Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Health | Jun 1, 2018

Berapa Gelas Kebutuhan Susu Anak dan Dewasa Per Hari yang Harus Dicukupi?

Bagikan


Selain air mineral, minuman yang juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh adalah susu. Susu merupakan salah satu minuman yang mengandung nutrisi lengkap mengingat kandungan vitamin A, B, D, kalsium, protein, karbohidrat, fosfor, magnesium, dan zinc di dalamnya.

Meski demikian, mengonsumsi susu tetap ada takaran sesuai dengan usianya. Minum susu secara berlebihan juga ternyata tak bagi bagi tubuh. Mari simak berapa gelas susu yang tepat berdasarkan usia.

0-12 Bulan

Pada awal kelahiran, susu sapi sangat tak dianjurkan bagi Si Kecil karena yang terbaik adalah air susu ibu (ASI) sebagai bentuk pangan yang terbaik untuk memenuhi nutrisinya. Sehingga Moms harus selalu mengupayakan untuk memberikan mereka ASI eksklusif semaksimal mungkin.

1-10 Tahun

Memasuki usia di atas 1 tahun, anak mulai membutuhkan membutuhkan 360 mg kalsium per hari dimana hal ini dapat dipenuhi dengan mengonsumsi 100 ml susu dan 100-125 gram produk susu seperti yoghurt atau keju setiap harinya.

Sedangkan untuk usia di atas 4 tahun, idealnya mereka mengonsumsi 130-150 ml susu guna memenuhi kebutuhan 450-500 miligram kalsium per hari.

Baca juga: Seberapa Banyak Susu Formula yang Dibutuhkan Bayi?

11-18 Tahun

Semakin bertambahnya usia, kebutuhan susu semakin meningkat, mengingat semakin tingginya kebutuhan kalsium yaitu sekitar 800-1.000 miligram per hari.

Karenanya, sebaiknya minumlah susu sebanyak 200-250 ml dengan tak lupa juga mengonsumsi makanan dari produk susu, misalnya keju dan yoghurt.

19-50 Tahun

Menginjak usia dewasa bukan berarti tak butuh susu lho, Moms. memasuki usia 19-50 tahun sebaiknya tetap mengonsumsi susu, baik susu cair maupun produk susu sekitar 200 ml setiap hari.

Untuk usia di atas 50 tahun, untuk mendapatkan jumlah yang sama seperti suplemen kalsium butuh konsumsi susu 200 ml setiap hari dan juga produk susu sekitar 180 gram.

Nah, sekarang Moms sudah tahu bukan takaran susu yang pas sesuai dengan usia. Rajinlah mengonsumsi susu karena dapat menurunkan risiko jantung dan stroke hingga 20%. 

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.