Parenting

PARENTING
2 Juli 2020

Berikan Anak Kebebasan untuk Berkembang dengan Montessori Haus Asia

Anak akan berkembang dengan optimal!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Meskipun masih kecil, kebebasan untuk anak adalah salah satu hal yang penting untuk orang tua perhatikan.

Kebebasan ini diperlukan saat Si Kecil belajar maupun bermain. Jika tidak mendapatkan kebebasan tersebut, maka Si Kecil akan kesulitan berkembang.

Moms dan Dads harus percaya pada anak bahwa mereka bisa melakukannya. Jangan dibatasi ataupun dikekang.

Berikan kebebasan yang dibutuhkan. Namun ingat, kebebasan tersebut juga harus diberikan bersamaan dengan pengawasan ya Moms.

“Kebebasan tanpa kontrol bagaikan ditinggal seorang diri tanpa adanya peraturan,” ucap Miss Rosa, founder Montessori Haus Asia.

Baca Juga: 6 Keuntungan Preschool Dengan Metode Montessori

Menurut Miss Rosa, untuk mencapai kebebasan tersebut, tentunya diperlukan latihan, dan latihan ini tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat.

“Latihan harus terus menerus dilakukan supaya anak tidak kendor semangat dan keinginannya untuk belajar,” tambah Miss Rosa.

Nah, kebebasan ini bisa anak Moms dan Dads dapatkan melalui berbagai kelas yang disediakan oleh Montessori Haus Asia.

Aktivitas untuk anak apa saja yang bisa Si Kecil lakukan di Montessori Haus Asia? Yuk kita simak.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Montessori Haus Asia

keuntungan preschool montessori hero banner magz (1510x849)

Foto: Orami Photo Stock

Montessori Haus Asia Indonesia didirikan oleh Miss Rosa pada Februari 2018.

Montessori Haus Asia merupakan lembaga yang bergerak di sektor pendidikan informal dan menyediakan berbagai paket lengkap untuk para guru, orang tua, sekolah ataupun pengusaha yang tertarik untuk belajar dan menerapkan Metodologi Montessori di tempat mereka mengajar, rumah maupun membangun tempat usaha pendidikan anak usia dini.

Kegiatan yang diajarkan oleh Montessori Haus Asia ini ada banyak ragam. Mulai dari menuang, menyendok, menempel, meronce, mengulek, dan beragam kegiatan lainnya yang pasti sangat mengasyikkan. Singkatnya, memang berkaitan dengan praktek kehidupan sehari-hari kita.

Baca Juga: 5 Ide Aktivitas Multisensori untuk Anak di Bawah 3 Tahun yang Seru untuk di Rumah

Anak juga bisa belajar berhitung, membaca, dan menulis dengan cara yang menyenangkan.

Selain itu, belajar bahasa pun bisa, tentunya dengan cara yang tidak membosankan, sehingga orang tua tidak perlu memaksa anak untuk melakukannya.

Karenanya, kegiatan-kegiatan dari montessori ini bisa dan harus diaplikasikan sejak dini dan di rumah.

Anak nantinya tidak akan bosan dan akan lebih penasaran pastinya melalui kegiatan bermain sambil belajar ini. Seru kan Moms?

Yuk Moms, mulai berikan Si Kecil kebebasan yang dibutuhkan bersama Montessori Haus Asia, agar anak bisa berkembang dengan optimal.

Tersedia Workshop untuk Para Orang Tua

montessori haus asia

Foto: instagram.com/montessori_haus_asia

Selain menyediakan sekolah untuk para anak belajar dengan metode montessori, Montessori Haus Asia juga menawarkan beragam workshop yang bisa diikuti oleh para orang tua ataupun pengajar, untuk mengajar dengan metode tersebut ke Si Kecil nantinya. Sehingga kapan pun dan di mana pun, kita bisa menerapkannya.

Baca Juga: 4 Tahapan Perkembangan Motorik Anak SD, Catat!

Moms mungkin mengira montessori itu sangat ribet, padahal kenyataannya tidak seperti itu. Montessori memudahkan banget lho, Moms.

Montessori mengajarkan metode yang mudah dipahami oleh para orang tua untuk mengajari anak, tidak ada paksaan, dan seturut dengan kemampuan Si Kecil, sehingga tidak ada pihak yang dirugikan dan semuanya sama-sama bahagia.

Hal yang diajarkan berkaitan erat dengan practical life atau praktek dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya makan dan minum sendiri, yang pastinya diajarkan secara bertahap.

Jika Moms tertarik untuk mengikutinya, Moms bisa mendapatkan informasi lebih lanjut di Instagram @montessori_haus_asia dan website Montessori Haus Asia. Selamat mencoba, Moms!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait