2-3 tahun

27 Agustus 2021

Cari Tahu Ragam Biaya Sunat Berdasarkan Metodenya

Harganya sangat bervariasi tergantung tindakannya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Biaya sunat harus Moms persiapkan ketika hendak mengkhitankan Si Kecil. Tentu saja biaya sunat di rumah sunat akan lebih murah dibanding tindakan di rumah sakit.

Sunat atau khitan adalah prosedur pembedahan yang bertujuan untuk membuang kulit penis bagian luar yang menutupi kepala penis.

Pasalnya, di bagian tersebut, terdapat koloni bakteri yang tumbuh dan berkembang pada enam bulan pertama kehidupan, yang berpotensi menjadi faktor risiko infeksi saluran kemih.

Dilihat dari sisi medis, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh jika seseorang menjalani prosedur sunat atau khitan, di antaranya:

  • Mengurangi risiko terjadinya penyakit seksual menular, seperti herpes atau sifilis
  • Mencegah terjadinya penyakit pada penis, seperti nyeri pada kepala atau kulup penis yang disebut fimosis
  • Mengurangi risiko terjadinya infeksi saluran kemih yang berkaitan dengan masalah ginjal
  • Mengurangi risiko terjadinya kanker penis dan kanker serviks pada pasangan
  • Membuat kesehatan penis lebih terjaga, karena penis yang disunat lebih mudah dibersihkan.

Karena manfaatnya tersebut, banyak pula laki-laki non Muslim yang melakukan proses sunat untuk tujuan kesehatan.

Ada banyak metode sunat yang juga menyesuaikan dengan biayanya. Nah, berikut ini adalah informasi seputar biaya sunat. Disimak yuk, Moms!

Baca Juga: Apakah Sunat untuk Bayi Perempuan sama Manfaatnya dengan Sunat Laki-laki?

Berapa Biaya Sunat?

biaya sunat.jpg

Foto: beritasatu.com

1. Sunat Klamp

Sunat klamp adalah metode sunat yang dilakukan menggunakan alat klamp (seperti tabung) yang akan dipasang saat sunat dilakukan. Sunat klamp berfungsi untuk menentukan lokasi sayatan sunat, menutup pendarahan dan ujung satu lagi yang berfungsi sebagai keluar urine.

Metode sunat klamp ini menawarkan banyak kelebihan. Setelah sunat, alat kelamin pasien bisa langsung terkena air karena luka ditutup tabung. Selain itu, metode ini tidak menggunakan jahitan sehingga hasilnya lebih bagus, sayatan luka alami memakai pisau bedah, tanpa risiko perdarahan, proses sunat lebih cepat (rata-rata 10 menit), serta perawatan yang mudah.

Kini sunat dengan metode klamp semakin populer dan dipilih banyak pasien. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian semakin banyak klinik dan rumah sakit yang menyediakan prosedur ini. Selain itu, biaya sunat dengan metode smart klamp pun dapat dikatakan relatif terjangkau, tidak jauh berbeda dengan metode konvensional.

Umumnya, biaya sunat untuk bayi dimulai dari Rp600.000 hingga Rp800.000. Sedangkan biaya sunat anak-anak usia 1 hingga 12 tahun dimulai dari Rp650.000-Rp820.000. Untuk remaja 15-20 tahun, dikenai biaya sunat Rp950.000-Rp1.500.000.

Baca Juga: Ternyata Sunat Bermanfaat untuk Hubungan Seks

2. Sunat Dewasa

Biaya sunat dewasa menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih tempat sunat. Setiap tempat sunat memiliki biaya yang bervariasi. Misalnya, biaya sunat di tempat sunat tradisional dengan klinik sunat modern berbeda, begitu juga jika memilih sunat di rumah sakit.

Biaya sunat dewasa yang bervariasi ini ditentukan oleh lokasi sunat, metode sunat, praktisi sunat, obat sunat yang digunakan, dan fasilitas yang didapatkan.

Moms bisa mendapatkan informasi biaya sunat melalui portal penyedia layanan sunat ataupun mendatangi langsung tempat sunat tersebut. Biaya sunat dewasa mulai dari Rp700.000 hingga Rp5.000.000 bergantung pada lokasi dan metode sunat yang digunakan.

Baca Juga: Jangan Asal, Ini Perawatan Bayi Setelah Disunat yang Tepat

3. Sunat Laser

Sunat laser pada prosenya menggunakan electric cauter. Prosesnya pun cepat hanya sekitar lima menit dan tanpa dijahit. Dengan teknologi laser, proses sunat menjadi lebih cepat dan singkat.

Adapun proses yang dilakukan sebagai berikut.

  1. Menggunakan bius lokal
  2. Kulit akan dijepit dan ditarik lurus, searah jam 12 dan jam 6 menggunakan klem kecil
  3. Kelebihan kulit kemudian dijepit melintang menggunakan klem besar
  4. Dipotong dengan kawat panas

Harga dari sunat laser ini juga cukup mahal dari sunat biasa.

Mengutip Sunat 123, biaya sunat laser bervariasi di Jakarta biasanya mulai dari Rp650.000-Rp1000.000 untuk anak-anak di klinik biasa. Jika dilakukan di klinik besar atau rumah sakit, biaya sunat laser bisa lebih besar lagi.

Baca Juga: Benarkah Sunat Berpengaruh pada Kesuburan Pria?

4. Sunat Bayi

Sunat atau khitan saat ini bukan hanya dilakukan atas dasar agama saja, tetapi juga demi alasan kesehatan atau medis. Jika sebelumnya sunat dilakukan apabila seorang anak menjelang balig, maka kini sunat sudah banyak dilakukan bahkan sejak masih bayi.

Ada beberapa metode yang digunakan untuk sunat bayi. Metode yang biayanya paling murah adalah metode konvensional. Sunat dengan metode konvensional biasanya memakai guillotine dan dorsumsisi.

Teknik tersebut harus dilakukan oleh tenaga medis yang sudah ahli untuk mencegah cedera pada bagian gland penis bayi.

Metode sunat konvensional di bidan biasanya membutuhkan biaya sunat antara Rp800.000-Rp950.000. Biaya di setiap tempat bisa saja berbeda-beda.

Sementara itu, untuk sunat bayi perempuan biayanya berkisar mulai Rp500.000-Rp750.000. Sebelum memutuskan untuk menyunat bayi, sebaiknya Moms berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk memperoleh rekomendasi metode mana yang sekiranya terbaik untuk sang buah hati. Sesuaikan juga metode sunat dengan anggaran yang Moms miliki bersama pasangan.

Baca Juga: Manfaat Sunat untuk Kesehatan dan Agama, Bisa Cegah Kanker Penis

Itu dia Moms informasi seputar biaya sunat yang disesuaikan dengan metodenya. Jangan lupa untuk membawa dana lebih sekitar 20-30% untuk biaya administrasi, maupun tindakan tidak terduga lainnya.

Semoga artikel ini bisa membantu dan menambah informasi ya, Moms!

  • https://sunat123.com/berapa-biaya-sunat-laser-di-kawasan-jakarta
  • https://www.alodokter.com/metode-dan-manfaat-sunat
  • https://www.alodokter.com/cari-rumah-sakit/urologi/sunat
  • https://www.alodokter.com/cari-rumah-sakit/urologi/sunat
  • https://harga.web.id/biaya-sunat-smart-klamp.info
  • https://khitandewasa.com/biaya-sunat-dewasa/
  • https://www.alodokter.com/cari-rumah-sakit/urologi/sunat
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait