Pasca Melahirkan

PASCA MELAHIRKAN
2 Maret 2021

Bolehkah Berhubungan Intim 1 Bulan setelah Caesar?

Jawaban dari pertanyaan bolehkah berhubungan intim 1 bulan setelah caesar ada di sini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms yang baru saja melahirkan secara caesar mungkin punya pertanyaan bolehkah berhubungan intim 1 bulan setelah caesar. Temukan jawabannya di sini ya Moms.

Jika Moms pernah menjalani persalinan sesar dan sedang dalam masa pemulihan, biasanya hanya akan berfokus pada diri dan Si Kecil. Karena pemulihan membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan adaptasi dengan baru juga menjadi bagian dari hal itu.

Namun, ada pula anggota keluarga lain yang harus di perhatikan karena selalu memberi perhatian: Dads. Perempuan yang pernah melahirkan dengan cara caesar sering mengalami pergulatan seksual, terutama pada periode awal.

Moms mungkin bertanya-tanya, bolehkah berhubungan intim 1 bulan setelah caesar seperti yang bisa dilakukan oleh Moms yang melahirkan pervaginam? Simak penjelasan tentang hubungan intim setelah caesar dalam artikel ini.

Baca Juga: Melahirkan Normal Setelah Caesar (VBAC)? Bisa!

Berhubungan Intim setelah Caesar

Bolehkah Berhubungan Intim 1 Bulan Setelah Caesar -1

Foto: Orami Photo Stock

Sebenarnya, tidak ada waktu khusus yang bisa diberlakukan untuk melakukan hubungan intim setelah melakukan operasi caesar. Hal ini karena tubuh perempuan memiliki kondisi yang berbeda-beda. Jadi, bolehkah berhubungan intim 1 bulan setelah caesar?

Setelah menjalani operasi caesar, Moms akan menjalani pemeriksaan pascapersalinan pada enam minggu pertama. Dokter atau bidan ingin memastikan bahwa sayatan telah sembuh dengan baik dan pendarahan pascapersalinan telah berhenti.

Meskipun Moms mungkin mengalami perdarahan yang lebih sedikit, masih dibutuhkan waktu sekitar enam minggu untuk menutup serviks sepenuhnya. Ini akan menjadi bahan pertimbangan bagi Moms yang akan menjalani kembali aktivitas seksualnya.

Beberapa perempuan mungkin merasa siap untuk melanjutkan hubungan seksual lebih cepat dari yang lain, tetapi Moms sebaiknya hanya berhubungan seks lagi setelah diizinkan oleh dokter kandungan dan saat telah merasa nyaman.

Oleh karena itu, untuk menjawab pertanyaan bolehkah berhubungan intim 1 bulan setelah caesar bergantung kepada kondisi Moms. Namun untuk lebih jelasnya, Moms harus mengetahui terlebih dahulu kondisi masa pemulihan setelah caesar yang akan dilalui.

Dalam studi International Journal of Obstetrics and Gynecology yang melibatkan lebih dari 1.500 perempuan, 53 persen telah mencoba aktivitas seksual dalam 6 minggu setelah melahirkan dan 41 persen pernah mencoba seks vaginal.

Selain itu, Caesarean Section melaporkan bahwa tingkat masalah seksual pada ibu yang baru pertama kali melahirkan meningkat dari 38 persen sebelum kehamilan menjadi 83 persen dalam 3 bulan pertama setelah melahirkan. Angka ini menurun menjadi 64 persen 6 bulan setelah lahir.

Tidak perlu terburu-buru. Sebagian besar Moms dan Dads akan kelelahan karena harus merawat bayi yang baru lahir, sehingga hubungan intim mungkin tidak menempati urutan teratas dalam daftar prioritas.

Baca Juga: Ini Cara Tepat Mengecilkan Perut Pasca Operasi Caesar

Masa Pemulihan Setelah Caesar

Bolehkah Berhubungan Intim 1 Bulan Setelah Caesar -2

Foto: Orami Photo Stock

Setelah operasi caesar, Moms akan dirawat di rumah sakit selama dua hingga empat hari. Moms akan melepaskan satu per satu peralatan medis seperti obat pereda nyeri dan kateter. Meski tidak melahirkan melalui vagina, Moms masih mengalami pendarahan saat rahim berkontraksi kembali ke ukuran normal.

Rahim perempuan membutuhkan waktu sekitar enam minggu untuk kembali ke ukuran normal dan leher rahimnya menutup kembali. Garis waktu fisik tubuh perempuan untuk sembuh di bagian vagina pun hampir sama, tidak peduli bagaimana cara seorang perempuan melahirkan.

Leher rahim harus ditutup agar hubungan seksual dapat dilanjutkan dengan aman. Moms harus menghindari seks atau memasukkan sesuatu seperti tampon ke dalam vagina selama beberapa minggu setelah melahirkan dengan operasi caesar.

Setelah 24 jam, dokter atau perawat akan sering merekomendasikan untuk bangun dan bergerak dengan lembut, bahkan hanya untuk pergi ke kamar mandi. Perawat juga dapat mencontohkan cara bergerak yang cenderung tidak menyebabkan nyeri pada lokasi sayatan.

Kebanyakan sayatan operasi caesar memiliki panjang antara 10 dan 20 sentimeter. Sayatan tersebut akan terlihat horizontal di perut, biasanya tepat di atas garis pakaian dalam. Sebelum Moms meninggalkan rumah sakit, dokter akan memberikan instruksi untuk memastikan bahwa luka sembuh dengan baik dan bebas dari infeksi.

Pemulihan fisik sejak melahirkan nampaknya sama untuk persalinan pervaginam dan juga operasi caesar. Tetapi pada proses pemulihan akan sangat berbeda di area perut untuk ibu yang telah menjalani operasi caesar.

Staples dari tempat sayatan akan diangkat dalam seminggu setelah operasi. Tempat sayatan yang harus sembuh dalam enam minggu. Tetapi perempuan biasanya merasakan ketidaknyamanan di area sayatan. Beberapa perempuan mengalami mati rasa atau kesemutan selama berbulan-bulan setelah operasi.

Ini adalah hal yang normal, selama rasa sakit tidak bertambah dan tidak disertai gejala lain seperti demam. Jadi, bolehkah berhubungan intim 1 bulan setelah caesar? Sebaiknya tidak dilakukan, dan fokuslah pada pemulihan diri dan juga bayi kecil Moms.

Baca Juga: Moms, Inilah Hal yang Harus Diperhatikan Saat Kembali Hamil Setelah Operasi Caesar

Tips Berhubungan Intim setelah Caesar

Bolehkah Berhubungan Intim 1 Bulan Setelah Caesar -3

Foto: Orami Photo Stock

Area di sekitar tempat sayatan mungkin akan terasa tidak nyaman. Jadi akan sangat membantu untuk mencoba posisi seksual yang tidak memberi tekanan pada perut. Saat pertama kali berhubungan intim setelah melahirkan, Moms mungkin akan sedikit merasa takut akan seperti apa rasanya.

Pastikan untuk berbicara dengan Dads, luangkan waktu, lakukan beberapa pemanasan non-seksual, seperti pijat, untuk membantu rileks, dan gunakan pelumas untuk memulai. Saat diizinkan untuk berhubungan intim, Moms perlu mempertimbangkan beberapa faktor ini.

1. Pilih Posisi dengan Hati-hati

Jika sayatan masih terasa lembut, Moms mungkin khawatir bahwa posisi seperti posisi misionaris akan terlalu menekan sayatan dan akan terasa sakit. Moms mungkin ingin menggunakan woman on top atau spooning untuk menghindari kontak langsung dengan sayatan di bagian perut.

Meskipun sayatan akan sembuh sekitar enam minggu pada kebanyakan perempuan, masih ada kemungkinan seorang perempuan sensitif terhadap tekanan di atasnya. Jadi, Moms bisa mencoba beberapa posisi lain hingga merasa nyaman saat melakukan hubungan intim.

2. Gunakan Pelumasan Vagina

Ini bisa membantu membuat pengalaman hubungan intim kembali setelah melahirkan menjadi senyaman mungkin. Kebanyakan Moms memiliki masalah dengan lubrikasi, terutama jika menyusui atau menggunakan kontrasepsi hormonal. Ini karena pengaruh hormon.

Selain menggunakan pelumas, pemanasan juga dapat membantu meningkatkan jumlah pelumasan yang dibuat secara alami oleh tubuh. Cobalah untuk meluangkan banyak waktu untuk berpelukan, berciuman, pijat, dan banyak langkah foreplay aman lagi.

Selain itu, coba untuk menyentuh Dads sepanjang hari. Misalnya dengan berpegangan tangan saat berjalan, bermain kaki saat makan malam, atau meringkuk di sofa saat menyusui dan menonton televisi. Hal-hal kecil ini membantu perasaan cinta, dan juga dapat membantu meningkatkan lubrikasi.

3. Perhatikan Payudara Bocor

Jika menyusui, payudara mungkin juga bocor selama pemanasan dan hubungan intim. Ini adalah hal yang normal dan tidak akan memengaruhi suplai ASI atau menyebabkan ASI rusak. Itu hanya hal biasa yang terjadi.

Beberapa orang lebih suka memakai bra dan bantalan payudara jika cenderung banyak bocor. Hal ini juga dapat terjadi jika Moms tidak sedang menyusui tetapi lebih sering terjadi pada perempuan yang sedang menyusui bayi secara aktif.

4. Jangan Lupakan Kontrol Kelahiran

Secara teknis, seorang perempuan bisa hamil segera setelah 3 minggu setelah melahirkan, terlepas dari apakah menyusui atau tidak, dikutip National Health Service. Moms bahkan bisa hamil setelah melahirkan meski belum menstruasi.

Pada kunjungan enam minggu setelah melahirkan, bicarakan dengan dokter tentang jenis kontrasepsi terbaik yang bisa dilakukan. Ini mungkin bisa diperdebatkan jika Moms memilih untuk mengikat tabung yang dikenal sebagai ligasi tuba, selama operasi caesar.

Jawaban dari pertanyaan bolehkah berhubungan intim 1 bulan setelah caesar telah mendapat penjelasan yang pasti. Jadi, lebih baik untuk menunggu dua minggu lagi kan Moms?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait