Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




ASI & MPASI | Mar 15, 2018

Berikan 3 Makanan Ini Sebagai Sumber Lemak Sehat Bagi Bayi

Bagikan


Menambahkan lemak baik dalam MPASI Si Kecil sangat penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Termasuk memenuhi kebutuhan energi, memperbaiki sel, mendukung perkembangan otak serta pertumbuhan tulang.

Selama masa pertumbuhannya, bayi harus bisa mendapatkan 40% - 50% asupan kalori hariannya dari makanan yang mengandung lemak baik.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa bayi di bawah dua tahun yang mengkonsumsi lemak rendah atau dibatasi konsumsi lemaknya, mengalami kegagalan pertumbuhan, baik pada tinggi dan/atau berat badan.

Dalam memberikannya tidak perlu sekaligus harus banyak. Si kecil membutuhkan sekitar 6 sdm lemak sehat setiap hari, kebanyakan didapatkan dari ASI atau susu formula.

Dengan tambahan asupan MPASI yang mengandung lemak baik, artinya Moms sudah memenuhi kebutuhan lemak harian Si Kecil. Selain itu, MPASI sumber lemak sehat akan terasa lebih enak sehingga membuat Si Kecil lebih lahap saat menyantapnya.

Nah, makanan apa saja yang bisa diberikan sebagai sumber lemak baik dalam MPASI Si Kecil?

1. Avokad

news.com.au

Avokad merupakan buah yang mengandung tinggi lemak baik atau lemak tak jenuh. Lemak dari avokad bisa membantu meningkatkan perkembangan otak Si Kecil. Komposisi lemak yang ada di dalam buah ini juga lebih mirip dengan lemak dari ASI.

Untuk menyajikan avokad sebagai sumber lemak baik bagi Si Kecil, Moms harus terlebih dahulu melumatkan daging avokad sehingga teksturnya lembut seperti bubur.

Baca Juga : Trik Menyiapkan Homemade MPASI Sehat

2. Daging

popsci.com

Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia. Untuk mencegahnya, American Academy of Pediatric merekomendasikan daging sebagai MPASI tahun pertama karena merupakan sumber protein, seng, dan zat besi, khususnya daging merah dan daging unggas.

Selain itu, bayi menjadi lebih mudah menyerap zat besi dari daging dibandingkan sereal yang diperkaya zat besi.

Jika ingin memberikan lemak untuk bayi dari daging saat baru beberapa bulan mengenal MPASI, cobalah berikan daging ayam atau kalkun. Seiring bertambahnya usia, perkenalkan rasa baru seperti memberikannya kari ayam dalam bentuk bubur.

3. Ikan

MPASI sumber lemak sehat yang terakhir adalah ikan. Dari MPASI berbahan ikan, Si Kecil akan mendapatkan asupan lemak baik berupa asam lemak Omega-3.

Selain itu, Americaan Academy of Padiatric juga mengungkapkan bahwa mengkonsumsi ikan juga memberikan Si Kecil asupan protein lean yang tinggi serta vitamin D yang dibutuhkannya untuk mendapatkan tulang yang kuat.

Sebuah studi yang dilakukan oleh American Academy of Pediatric pada tahun 2003 menemukan bahwa ibu yang mengkonsumsi suplemen omega-3 selama hamil dan menyusui meningkatkan kemampuan kognitif anak-anaknya saat berusia 4 tahun.

Pada tahun 2005, peneltian lain telah mengungkapkan bahwa anak-anak yang mendapatkan suplemen omega-3 menunjukkan hasil sifnifikan pada peningkatan kemampuan membaca dan mengeja.

Hal tersebut dikarenakan otak anak mengalami pertumbuhan paling cepat saat prenatal dan terus tumbuh di tahun pertama kehidupannya.

Tiga kali lipat pertumbuhan otaknya bahkan terjadi pada tahun pertama, maka dari itu masa-masa tahun pertama kehidupan dinilai menjadi waktu sangat tepat memberikan asupan DHA melalui MPASI yang dikonsumsi oleh Si Kecil.

Namun, meskipun makanan-makanan di atas direkomendasikan sebagai sumber lemak sehat bagi bayi, dalam memberikannya Moms juga perlu memperhatikan usia Si Kecil.

Moms tentunya perlu mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengenalkan Si Kecil pada avokad, daging dan ikan. Jika Moms merasa ragu, konsultasikan dengan dokter.

Moms punya rekomendasi MPASI sumber lemak sehat lainnya? Jangan lupa berbagai melalui kolom komentar di bawah ini, ya.

(RGW)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.