2-3 tahun

2-3 TAHUN
23 November 2020

Bermain Sebagai Stimulasi untuk Jadi #AnakPrima yang Aktif

Penting untuk ketahui bentuk stimulasi anak yang tepat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Masa pandemi COVID-19 mengharuskan kita untuk terus menjaga jarak aman dan beraktivitas di rumah saja, kecuali ada yang penting. Anak pun jadi sulit bermain di luar rumah dengan teman-temannya.

Beberapa orang tua juga menjadi khawatir mengenai bagaimana cara menstimulasi anak supaya dapat tumbuh jadi Anak Prima walaupun di rumah saja.

Harapannya, orang tua tetap bisa melatih stimulasi anak dengan cara menyenangkan, yaitu bermain di rumah saja, supaya anak dapat tumbuh jadi Anak Prima yang aktif.

Tahukah Moms, bahwa bermain ternyata merupakan salah satu bentuk stimulasi yang paling manjur untuk Si Kecil.

"Bermain itu salah satu stimulasi yang paling manjur, dan paling baik buat anak-anak. Dalam bermain, anak belajar banyak sekali, dan banyak menemukan informasi luar biasa, yang mungkin sebelumnya belum pernah mereka pahami dan ketahui," terang Ms Rosalyn, Founder Montessori Haus Asia.

Jika Moms sedang mencari tips melakukan stimulasi anak untuk bermain, yuk baca terus tips stimulasi untuk Si Kecil berikut ini, Moms.

Baca Juga: Anak Sudah Mendapat Stimulasi Tepat? Coba Cek 6 Aspeknya Di Sini

Tips Stimulasi Anak untuk Tumbuh Kembang Optimal

Stimulasi anak merupakan salah satu hal penting yang patut diperhatikan agar Si Kecil bisa bertumbuh dan berkembang dengan optimal. Terutama, bila anak masih berada di periode emasnya.

Dalam The Journal of Epidemiology & Community Health, kesempatan untuk bermain, eksplorasi dan pembelajaran yang diberikan kepada anak-anak secara kritis membentuk kesehatan dan perkembangan mereka sepanjang hidup anak.

Lalu, bagaimana agar tujuan stimulasi ini tercapai? Yuk, cari tahu tips stimulasi anak berikut ini.

1. Tahu Apa yang Menjadi Kebutuhan Si Kecil

stimulasi anak-1

Foto: Orami Photo Stock

Moms perlu mengetahui apa saja kebutuhan Si Kecil di usianya saat itu.

"Agar orang tua bisa memberikan stimulasi atau aktivitas kepada Si Kecil, penting untuk mengetahui apa yang anak-anak kita bisa lakukan, dan apa yang mereka belum bisa lakukan," terang Ms Rosalyn.

Lebih lanjut, ia menjelaskan ketika orang tua memberikan sebuah aktivitas, hendaknya aktivitas tersebut yang bisa menumbuhkan keinginan untuk melakukannya terus menerus.

"Penting sekali stimulasi tersebut juga bisa memberikan anak-anak rasa percaya diri. Dengan begitu, apapun stimulasi yang diberikan, anak-anak akan menyambut," lanjutnya.

2. Ketahui Tingkat Kesulitan Stimulasi Anak

stimulasi anak-2

Foto: Orami Photo Stock

Moms mungkin pernah merasa memberikan stimulasi yang kurang tepat kepada anak. Baik itu anak yang tidak melakukan stimulasi, atau justru menolaknya. Lalu, mengapa kondisi ini bisa terjadi?

"Bisa jadi stimulasi yang disiapkan kurang pas menurut anak, terlalu mudah, atau sama dengan yang kemarin dan anak bosan, tetapi anak tidak bisa verbalisasi. Bisa juga karena aktivitas stimulasi terlalu susah. Jadi, penting sekali memberikan stimulasi yang tepat," jelas Ms Rosalyn.

Untuk mengetahui bentuk stimulasi yang tepat bagi Si Kecil, Moms bisa melakukannya lewat bermain, yang sesuai dengan kapasitas anak-anak.

Baca Juga: Ini Dia Alasan Tumbuh Kembang Anak Harus Diperhatikan Sejak Kehamilan

3. Gunakan Alat-alat Sederhana

stimulasi anak-3

Foto: Orami Photo Stock

Moms tidak perlu harus selalu membeli alat permainan untuk aktivitas stimulasi. Nyatanya, bisa dengan menggunakan peralatan sederhana yang ada di rumah, lho!

"Kita harus bisa kreatif, jadi kuncinya itu kreativitas. Bagaimana sebagai orang tua, kita harus mencari aktivitas apa saja yang akan kita lakukan bersama Si Kecil," jelas Ms Rosalyn.

Menurutnya, jika Moms berandai-andai ingin membeli banyak hal, seringkali itu hanya ada dalam perencanaan saja, dan akhirnya tidak melakukannya.

Namun, dengan melihat peralatan rumah tangga yang banyak sekali tersedia, benda-benda ini dapat diambil, dipakai, dan diajarkan kepada Si Kecil, untuk melatih anak yang akhirnya dapat menjadi sebuah skill atau kemampuan.

4. Berikan Mainan Stimulasi Sesuai Usia Anak

stimulasi anak-4

Foto: Orami Photo Stock

Membeli mainan untuk Si Kecil, termasuk mainan untuk stimulasi, hendaknya juga harus yang sesuai dengan usia Si Kecil ya, Moms. Ini menjadi tips stimulasi anak yang lainnya.

"Ketika orang tua membelikan mainan dengan label usia yang tidak sesuai dengan usia Si Kecil, yang akan terjadi bisa saja anak merasa terlalu sulit," kata Ms Rosalyn.

Oleh karena itu, dirinya tidak menyarankan untuk membeli mainan dengan label usia yang berbeda dari usia Si Kecil. Karena, bisa jadi anak hanya menggunakan mainan itu sebentar saja, ia menjadi bosan dan belum bisa mengutarakannya.

"Atau anak bisa berpikir bahwa sebenarnya mainan ini untuk apa, jadi dia tidak mengerti apa tujuannya. Nantinya, tujuan dari mainan tersebut tidak tercapai," lanjutnya.

Jadi, Ms Rosalyn memberikan saran bahwa Moms harus bisa mengobservasi apa saja kebutuhan anak, apa yang perlu distimulasi, dan apa yang perlu ditingkatkan kemampuannya, baru bisa memilih mainan untuk stimulasi anak.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Anak, Segar dan Bernutrisi

5. Penuhi Kebutuhan Nutrisi Si Kecil

Selain memberikan stimulasi anak yang tepat, penting juga untuk menjaga asupan Si Kecil yang baik untuk tumbuh kembangnya. Salah satunya, Moms bisa memberikan Frisian Flag 123 PRIMANUTRI.

Frisian Flag 123 PRIMANUTRI merupakan susu bubuk pertumbuhan yang diformulasikan khusus untuk anak usia 1-3 tahun, sebagai tambahan nutrisi bagi Si Kecil agar ia tumbuh optimal di periode emas pertumbuhannya.

Frisian Flag 123 PRIMANUTRI mengandung zat gizi yang lengkap, yaitu terdiri dari zat gizi makro yang merupakan protein, karbohidrat, dan lemak.

Tak hanya itu, ada juga kandungan zat gizi mikro yaitu vitamin dan mineral. Frisian Flag 123 PRIMANUTRI juga diperkaya dengan Omega 3, Omega 6, minyak ikan, dan juga zat besi yang mendukung Si Kecil menjadi pintar.

Frisian Flag 123 PRIMANUTRI juga mengandung serat pangan inulin, tinggi akan Vitamin A, Vitamin C, dan Vitamin E, zinc, dan selenium yang dapat mendukung daya tahan tubuh Si Kecil supaya ia tetap kuat. Untuk Si Kecil tumbuh tinggi, Frisian Flag 123 PRIMANUTRI juga mengandung kalsium dan Vitamin D.

Nah, karena itu, selain dengan mengetahui tips stimulasi anak, penting juga agar Si Kecil mendapatkan asupan nutrisi yang tepat, yaitu dengan mengonsumsi Frisian Flag 123 PRIMANUTRI ya, Moms.

(ADV)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait