Pernikahan & Seks

29 Juli 2021

Berhubungan Intim saat Sakit, Bolehkah Dilakukan?

Banyak yang khawatir akan menularkan penyakit, benarkah demikian?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Berhubungan intim merupakan proses yang membutuhkan kekuatan fisik. Lalu, bagaimana jika berhubungan intim saat sakit?

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat sakit, seseorang tidak ingin melakukan aktivitas fisik, tapi ternyata ada juga yang gairahnya meningkat. Bahkan ada penelitian yang menyebutkan manfaat berhubungan intim saat sakit.

Kristina Duda, RN, seorang dokter anak di Children's Healthcare of Atlanta mengungkapkan bahwa penyakit langganan seperti flu dan panas menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan jika ingin berhubungan intim saat sakit.

Sebab, posisi seks bisa diatur sesuai dengan kondisi, tetapi penularan adalah hal yang jauh harus lebih diperhatikan.

Baca Juga: Ternyata Ada Hari yang Paling Tepat untuk Bercinta Menurut Penelitian

Penyakit yang Umum Terjadi

aturan berhubungan intim saat sedang sakit 01

Foto: Orami Photo Stock

Ada banyak penyakit langganan penyakit yang kerap terjadi, yang bisa saja mempengaruhi kehidupan seks, di antaranya:

1. Demam

Ini merupakan salah satu gejala penyakit. Tidak hanya penyakit ringan, penyakit berat juga bisa didahului dengan demam.

Jika demam, kemungkinan besar Moms akan menularkannya menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Demam umumnya membuat Moms merasa lelah dan pegal, jadi kemungkinan besar tidak ingin berhubungan seks jika suhu tubuh sudah meningkat.

Para peneliti telah melihat dampak olahraga berat yang berhubungan dengan seks pada orang yang demam, dan menemukan bahwa itu bisa berbahaya. Sports Health menyebutkan risikonya, yakni:

  • Merasa lebih sakit,
  • Meningkatkan risiko dehidrasi,
  • Menaikkan suhu tubuh ke tingkat yang berbahaya.

Sebaiknya tunggu sampai suhu tubuh kembali normal dan pastikan tetap terhidrasi sebelum berhubungan intim saat sakit. Apalagi jika sudah mengalami suhu yang cukup tinggi. Bicaralah pada Dads untuk menunggu sampai suhu tubuh kembali normal.

2. Flu

Jika Moms hanya terserang flu atau pilek biasa tentu hal tersebut tidak mengganggu kehidupan seks. Namun, jika mengalami flu berat, tentu Moms perlu mempertimbangkannya lagi.

Jika Moms menderita flu dan bukan hanya pilek, mungkin paling aman untuk tidak berhubungan seks sama sekali hingga sembuh. Influenza adalah penyakit serius dan dekat, kontak fisik meningkatkan kemungkinan penularannya kepada orang lain.

Kebanyakan orang yang benar-benar menderita influenza tidak memiliki energi untuk berhubungan seks. Moms mungkin akan lebih menikmatinya jika menunggu sampai sehat.

Penyakit yang paling umum menular dalam beberapa hari pertama dari awal gejala, tetapi beberapa dapat menyebar selama gejala ada dan bahkan sebelum mulai atau setelah mereda, catat American Academy of Pediatrics (AAP).

Flu akan menular 24 jam penuh sebelum gejala mulai, dan tetap menular selama lima hingga tujuh hari setelah itu terjadi. Itu berarti bahkan jika Moms mulai merasa lebih baik, kemungkinan masih bisa menularkan virus.

3. Masalah Pencernaan

Selain flu, penyakit umum yang kerap dialami banyak orang adalah masalah pencernaan seperti diare, sembelit hingga penyakit maag. Berhubungan intim saat sakit seperti ini sebaiknya dihindari.

Saat merasakan maag, National Health Service mengatakan bahwa seseorang akan merasakan sakit seperti terbakar atau menggerogoti di bagian tengah perut.

Tapi sakit maag tidak selalu menyakitkan dan beberapa orang mungkin mengalami gejala lain, seperti gangguan pencernaan, mulas dan merasa sakit.

Saat merasakan hal tersebut, tentu yang diinginkan adalah berbaring dengan tenang dan menyingkirkan hal-hal yang berkaitan dengan berhubungan intim saat sakit, sehingga Moms benar-benar sembuh.

Penyakit langganan ini bisa sembuh dengan perawatan yang baik dan intensif, dengan mengesampingkan hubungan intim terlebih dahulu.

Baca Juga: Bagaimana Mengontrol Hasrat Bercinta Anda?

Manfaat Berhubungan Intim saat Sakit

Berhubungan Intim Saat Sakit -1

Foto: Orami Photo Stock

Pernahkah Moms merasa sakit tapi malah ingin berhubungan seks? Ternyata hal tersebut memiliki penjelasan dari para ahli.

Ternyata menginginkan seks saat sedang sakit bisa menjadi cara tubuh mencoba menyembuhkan dirinya sendiri. Beberapa manfaat berhubungan intim saat sakit yakni:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

“Seks benar-benar dapat membuat Anda merasa lebih baik,” kata pakar seks Dr Pam Spurr seperti dilansir The Sun .

Dr Pam menambahkan, memiliki seseorang dapat membelai dan memeluk saat sakit mungkin bisa membantu. "Salah satu alasan untuk merasa terangsang ketika sedang sakit adalah karena itu baik untuk sistem kekebalan tubuh,” ujarnya.

Sepertinya, kata dia, pikiran bawah sadar memberi tahu seseorang apa yang baik untuknya.

Satu studi, yang diterbitkan dalam jurnal Psychology Report, menemukan bahwa berhubungan seks sekali atau dua kali seminggu memiliki kadar protein Immunoglobulin A (IgA) 30% lebih tinggi dibandingkan yang tidak.

Ini berguna untuk melawan penyakit. Jadi sepertinya mencapai orgasme bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Lonjakan Adrenalin Dapat Mengatasi Hidung Tersumbat

Penelitian lain dari Harvard Medical School juga menunjukkan bahkan ciuman dan pelukan bisa cukup untuk meningkatkan kadar IgA, meski tidak mengarah kepada hubungan seks.

"Sudah lama diketahui bahwa apa yang disebut hormon cinta, oksitosin juga diproduksi dengan memeluk dan menyentuh. Ketika Anda merasa sakit, bantuan ini membuat kita merasa dicintai, dan berjalan seiring dengan peningkatan IgA,” jelas Dr Pam.

Dr Pam juga mengungkapkan bahwa menikmati orgasme akan menghasilkan gelombang adrenalin. Dan adrenalin itulah yang sebenarnya bisa membantu meringankan hidung tersumbat.

3. Olahraga Membantu Sembuh Lebih Cepat

Selain itu, olahraga diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dan banyak yang mengatakan bahwa hubungan intim dalam beberapa kasus setara dengan olahraga ringan.

Jadi, sementara Moms tidak akan merasa seperti sesi olahraga saat berbaring, tampaknya tubuh mungkin mendambakan jenis latihan yang berbeda. "Berolahraga sedikit mungkin bisa membantu Anda pulih lebih cepat," kata Dr Pam.

Studi lain melihat bagaimana mempromosikan konsepsi untuk pasangan yang ingin hamil, telah menemukan bahwa seks secara teratur meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

"Terlepas dari bukti bahwa seks baik untuk sistem kekebalan Anda, saya tidak begitu yakin kita akan melihat 'seks' seperti yang 'diperintahkan dokter' dalam waktu dekat," katanya.

Baca Juga: Kapan Waktu Tepat Kembali Bercinta Setelah Melahirkan?

Pertimbangan sebelum Berhubungan Intim saat Sakit

aturan berhubungan intim saat sedang sakit 02

Foto: Jsonline.com

Aturan berhubungan intim di kala sakit ini erat kaitannya dengan risiko Moms dan pasangan saling tertular satu sama lain. Jika Moms memiliki penyakit pernapasan seperti flu, virus tidak menular melalui kontak seksual.

Namun, virus dapat menular melalui air liur yang sangat mungkin membuat pasangan sakit saat berciuman, batuk, dan bersin saat berdekatan dan bernapas dekat wajah satu sama lain.

Penularan sendiri tergantung pada penyakit yang Moms derita. Durasi penularan tergantung pada penyakit yang diderita.

Sebagian besar penyakit menular hanya dalam beberapa hari sejak Moms mengalami gejala. Namun, ada pula yang bisa menular meski penyakitnya sudah tidak dirasakan.

Maka dari itu, aturan berhubungan intim terutama saat sakit ini perlu diketahui dengan baik. Moms juga harus memperhatikan, terlebih jika pasangan memiliki risiko tinggi mengalami masalah kesehatan berat karena daya tahan tubuh setiap orang berbeda-beda.

Maka, jika pasangan sedang rentan terkena penyakit karena dalam kondisi tidak enak badan sebaiknya jangan paksakan melakukan hubungan intim.

Moms dan pasangan harus memahami tubuh masing-masing sebelum memutuskan untuk berhubungan intim. Ingat bahwa hubungan intim harus dinikmati kedua belah pihak baik Moms maupun pasangan.

Apakah Moms pernah berhubungan intim saat sakit? Apa yang waktu itu membantu Moms untuk tetap nyaman saat melakukannya? Share yuk Moms!

  • https://www.verywellhealth.com/can-i-have-sex-when-im-sick-770343
  • https://www.cdc.gov/flu/business/stay-home-when-sick.htm
  • https://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1941738113508373
  • https://www.aappublications.org/content/35/1/1.2
  • https://www.thesun.co.uk/fabulous/8637612/sex-feel-better-sick-orgasm/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/15217036/
  • https://www.health.harvard.edu/newsletter_article/In_brief_Hugs_heartfelt_in_more_ways_than_one
  • https://www.nhs.uk/conditions/stomach-ulcer/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait