Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Nutrisi Ibu Hamil | Dec 14, 2018

Bolehkah Ibu Hamil Makan Gorengan?

Bagikan


Bolehkah Ibu Hamil Makan Gorengan?

Gorengan menjadi salah satu jajanan yang mudah ditemui di Indonesia. Maka kerap muncul pertanyaaan apakah boelh ibu hamil makan gorengan?

Saat sedang hamil, Moms mungkin mengalami ngidam atau ingin mengonsumsi sesuatu yang tak tertahankan. Sayangnya tak semua makanan yang diinginkan boleh dikonsumsi salah satunya gorengan.

Konsumsi gorengan yang berlebihan nyatanya membawa dampak buruk bagi kehamilan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Diabetologia mengungkapkan bahwa perempuan yang mengonsumsi makanan yang digoreng berisiko mengalami diabetes gestasional.

Studi ini melihat kuesioner pola makan dari 15.000 perempuan yang terdaftar dalam Nurses Healyth Study.

Peneliti menemukan bahwa perempuan yang makan gorengan tujuh kali atau lebih dalam seminggu memiliki risiko hingga 88 persen lebih besar mengalami diabetes gestasional ketimbang perempuan yang makan gorengan kurang dari sekali dalam seminggu.

Dalam studi ini lebih banyak menyoroti aneka gorengan yang dijual di luar rumah.

Sebab, beberapa pedagang dan restoran menggunakan minyak yang sudah melalui proses oksidasi dan hidrogenasi.

“Memakai ulang minyak menghasilkan lebih banyak bahan kimia yang cukup merugikan,” ujar Cuilin Zhang, MD, seorang penyelidik di Eunice Kennedy Shriver National Institute of Child Health and Human Development.

Baca Juga : Ibu Hamil Makan Sayuran Mentah, Bolehkah?

Penggorengan yang digunakan juga dapat menciptakan senyawa peradangan yang akhirnya dapat menyebabkan dan berisiko pada kerusakan sel dan diabetes.

Ibu hamil makan gorengan juga dihubungkan dengan bahaya makanan dengan lemak jahat. Lemak jahat ini tidak hanya meningkatkan kolesterol jahat tetapi dapat menurunkan kolesterol baik yang dapat melindungi jantung.

Bahkan, berbagai penelitian telah menunjukkan hubungan lemak jenuh dengan tingkat endometriosis dan infertilitas yang lebih tinggi. Dan beberapa studi mengaitkan lemak jahat berhubungan dengan berat badan lahir rendah serta berisiko pada bayi yang lahir dengan fisik kecil.

Tak hanya pada gorengan saja, terdapat beberapa jenis makanan yang mengandung lemak jahat misalnya margarin, creamer dan berbagai bahan makanan kemasan lainnya.

Moms perlu mengecek label nutrisi pada setiap produk untuk menghindari asupan lemak jahat yang berlebihan. Moms bisa memilih bahan makanan yang tinggi kalsium dan protein untuk kesehatan kehamilan.

Lemak jahat juga terkandung pada makanan kemasan termasuk biskuit atau makanan ringan lainnya. Apalagi dengan kandungan gula di dalamnya yang juga berisiko obesitas pada ibu hamil yang berujung pada komplikasi masalah kehamilan hingga preeklamsia.

Maka, Moms harus memilih dengan tepat makanan yang dikonsumsi termasuk kudapan yang biasanya Moms beli dalam bentuk makanan kemasan.

Baca Juga : Ini Buah dan Sayuran Pantangan Ibu Hamil

Setelah mengetahui berbagai risiko dari ibu hamil makan gorengan, Moms perlu memilih asupan makanan termasuk makanan yang dirasa sedang diinginkan atau ngidam.

Pemilihan makanan yang tepat sangat berpengaruh pada kesehatan janin dan juga kesehatan kehamilan. Kalau Moms apakah berhasil mengurangi makanan tak sehat seperti gorengan saat hamil?

(GSA)

Sumber : time.com, babycenter.com

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.