dan rumah kerabat.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) melaporkan total korban meninggal dunia akibat longsor di Cimanggung, Sumedang, Jawa Barat berjumlah 28 orang.

Jumlah tersebut merupakan data per Minggu (17/1/2021) pukul 03.59 WIB.

Tim SAR (Search and Rescue) gabungan juga kembali menemukan 3 korban meninggal dunia pada Sabtu (16/1/2021), seperti yang dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Gempa Bumi di Majene dengan Magnitudo 6,2 SR, Memakan Korban Jiwa

3. Gempa Bumi di Majene

kerusakan-akibat-gempa-di-majene-sulawesi-barat-3_169 detikcom.jpeg

Foto: detik.com

Gempa di Majene terjadi pada Jumat, 15 Januari 2021 kemarin, bermagnitudo 6,2 dan menghancurkan bangunan-bangunan di wilayah tersebut.

Bencana di Indonesia ini juga berdampak ke Mamuju dan terasa hingga ke Makassar dan Palu.

Jumlah korban meninggal dunia akibat gempa bumi di Majene, Sulawesi Barat, pada Minggu (17/1/2021) sore sebanyak 9 orang di Majene dan 64 orang di Kabupaten Mamuju.

Sementara itu, dari kondisi mutakhir di lokasi dilaporkan bahwa jalur darat dari arah Mamuju menuju Kabupaten Majene belum dapat dilalui karena jembatan kuning yang masih rusak.

4. Banjir Bandang di Kalimantan Selatan

banjir kalsel.jpeg

Foto: cnnindonesia.com

Terjadi banjir bandang yang menerjang tujuh kabupaten/kota di Kalimantan Selatan (Kalsel) selama beberapa hari terakhir.

Bencana di Indonesia ini telah menewaskan lima orang, dan membuat 112.709 orang lainnya kehilangan tempat tinggal hingga mengungsi.

BNPB melaporkan sebanyak 7 Kabupaten/Kota terdampak banjir itu terdiri dari Kabupaten Tapin, Kabupaten Banjar, Kota Banjar Baru, Kota Tanah Laut, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Balangan dan Kabupaten Tabalong.

5. Banjir di Manado, Sulawesi Utara

banjir manado.jpg

Foto: liputan6.com

Karena hujan dengan intensitas tinggi serta struktur tanah yang labil, mengakibatkan banjir dan tanah longsor terjadi di daerah Manado, Sulawesi Utara pada Sabtu, 16 Januari 2021 pada pukul 15.09 WITA.

Bencana di Indonesia ini terjadi dengan tinggi muka air sekitar 50 sampai 300 sentimeter.

Setidaknya, ada 9 kecamatan dan 33 kelurahan di Kota Manado terdampak banjir dan tanah longsor.

Baca Juga: 12 Arti Mimpi Naik Gunung

6. Erupsi Gunung Semeru

erupsi semeru kompascom.jpg

Foto: kompas.com

Gunung Semeru yang terletak di wilayah Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Jawa Timur erupsi pada Sabtu, 16 Januari 2021 pukul 17.24 WIB.

Saat kejadian bencana di Indonesia ini, Gunung Semeru mengeluarkan awan panas guguran (APG) sejauh 4,5 kilometer.

Erupsi Gunung Semeru Lumajang membuat sembilan kecamatan di Kabupaten Probolinggo diguyur hujan abu vulkanik.

Kabupaten Probolinggo memang berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Lumajang di mana Semeru berada.

Itu dia daftar bencana di Indonesia yang terjadi selama kurang dari sepekan. Semoga keadaan sanak dan saudara di wilayah tersebut akan segera membaik ya, Moms.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait