Parenting

PARENTING
20 Desember 2019

Happy Mom 101: Cara Berpikir Positif untuk Mencegah Stres Sebagai Seorang Ibu

Salah satu tipsnya yaitu tahu cara kelola emosi negatif
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Dalam menjalani kehidupan sebagai seorang ibu, pada satu titik Moms akan merasa lelah karena terlalu banyak hal yang perlu ditangani. Mulai dari melakukan pekerjaan rumah tangga, mengurus anak, dan memenuhi kebutuhan suami.

Bukan tidak mungkin, Moms akan merasa stres dan berada di bawah tekanan. Jika kondisi ini tidak dikelola dengan baik, bukan tidak mungkin akan memengaruhi hubungan Moms dengan Dads dan Si Kecil.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah bagaimana cara berpikir positif sembari menjalani pekerjaan sebagai seorang ibu. Baca lebih lanjut untuk mengetahui tips-tipsnya.

Baca Juga: 5 Cara Mendidik Anak Agar Selalu Berpikir Positif

Cara Berpikir Positif Sebagai Seorang Ibu

cara berpikir positif-2.jpg

Foto: pxfuel.com

Rena Masri, S.Psi, M.Si, Psikolog, psikolog, menjelaskan bahwa bagaimana cara berpikir positif saat merasa tertekan atau stres adalah dengan melakukan me-time dan relaksasi.

"Me-time dan relaksasi ini juga sangat memengaruhi bagaimana cara kita bisa mengelola emosi dengan baik. Jika seorang ibu merasa tertekan secara berkepanjangan, itu akan memengaruhi emosi," jelas Rena.

Karena itu, melakukan me-time dan relaksasi bisa meminimalisir stres, sehingga membantu Moms agar lebih bisa mengontrol emosi.

Baca Juga: Banyak Macamnya, Ini 11 Tipe Emosi Positif yang Dialami Manusia

Mengelola Emosi Negatif dengan Kegiatan Positif

cara berpikir positif-3.jpg

Foto: piqsels.com

Moms juga seorang manusia yang bisa memiliki emosi sedih, tertekan, stres, ketika merasa terlalu banyak pekerjaan yang dilakukan dalam menjadi seorang ibu. Karena itu, mengetahui cara mengelola emosi negatif dapat membantu mencari cara berpikir positif.

"Pertama, berikan waktu untuk diri kita sendiri dengan mencoba memahami emosi sendiri, misalnya ketika marah. Lalu, cari tahu apa yang sebaiknya dilakukan, misalnya menghubungi seseorang yang bisa dipercaya untuk sharing," terang Rena.

Tak hanya itu, Moms bisa melakukan kegiatan atau hobi yang membuat nyaman, seperti menonton film, atau aktivitas olahraga ringan, sehingga emosi juga menjadi lebih stabil.

Cara berpikir positif lainnya seperti dengan me-time dan relaksasi, dan melakukan hobi positif. Hal ini juga dapat membantu mengelola stres yang sedang dirasakan.

"Kita melakukan cara-cara untuk mengelola stres dan tekanan, misalnya melakukan me-time, hobi yang positif, bergaul dengan teman-teman. Karena kita percaya bahwa sosialisasi dan sharing dengan teman-teman positif akan berikan dampak positif bagi emosional kita," saran Rena.

Baca Juga: Kepercayaan Diri dan Afirmasi Positif untuk Sukses Menyusui

Dampak Moms Tidak Tahu Cara Berpikir Positif

cara berpikir positif-1.jpg

Foto: pixabay.com

Rena mengungkapkan, ketika seorang ibu sulit atau tidak tahu cara berpikir positif, maka akan memengaruhi dua hal: kestabilan emosi, dan kesehatan mental.

"Akhirnya ibu merasa cemas, khawatir, merasa selalu takut salah, sehingga ada saja hal yang dipikirkan dan ini merupakan pikiran negatif. Merasakan cemas, takut, dan khawatir berlebihan membuat ibu ragu melangkah dan melakukan sesuatu," ungkapnya.

Dampaknya, hal ini bisa memengaruhi kepecayaan diri seorang ibu, sulit beradaptasi, dan memengaruhi kemampuan sosialisasinya. Pada akhirnya, Moms akan merasa stres dan tertekan. Jika tidak dipulihkan, maka akan sangat memengaruhi kesehatan mental.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait