Rupa-rupa

15 Januari 2021

7 Rekomendasi Tanaman Hias dalam Air yang Paling Populer

Akuarium di rumah jadi makin cantik!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Daftar isi artikel

Bagi Moms yang memelihara ikan, tentu ingin menciptakan ekosistem yang baik untuk ikan agar dapat bertahan hidup lebih lama.

Untuk Moms yang ingin mempercantik penampilan akuarium di rumah, bisa menambahkan tanaman hias akuarium. Meletakkan tanaman hias memberikan pasokan oksigen segar, dan beberapa tanaman juga menyediakan makanan untuk ikan di akuarium.

Ada banyak jenis tanaman hias akuarium yang bisa ditanam. Mengutip Worldwide Aqua Culture, berikut rekomendasi tanaman air yang dapat menghias akuarium Moms di rumah.

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Gantung untuk Hiasan Teras Rumah, Cantik!

Tanaman Hias Akuarium

Ada ragam tanaman hias untuk mempercantik akuarium di rumah. Moms tinggal pilih tanaman yang sesuai dengan ukuran akuarium dan pastikan ikan-ikan dapat bebas berenang, ya!

1. Water Wisteria

water wisteria.jpg

Tanaman water wisteria memiliki bentuk daun renda yang tinggi seperti daun hijau, sehingga memberikan aksen hijau indah untuk akuarium Moms.

Tanaman hias akuarium ini mudah tumbuh dan membutuhkan perawatan minimal.

Moms bisa menanam tumbuhan ini di tempat dengan cahaya sedang, dan tumbuh baik pada suhu 23-27 derajat Celcius.

Baca Juga: 9 Jenis Tanaman Hias yang Mudah Dirawat oleh Pemula

2. Java Moss

java moss.jpg

Java moss adalah tanaman populer untuk akuarium yang juga merupakan tanaman yang tidak membutuhkan banyak perawatan.

Tanaman hias akuarium ini cenderung tumbuh di kayu apung dan batu. Tanaman ini tumbuh di bagian bawah akuarium, dan bisa memberikan perlindungan untuk bayi ikan.

Java moss dapat tumbuh di tempat dengan ragam jenis cahaya (tinggi/sedang/rendah), dan pada suhu antara 21-32 derajat Celcius.

3. Amazon Sword

amazon sword.jpg

Tanaman hias akuarium ini memiliki bentuk tinggi yang menyerupai pedang, karena ini disebut sebagai "pedang Amazon".

Tanaman ini sangat baik untuk memberikan latar belakang atau sebagai tempat persembunyian untuk ikan hias di akuarium rumah.

Tinggi tanaman ini bisa mencapai 50 cm, dan sering ditanam di bagian belakang akuarium secara berkelompok. Tumbuhan ini tumbuh dengan baik pada suhu 22-27 derajat Celcius.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias yang Sedang Tren dan Bisa Ditanam di Rumah

4. Java Fern

java fern.jpg

Java Fern adalah tanaman daun hijau panjang yang bisa tumbuh di mana saja di akuarium. Tanaman ini butuh perawatan minim, dan biasanya ditanam sebagai latar belakang akuarium.

Tanaman hias akuarium ini hanya membutuhkan tingkat cahaya rendah hingga sedang dan baik ditanam pada kisaran suhu 20-27 derajat Celcius.

5. Hornwort

tanaman hias akuarium

Foto: gardeningknowhow.com

Tanaman hias akuarium yang satu ini sering disebut juga dengan Coontail atau di Indonesia sering dikenal dengan lumut tanduk atau ganggeng.

Hornwort tidak sulit ditempatkan dalam akuarium, apalagi biasanya dijual dalam bentuk cup atau pot yang bisa diletakkan di dasar akuarium.

Tanaman hias akuarium ini sangat mudah beradaptasi dan bisa bertahan di berbagai kondisi air.

Baca Juga: 4 Jenis Ikan yang Cocok Dipelihara Anak di Akuarium Rumah

6. Anubas Nana

tanaman hias akuarium

Foto: aquariumcarebasics.com

Tanaman hias akuarium yang bernama Anubas Nana ini berdaun lebih kecil dari keluarga anubas. Tidak seperti pakis lidah kolam, tanaman ini tumbuh secara perlahan dan bertahap.

Setelah dibeli, pastikan langsung ditempatkan pada media tanam dan tidak mencabu bagian bawah akarnya dan letakkan di area teduh di dalam akuarium.

Anubas Nana tergolong langka dan bahkan jika ada, harganya pun tidak murah. Keuntungan adanya tanaman hias akuarium ini, bisa menjadi tempat bersembunyi ikan karena daunnya yang lebar.

7. Cryptocoryne Wendtii

tanaman hias akuarium

Foto: amazon.com

Sebenarnya tanaman hias akuarium yang satu ini mempunyai reputasi yang kurang bagus, karena bisa mudah layu dan tidak cantik lagi. Hal ini dikarenakan tanaman hias akuarium ini kurang tahan terhadap perubahan.

Namun jika pemiliknya bisa bersabar dan telaten, maka tanaman hias aquarium yang satu ini bisa dengan cantik bertumbuh di dalam air, apalagi bentuk dan warnanya yang berbeda dengan tanaman lainnya.

Baca Juga: Setelah Monstera, Ini 4 Tanaman yang Akan Tren Tahun Ini

Nah, itu dia 4 rekomendasi tanaman hias dalam air yang bisa mempercantik akuarium di rumah, dan juga membutuhkan perawatan minim.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait