Kesehatan Umum

4 November 2021

Bibir Tiba-tiba Bengkak, Kenapa Bisa Terjadi? Ini Jawabannya!

Tidak selalu gatal, alergi juga bisa menyebabkan bibir tiba-tiba bengkak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Bibir tiba-tiba bengkak? Jangan panik dulu Moms. Ada beragam penyebab bibir tiba-tiba bengkak, mulai dari masalah ringan hingga reaksi alergi parah.

Untuk mengetahui penyebabnya, Moms bisa menyimak ulasan berikut untuk mengetahui kemungkinan penyebab dan gejala tambahannya dan kapan Moms harus mencari perawatan darurat.

Bangun tidur dan mendapat bibir tiba-tiba bengkak bisa menjadi masalah yang mengkhawatirkan. 

Tentu saja ini menganggu penampilan. Apalagi ketika tidak ada cedera yang jelas di sekitar area mulut sehari sebelumnya. Selain trauma tiba-tiba pada mulut, ada beberapa kondisi umum yang bisa menyebabkan bibir tiba-tiba bengkak.

Ini termasuk berbagai reaksi alergi, serta kondisi medis yang mempengaruhi kulit, saraf, atau otot wajah. Perawatan gigi juga dapat memicu peradangan yang menyebabkan bibir Moms membengkak.

Bibir tiba-tiba bengkak dapat berkembang selama beberapa jam, tergantung penyebabnya. Biasanya bibir bengkak disebabkan oleh peradangan atau penumpukan cairan di bawah kulit bibir.

Banyak hal yang bisa menyebabkan bibir bengkak, mulai dari kondisi kulit ringan hingga reaksi alergi parah. Jika penyebabnya tidak jelas, Moms mungkin perlu mencari gejala lain atau memikirkan kembali apa yang sedang Moms hadapi, yang mungkin bisa memberikan penjelasan kenapa bibir Moms tiba-tiba bengkak.

Baca Juga: Mengalami Kedutan Bibir Kiri Atas, Inilah Artinya!

Penyebab Bibir Tiba-tiba Bengkak

bibir bengkak

Foto: healthreplies.com

Bibir bengkak adalah hasil dari peradangan atau penumpukan cairan di jaringan bibir. Menemukan penyebab bibir bengkak mungkin membutuhkan beberapa penyelidikan.

Namun, dalam kebanyakan kasus, kemungkinan penyebabnya dapat ditentukan dengan cukup mudah. Umumnya, bibir tiba-tiba bengkak disebabkan oleh reaksi alergi. Bisa dari alergi makanan tertentu, alergi terhadap obat-obatan, atau juga gigitan dan sengatan serangga.

Ketika Moms mendapat bibir tiba-tiba bengkak, Moms hanya perlu menelusuri beberapa makanan atau obat-obatan yang dikonsumsi sebelumnya.

Untuk mengetahuinya, berikut adalah beberapa makanan yang sering dikaitkan dengan alergi, seperti dilansir dari Healthline.

Makanan dan Minuman yang Memicu Reaksi Alergi/Bibir Tiba-tiba Bengkak

Terdapat beberapa makanan yang bila dikonsumsi, akan dapat memicu beragam reaksi alergi yang salah satunya adalah bibir tiba-tiba bengkak. Beberapa makanan dan minuman tersebut, yaitu:

  1. Susu
  2. Telur
  3. Kacang kacangan
  4. Kacang pohon
  5. Kerang
  6. Ikan
  7. Gandum.

Beberapa rempah juga kerap dikaitkan dengan alergi. Berikut adalah beberapa rempah yang dapat memicu reaksi alergi.

  1. Adas manis
  2. Seledri
  3. Ketumbar
  4. Adas
  5. Peterseli.

Alergi terhadap obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan bibir tiba-tiba bengkak dalam semalam. Penisilin dan jenis antibiotik lainnya adalah salah satu obat yang paling umum menyebabkan reaksi alergi.

Baca Juga: Obat Alergi Antihistamin: Penggunaan, Dosis, Aturan Pakai, dan Efek Samping

Gejala Bibir Tiba-tiba Bengkak

bibir bengkak

Foto: emedihealth.com

Seperti sudah disebutkan, ada beberapa kasus yang dapat membuat bibir tiba-tiba bengkak. Umumnya bibir tiba-tiba bengkak disebabkan oleh reaksi alergi terhadap makanan atau obat-obatan tertentu dengan reaksi ringan.

Reaksi ringan dapat berupa ruam atau gatal. Reaksi yang lebih signifikan termasuk gatal-gatal, batuk, mengi, dan angioedema. Angioedema adalah pembengkakan parah pada jaringan kulit yang lebih dalam, terutama di wajah dan bibir.

Namun dibeberapa kasus, bibir tiba-tiba bengkak juga disebabkan anafilaksis atau reaksi alergi parah yang juga dapat menyebabkan bibir bengkak.

Semua jenis alergi dapat menyebabkan anafilaksis, dan dapat terjadi dalam beberapa menit atau lebih dari setengah jam setelah menemukan alergen. Terkadang kondisi itu disebut syok anafilaksis karena menyebabkan sistem kekebalan tubuh membanjiri tubuh Moms dengan bahan kimia yang dapat membuat Moms mengalami syok.

Berikut adalah beberapa gejala anafilaksis seperti dilansir Healthline.

  1. Tekanan darah rendah
  2. Mengencangkan saluran udara
  3. Lidah dan tenggorokan bengkak
  4. Pingsan
  5. Nadi lemah dan cepat.

Anafilaksis membutuhkan perawatan segera dengan suntikan epinefrin (EpiPen). Jika Moms mengetahui memiliki alergi, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan tentang mendapatkan resep untuk injeksi epinefrin portabel yang dapat dibawa.

Pastikan juga teman dekat, rekan kerja, dan anggota keluarga tahu cara mengenali tanda-tanda anafilaksis dan menggunakan epinefrin.

Meski sebagian besar penyebab lain dari bibir bengkak tidak memerlukan perawatan darurat, tetapi Moms tetap harus berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan untuk memastikan tidak ada hal lain yang terjadi.

Baca Juga: Alergi Sinar Matahari, Cari Tahu Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobatinya!

1. Gejala Alergi karena Makanan

Alergi makanan adalah penyebab umum bibir bengkak. Menurut American College of Allergy, Asthma, and Immunology (ACAAI), sekitar 4 persen orang dewasa dan hingga 6% anak-anak memiliki alergi makanan.

Pembengkakan biasanya dimulai segera setelah Moms makan sesuatu yang membuat alergi. Banyak makanan yang bisa memicu alergi, terutama telur, kacang-kacangan, susu, dan kerang.

Alergi makanan juga dapat menyebabkan:

  1. Pembengkakan wajah
  2. Lidah bengkak
  3. Pusing
  4. Kesulitan menelan
  5. Mual
  6. Sakit perut
  7. Batuk
  8. Napas tersengal.

Satu-satunya cara untuk mengobati alergi makanan adalah dengan menghindari makanan yang sensitif. Jika mengalami bibir tiba-tiba bengkak setelah makan, buatlah buku harian makanan dan catat gejala alergi yang Moms miliki. Ini dapat membantu mempersempit apa yang menyebabkan Moms alergi.

Baca Juga: Serba-serbi Tes Alergi: Manfaat, Prosedur, hingga Biayanya

2. Gejala Alergi karena Obat Tertentu

Alergi obat juga bisa menyebabkan bibir bengkak. Salah satu penyebab paling umum dari alergi obat, menurut ACAAI, adalah penisilin. Sekitar 10% orang alergi terhadap antibiotik umum ini.

Kemungkinan penyebab lain dari alergi obat termasuk jenis antibiotik lain, obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), dan antikonvulsan. Beberapa orang yang menjalani perawatan kanker juga menemukan bahwa mereka alergi terhadap obat kemoterapi.

Gejala lain dari alergi obat meliputi:

  1. Ruam kulit
  2. Gatal-gatal
  3. Napas tersengal
  4. Pembengkakan umum
  5. Muntah
  6. Pusing.

Seperti alergi makanan, cara terbaik untuk mengobati reaksi alergi terhadap obat adalah dengan menghindarinya. Beli antihistamin OTC untuk reaksi alergi ringan.

3. Gejala Alergi Lainnya

Gigitan atau sengatan serangga juga dapat menyebabkan bibir bengkak. Jika Moms alergi lebah, misalnya, Moms mungkin mengalami pembengkakan di seluruh tubuh setelah disengat.

Obat alergi yang bekerja cepat, seperti diphenhydramine (Benadryl), dapat membantu mengurangi pembengkakan dan gatal-gatal setelah gigitan atau sengatan serangga.

Baca Juga: Alergi Jamur, Intip Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya di Sini!

4. Gejala karena Angioedema

Angioedema adalah kondisi jangka pendek yang menyebabkan pembengkakan jauh di bawah kulit Moms. Ini dapat disebabkan oleh alergi, reaksi obat non-alergi, atau kondisi keturunan.

Pembengkakan dapat memengaruhi bagian mana pun dari tubuh, tetapi paling sering terjadi di bibir atau mata Moms. Gejala lain dari angioedema meliputi:

  • Gatal
  • Nyeri

Gejala angioedema biasanya berlangsung selama 24 hingga 48 jam. Ini diobati dengan antihistamin, kortikosteroid, atau suntikan epinefrin. Dokter dapat membantu Moms menentukan obat yang tepat berdasarkan penyebab dan tingkat keparahan angioedema.

Antihistamin cenderung bekerja dengan baik untuk angioedema terkait alergi. Angioedema nonalergi dan herediter biasanya berespon baik terhadap kortikosteroid.

5. Gejala Bengkak karena Cedera

Cedera pada wajah, terutama di sekitar mulut atau rahang, dapat menyebabkan bibir tiba-tiba bengkak. Penyebab cedera wajah meliputi:

  • Pemotongan
  • Gigitan
  • Laserasi
  • Luka bakar
  • Trauma benda tumpul

Tergantung pada jenis cedera, Moms mungkin juga mengalami memar, goresan, dan pendarahan.

Baca Juga: Yuk, Cari Tahu Ciri-Ciri Alergi Debu dan Cara Mengatasinya

Mengatasi Bibir Tiba-tiba Bengkak

bibir bengkak

Foto: medicalnewstoday.com

Mengatasi bibir tiba-tiba bengkak bisa dilakukan beberapa jenis perawatan, tergantung penyebabnya. Untuk masalah ringan, Moms bisa melakukan pengobatan sendiri di rumah. 

Jika Moms mengalami masalah serius yang menyebabkan bibir tiba-tiba bengkak, bahkan jika terjadi pendarahan, sebaiknya Moms segera cari perawatan di unit gawat darurat atau klinik perawatan darurat.

Selain itu, perhatikan tanda-tanda infeksi, seperti pembengkakan, panas, kemerahan, atau nyeri tekan. Beri tahu penyedia layanan kesehatan jika Moms melihat gejala-gejala ini.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi bibir tiba-tiba bengkak:

1. Perawatan di Rumah

Moms bisa melakukan kompres es yang dibungkus handuk ke bibir yang bengkak seringkali dapat mengurangi peradangan. Jangan pernah mengoleskan es langsung ke kulit, karena dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

Moms juga bisa menggunakan lotion lidah buaya ketika mendapatkan bibir tiba-tiba bengkak karena sengatan sinar matahari. Kekeringan atau retak parah dapat membaik dengan pelembab bibir yang lembut.

Baca Juga: Jerawat di Bibir Menyakitkan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

2. Perawatan Medis

Untuk bibir tiba-tiba bengkak yang disebabkan oleh kondisi peradangan, obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen (Advil) atau kortikosteroid dapat membantu mengurangi pembengkakan.

NSAID juga dapat membantu jika terjadi memar atau cedera lain yang menyebabkan bibir tiba-tiba bengkak. Kondisi neurologis lainnya, seperti distonia fokal, mungkin memerlukan perawatan yang lebih invasif.

Untuk distonia embouchure, pelemas otot seperti baclofen (Gablofen) mungkin berguna. Suntikan toksin botulinum (Botox) dapat membantu, tetapi harus diberikan dengan hati-hati oleh dokter.

3. Mengunjungi Dokter

Alergi makanan yang serius dapat menyebabkan lebih dari sekedar bibir bengkak. Jika ada tanda-tanda reaksi alergi yang parah seperti mengi, sesak napas, atau pembengkakan mulut atau lidah, nomor darurat setempat.

Seorang dokter kulit harus mengevaluasi jerawat kistik atau adanya kista atau pertumbuhan yang mencurigakan pada atau di bawah permukaan bibir. Moms mungkin dirujuk ke spesialis yang berbeda jika kondisi lain dicurigai.

Jika Moms bangun dengan bibir yang sedikit bengkak dan tidak ada gejala lain, perhatikan apakah pembengkakan tersebut hilang atau berlanjut. Jika pembengkakan berlanjut lebih dari 24 jam, temui dokter. Jika ada tanda-tanda reaksi alergi yang parah, dapatkan perawatan medis darurat.

Baca Juga: Bibir Gatal dan Bruntusan, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Itulah beberapa penyebab, gejala dan cara mengatasi bibi tiba-tiba bengkak. Bibir tiba-tiba bengkak bukanlah hal yang serius dan biasanya dapat pulih dengan cepat karena disebabkan alergi. Namun, Moms atau Dads juga harus tahu kapan waktu yang tepat untuk mengunjungi dokter karena gejala bibir tiba-tiba bengkak tersebut.

  • https://www.healthline.com/health/swollen-lips#cheilitis-granulomatous
  • https://www.healthline.com/health/woke-up-with-swollen-lip#seeking-medical-help
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait