Kesehatan

KESEHATAN
6 Januari 2021

Berapa Dosis Vitamin C yang Dibutuhkan Tubuh Dalam Sehari?

Ternyata terlalu banyak vitamin C juga tidak baik lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Adeline Wahyu

Tahukah Moms bahwa vitamin C adalah salah satu nutrisi penting yang harus kita penuhi setiap hari. Vitamin C memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama dalam pembentukan kolagen dan membantu fungsi antioksidan dalam menetralisir radikal bebas.

Khasiat lainnya dari vitamin C adalah membantu meningkatkan kekebalan tubuh, melawan terjadinya infeksi, menjaga kesehatan jantung, hingga mencegah kerusakan otak. Makanya, sekarang ini banyak suplemen dan minuman-minuman yang mengandung vitamin C 1000 mg. Lalu berapa rata-rata dosis vitamin C dalam sehari?

Baca Juga: Makanan yang Mengandung Lebih Banyak Vitamin C dibanding Jeruk

Dosis Vitamin C Dalam Sehari

kebutuhan vitamin c, vitamin c

Foto: Orami Photo Stock

Meski vitamin C mengandung banyak khasiat yang dibutuhkan oleh tubuh, kita tetap tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan. Ada dosis vitamin c yang harus kita perhatikan. Dosis vitamin C ini ada aturannya yang dibutuhkan per hari oleh tubuh.

“Penting sekali mengetahui dosis vitamin C untuk tubuh,” ujar Mark Moyad, peneliti dari University of Michigan.

Menurut Mark, vitamin C memang bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, kanker, stroke, memberikan kesehatan pada mata, dan kekebalan tubuh.

Ketentuan dosis vitamin C oleh tubuh untuk sehari-hari telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia dalam Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2013. Dalam AKG telah diatur standar dosis vitamin C.

Tertulis bahwa Si Kecil yang memiliki usia di atas satu tahun membutuhkan dosis vitamin C sebanyak 40-45 mg per hari. Sedangkan untuk anak remaja usia di atas 12 tahun, harus mengonsumsi minimal 65-90 mg per hari.

Lebih lanjut, orang dewasa juga perlu dosis vitamin C, orang dewasa di atas 18 tahun membutuhkan dosis vitamin C sebanyak 75-90 mg per hari.

Harvard Health Publishing merekomendasikan, dosis vitamin C perhari untuk wanita sehat adalah 75 mg perhari (120 mg perhari untuk ibu yang sedang hamil atau menyusui). Untuk orang dewasa, dosis vitamin C harian tertinggi yang cenderung tidak menimbulkan risiko, yakni 2.000 mg per hari.

Namun untuk ibu hamil perihal dosis vitamin C, Moms harus berkonsultasi langsung dengan dokter kandungan Moms.

Baca Juga: 11 Sumber Vitamin C untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh saat Pandemi Corona

Apa Perlu Konsumsi Vitamin C Melebihi 1000 MG?

kebutuhan vitamin c, vitamin c

Foto: Orami Photo Stock

Kebutuhan tubuh akan vitamin C, sebetulnya bisa terpenuhi melalui makanan-makanan yang dikonsumsi sehari-hari, misalnya melalui sayuran dan buah-buahan.

Sayangnya akibat sibuknya aktivitas sehari-hari, tidak semua orang dapat dengan rutin mengonsumsi buah dan sayuran untuk memenuhi kebutuhan vitamin C di tubuhnya.

Oleh karena itu, dimasyarakat mulai beredar banyak suplemen yang mengandung vitamin C. Bahkan ada suplemen yang menawarkan dosis vitamin C dari 1.000 hingga 2.000 mg untuk suplemen yang dikonsumsi. Jelas ini jauh berbeda dari aturan yang ditetapkan. Apakah boleh melebihi batas wajar?

Menurut sebuah penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition, tubuh kita hanya mampu mengolah 120-200 mg vitamin C setiap harinya. Karenanya, melihat dari standar minimal yang ditetapkan dalam AKG sebenarnya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kita setiap harinya.

Baca Juga: Begini Dosis Vitamin C untuk Ibu Hamil yang Aman dan Cocok

Efek Samping Vitamin C

Vitamin C

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun vitamin C adalah nutrisi penting, namun mengonsumsi terlalu banyak dapat memberikan efek samping bagi tubuh.

Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan normal serta membantu tubuh menyerap zat besi.

Menurut Mayo Clinic, untuk orang dewasa, dosis vitamin C harian yang direkomendasikan adalah 65-90 miligram (mg) sehari, dan batas maksimal adalah 2.000 mg sehari.

Meskipun sumber vitamin C dari makanan mungkin tidak berbahaya, suplemen dosis vitamin C terlalu tinggi dapat menyebabkan:

Ingat, bagi kebanyakan orang, pola makan yang sehat dan mengonsumsi dosis vitamin C dengan jumlah cukup, itu sudah cukup baik.

National Institutes of Health mengungkapkan, selain mengonsumsi vitamin suplemen, vitamin C bisa diraih dari sayur dan buah-buahan.

Buah jeruk, tomat, kentang, paprika merah dan hijau, kiwi, brokoli, strawberry, melon meurupakan sumber utama vitamin C yang bisa Moms konsumsi di rumah.

Mengonsumsi dosis vitamin C melebihi standar yang ditetapkan justru tidak akan memberikan manfaat apa-apa. Kita harus memilih suplemen dengan dosis, agar vitamin C yang masuk dalam tubuh tidak terbuang sia-sia dan memberikan fungsi maksimal sesuai dengan yang diharapkan.

Baca Juga: 3 Resep MPASI Bayi 8 Bulan dengan Brokoli

Namun ingat, jangan terlalu bergantung pada suplemen ya, konsumsi buah dan sayuran yang mengandung vitamin C lebih baik dan juga dibutuhkan untuk memperoleh kadar vitamin dan mineral lain untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait