Pasca Melahirkan

4 Februari 2021

Berapa Lama Jahitan Pasca Melahirkan Menyatu dengan Daging? Ini Jawabannya!

Alami robekan derajat kedua, berapa lama jahitan pasca melahirkan menyatu dengan daging ya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Amelia Puteri

Ketika Moms melahirkan, tentu bertanya-tanya berapa lama jahitan pasca melahirkan menyatu dengan daging?

Hal ini lumrah karena perineum atau area antara lubang vagina dan bagian belakang terkadang robek atau mereka mungkin perlu menjalani episiotomi (sayatan bedah) untuk meningkatkan ukukran saluran keluar vagina guna memfasilitasi jalur lahir.

Dilansir dari Cochrane Library, episiotomi dan robekan yang melibatkan lapisan otot (derajat kedua) perlu dijahit.

Jutaan wanita di seluruh dunia menjalani penjahitan perineum setelah melahirkan dan jenis perbaikan dapat berdampak pada rasa sakit dan ketidaknyamanan, serta penyembuhan.

Secara tradisional, vagina dijahit menggunakan jahitan penguncian terus menerus, dan otot-otot perineum serta kulit diperbaiki dengan menggunakan sekitar tiga atau empat jahitan individu.

Masing-masing jahitan ini perlu diikat secara terpisah untuk mencegahnya terlepas.

Baca Juga: Ini Ciri-ciri Jahitan Lepas Pasca Melahirkan Normal, Moms Wajib Tahu!

Berapa Lama Jahitan Pasca Melahirkan Menyatu dengan Daging?

Waktu penyembuhan dari berapa lama jahitan pasca melahirkan menyatu dengan daging bervariasi.

Tetapi secara umum, semakin dalam luka atau robekan, semakin lama waktu pemulihannya. Kemudian, berapa lama jahitan pasca melahirkan menyatu dengan daging?

Derajat Pertama

berapa lama jahitan pasca melahirkan menyatu dengan daging, Foto: Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Episiotomi tingkat pertama terdiri dari robekan kecil , hanya mengenai kulit bukan otot, dan jahitan mungkin tidak diperlukan.

Royal College of Obstetricians & Gynaecologists menjelaskan robekan tersebut bisa terjadi di sekitar labia, klitoris, atau di dalam vagina.

Robekan ini dapat disebut sebagai laserasi, lecet superfisial, atau robekan sebenarnya. Robekan tingkat pertama biasanya sembuh dengan cepat dan tanpa pengobatan.

Mereka sangat tidak mungkin menyebabkan masalah jangka panjang, tetapi bisa sangat menyakitkan.

Baca Juga: Ketahui Jenis Operasi Caesar dan Metode Penutupan Lukanya

Derajat Kedua

berapa lama jahitan pasca melahirkan menyatu dengan daging, Foto: Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Derajat kedua merupakan jenis episiotomi yang paling umum. Ini meluas melalui lapisan vagina serta jaringan vagina. Namun, ini tidak melibatkan lapisan rektal atau sfingter ani.

Ini adalah robekan yang memengaruhi otot perineum dan kulit. Ini biasanya membutuhkan jahitan.

Perbaikan biasanya dilakukan dengan anestesi lokal di ruangan tempat Moms melahirkan. Robekan tingkat dua tidak mungkin menyebabkan masalah jangka panjang, tetapi bisa sangat menyakitkan.

Lalu, berapa lama jahitan pasca melahirkan menyatu dengan daging untuk robekan derajat kedua?

Menurut Baby Center, Ini biasanya membutukan waktu sembuh dalam dua hingga tiga minggu. Jahitan pasca melahirkan menyatu dengan daging akan dengan sendirinya hilang selama waktu ini.

Beberapa Moms merasakan sedikit rasa sakit setelah seminggu, sementara yang lain merasa tidak nyaman selama sebulan.

Baca Juga: Cara Merawat Luka Jahitan Setelah Melahirkan Normal, Jangan Diabaikan!

Derajat Ketiga

berapa lama jahitan pasca melahirkan menyatu dengan daging, Foto: Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Robekan derajat ketiga melibatkan lapisan vagina, jaringan vagina, dan bagian dari sfingter anus.

Mengutip British Journal of Obstetrics and Gynaecology, jenis robekan ini melibatkan cedera pada kulit dan jaringan otot di area perineum, serta kerusakan pada otto sfingter. Otot-otot ini mengontrol pergerakan usus.

Jika Moms mengalami robekan derajat ketiga yang merupakan robekan lebih serius yang meluas ke rectum, maka mungkin mengalami nyeri dan ketidaknyamanan selama sebulan atau bahkan lebih lama.

Dalam beberapa hari pertama setelah lahir, Moms mungkin mengalami kesulitan buang air kecil dan buang air besar.

Moms juga lebih mungkin mengalami masalah dalam mengendalikan gas atau buang air besar (inkontinensia dubur) selama berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun

Nyeri mungkin menjadi lebih terasa saat berjalan atau duduk. Buang air kecil juga bisa menyebabkan luka terasa perih.

Robekan ini memerlukan perbaikan bedah dan membutuhkan waktu sekitar tiga bulan sebelum luka sembuh dan area tersebut nyaman.

Sekelompok kecil wanita mungkin mengalami masalah terus-menerus dengan kontrol kandung kemih atau usus. Ini disebut inkontinensia dan akan membutuhkan tinjauan medis dan manajemen lebih lanjut.

Baca Juga:Berhubungan Intim Setelah Melahirkan Normal dengan Jahitan? Ada Caranya, Lho!

Derajat Keempat

berapa lama jahitan pasca melahirkan menyatu dengan daging, Foto: Orami Photo Stock

Foto: Orami Photo Stock

Robekan derajat keempat merupakan jenis episiotomi yang paling parah meliputi lapisan vagina, jaringan vagina, sfingter anus, dan lapisan rektal.

Robekan derajat empat biasanya memerlukan perbaikan dengan anestesi di ruang operasi bukan di ruang bersalin, dan terkadang memerlukan perbaikan yang lebih khusus.

Setelah mengalami robekan atau episiotomi, adalah normal untuk merasakan nyeri atau nyeri di sekitar robekan atau luka untuk dua sampai tiga minggu setelah melahirkan, terutama saat berjalan atau duduk.

Buang air kecil juga bisa menyebabkan rasa perih.

Terus minum obat pereda nyeri saat Moms pulang.

Untuk jawaban dari pertanyaan berapa lama jahitan pasca melahirkan menyatu dengan daging, sebagian besar jahitan dapat larut dan robekan atau luka akan sembuh dalam beberapa minggu, meskipun ini bisa memakan waktu lebih lama.

Jahitan dapat menyebabkan iritasi saat proses penyembuhan berlangsung tetapi ini normal. Moms mungkin memerhatikan beberapa bahan jahitan rontok, yang normal terjadi.

Sebagai permulaan, beberapa wanita merasa bahwa mereka lebih mudah buang angin atau perlu segera ke toilet untuk membuka usus.

Pada kasus berapa lama jahitan pasca melahirkan menyatu dengan daging, kebanyakan wanita melakukan pemulihan yang baik, terutama jika robekan dikenali dan diperbaiki.

Robekan derajat empat ini memerlukan perbaikan bedah dan membutuhkan waktu sekitar tiga bulan sebelum luka sembuh hingga area bekas jahitan terasa nyaman.

Selama enam bulan pertama dengan bayi baru Moms, Moms harus terus melihat peningkatan pada kekuatan otot Moms dan penurunan gejala jika secara konsisten melakukan pekerjaan itu.

Baca Juga: Coba 7 Makanan Ini untuk Mempercepat Penyembuhan Luka Operasi Caesar

Namun, Moms mungkin tidak akan melihat peningkatan penuh sampai Moms berhenti menyusui.

Jika Moms menyusui dan kadar estrogen Moms ditekan sehingga Moms tidak mengalami menstruasi, Moms bahkan mungkin melihat nada dan kekuatan yang lebih baik setelah Moms selesai menyusui.

Meskipun benar bahwa Moms tidak akan pernah sama persis seperti sebelum melahirkan, kemungkinan untuk sembuh dengan baik dari sobekan derajat empat sangat tinggi.

Namun dengan perawatan dan dedikasi yang baik pada fisioterapi panggul, sebagian besar wanita akan kembali ke kualitas hidup yang sangat baik.

Berapa lama jahitan pasca melahirkan menyatu dengan daging merupakan tergantung pada sejumlah faktor.

Hal ini harus didiskusikan dengan Moms oleh dokter kandungan saat konsultasi lanjutan atau pada tahap awal kehamilan berikutnya.

Risiko Moms mengalami robekan derajat Ketiga atau Keempat yang berulang diperkirakan mencapai 20 persen.

Ini akan tergantung pada luasnya robekan sebelumnya dan dapat didiskusikan lebih lanjut saat bertemu dengan dokter kandungan.

Jika Moms terus mengalami gejala dari robekan derajat ketiga atau keempat, bukti menunjukkan bahwa dapat memilih untuk melahirkan pervaginam lain dengan perbaikan sekunder berikutnya, atau Moms dapat mempertimbangkan operasi caesar elektif.

Namun jika jahitan pasca melahirkan telah sembuh total dan Moms tidak mengalami gejala apa pun, maka Moms bisa melahirkan melalui vagina.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait