Fashion & Beauty

26 Maret 2016

Bikin Sendiri Ramuan Kecantikan Berbahan Teh Hijau

Selain baik diminum, bisa juga diaplikasikan langsung di kulit
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)
1 tehhijau

Khasiat teh hijau untuk kesehatan telah lama terkenal. Para produsen kosmetikpun menyadari manfaat teh hijau dan memanfaatkannya untuk kecantikan. Selain diminum, teh hijau juga bisa diaplikasikan sebagai kosmetik luar, dan kabar baiknya Anda bisa membuatnya sendiri di rumah! Coba saja tips dari situs HHB Life ini!

1 keramas

Air bilasan untuk menguatkan rambut

Rebus 3-4 kantung teh hijau dalam 1 liter air mendidih selama sejam lalu dinginkan. Bilas rambut dengan air rebusan tersebut setelah keramas dan memakai kondisioner. Air rebusan teh hijau ini bisa melindungi rambut dari polusi, produk rambut yang keras, serta membuatnya kuat dan berkilau.

2 kompresmata

Kompres mata

Setelah minum teh hijau, jangan buang kantung tehnya. Simpan dua kantung teh hijau bekas pakai di lemari es semalaman, lalu kompres di atas mata Anda yang tertutup sambil berbaring selama 10 menit.

Atau, Anda juga bisa merebus 2-3 kantung teh hijau dalam secangkir air mendidih. Dinginkan selama beberapa jam, lalu celupkan kapas ke air rebusan tersebut dan kompres seperti tadi. Kandungan antioksidan dalam daun teh hijau dapat mencegah garis-garis halus serta mengurangi mata bengkak dan lingkaran hitam di bawah mata.

3 bodyscrub

Body scrub

Keluarkan daun teh hijau kering dari kantungnya, haluskan menggunakan cobek dan ulekan atau food processor, lalu aduk rata dengan madu. Ambil sedikit scrub dan gosokkan di tubuh atau wajah dengan gerakan memutar menggunakan ujung jari Anda.

Hindari area mata. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air. Ramuan yang bertekstur agak kasar ini berperan sebagai exfoliant untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan kotoran dari pori. Selain membuat kulit jadi halus dan lembut, scrub teh hijau juga bisa membantu mengurangi bintik-bintik dan bekas luka berkat kandungan antiinflamasinya.

4 facetoner

Face toner

Caranya sama seperti membuat air bilasan untuk rambut. Celupkan kapas ke dalamnya, lalu tepuk-tepukkan ke seluruh wajah di pagi hari dan sebelum tidur. Anda juga bisa memasukkannya ke dalam botol spray. Semprotkan saja ketika wajah memerlukan kesegaran. Kandungan antiseptik sebagai salah satu manfaat teh hijau bisa untuk membantu memudarkan bekas luka dan jerawat di wajah, lho.

5 maskertehhijau

Masker wajah

Campurkan 1 sendok makan daun teh hijau yang sudah dihaluskan dengan 3 sendok makan yogurt full fat, lalu aplikasikan di wajah dan diamkan selama 20 menit. Bilas sampai bersih.

Manfaat masker teh hijau untuk kecantikan wajah bisa membantu mengurangi bintik-bintik akibat sinar matahari dan meratakan warna kulit wajah.

Dengan kulit yang sehat terawat, make up yang Anda pakai akan tampak lebih wah. Setelah mengetahui cara merawat kulit dengan teh hijau, ini saatnya Anda belajar teknik merias wajah di Beauty Class Bilna by Orami bersama make up artist Richard Theo dan Make Over. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

Produk Rekomendasi

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait