Trimester 1

17 Maret 2021

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan?

Keinginan untuk makan mie instan saat hamil kadang kala tidak bisa dibendung, ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Salah satu keuntungan yang kita dapatkan dari hamil biasanya adalah izin untuk makan sebanyak-banyaknya. Lantas, bolehkah ibu hamil makan mie instan?

Wanita hamil sebenarnya diharapkan untuk menambah berat badan, oleh karena itu dianjurkan untuk "makan untuk dua orang". Tapi makan untuk berdua bukanlah hal yang benar untuk dilakukan.

Seorang ibu hamil membutuhkan tambahan 350 Kkal per hari selama trimester kedua kehamilannya dan 450 Kkal ekstra per hari pada trimester ketiga.

Tidak semua makanan aman untuk bayi yang belum lahir. Banyak makanan sehari-hari yang rasanya enak dapat berdampak buruk pada kesehatan bayi dalam kandungan yang sedang berkembang dan harus dihindari.

Jika Moms hamil, tidak hanya alkohol dan kafein yang harus dihindari, namun ada juga beberapa makanan lain yang harus berhenti dikonsumsi.

Salah satu makanan yang harus dihentikan sementara (atau makan dalam jumlah terbatas) adalah mie, lebih tepatnya mie instan.

Mie instan, baik yang digoreng atau direbus, tentunya selalu terlihat menarik, ya? Lalu, bolehkah ibu hamil makan mie instan?

Baca Juga: 6 Bahan Mie Instan yang Berbahaya untuk Janin

Apa Saja Jenis Mie yang Tersedia?

jenis mie instan

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum mencari tahu jawaban dari bolehkah ibu hamil makan mie instan, tidak ada salahnya Moms mencari tahu jenis-jenis mie yang biasa dikonsumsi.

Ada begitu banyak jenis mie instan di pasaran, tapi mie instan mungkin yang paling populer dari semuanya dan banyak digemari.

Beberapa jenis mie populer lainnya termasuk ramen, soba, kacang hijau, rice stick, hakka, dan mie telur.

Mie instan dipasarkan sebagai jenis yang bisa dimasak dengan mudah. Mereka datang dengan bungkus masala di dalamnya yang menambah rasa pada mie.

Meskipun kue mie mungkin hambar dan tidak berbahaya, ini adalah beberapa bahan dalam bungkus bumbu yang berpotensi berbahaya selama kehamilan.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Gorengan?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan?

Bumil Ingin Makan Mie Instan

Foto: parenting.firstcry.com

Nyatanya, ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi mie instan, karena makanan praktis ini dinilai kurang bernutrisi untuk kesehatan ibu dan janin, serta mengandung bahan pengawet.

Tapi, mungkin ada kalanya Moms ingin sekali makan mie instan saat hamil.

Hal ini bisa termasuk ke dalam food craving atau dikenal dengan ngidam. Journal of Pediatrics and Mother Care mengungkapkan bahwa mengidam umum dialami oleh ibu hamil.

Namun, biasanya ibu hamil kerap mengidam makanan-makanan yang cenderung tidak sehat, seperti makanan asin dan gurih, makanan pedas, makanan manis atau berlemak. Nah, mie instan kerap menjadi pilihan.

Tapi, bolehkah ibu hamil makan mie instan? Atau benar-benar dilarang untuk dikonsumsi selama kehamilan?

Ibu hamil makan mie instan karena rasa yang gurih, penuh bumbu, dan bisa dimasak dengan sekejap.

Namun, tidak sepenuhnya aman untuk mengonsumsinya selama kehamilan. Jadi sebaiknya jangan menjadikan makanan instan satu ini menjadi makanan pokok sehari-hari, ya, Moms.

Selain mie instan termasuk ke dalam produk olahan dan diawetkan, nutrisi dari mie instan sangat sedikit.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Kepiting? Ketahui Penjelasannya Berikut Ini

Mie instan tidak menawarkan nilai gizi apa pun dan hanya memuaskan rasa lapar untuk jangka waktu tertentu. Zat berbahaya lain yang ada dalam mi instan adalah MSG, yang dapat membahayakan bayi jika dikonsumsi berlebihan.

Oleh karena itu, bolehkah ibu hamil makan mie instan? Sebaiknya hindari ya Moms.

Jika ibu hamil kekurangan nutrisi, tentunya nanti dapat berpengaruh pada kesehatan Moms dan perkembangan janin. Hal ini diungkapkan oleh ahli nutrisi dari India, Megha Mukhija.

Namun, apabila ibu hamil ingin makan mie instan, tentunya tetap dapat mengonsumsinya. Alternatifnya, bisa dilakukan hal sederhana berikut ini.

“Moms bisa menambahkan sayuran rebus yang banyak dalam semangkuk mie instan. Selain itu, hindari menambahkan bumbu atau garam tambahan dalam mie yang dimasak melainkan kurangi dari jumlah yang sudah tersedia di kemasan,” ungkap Megha.

Sayuran yang bisa dipilih seperti tomat, sawi, kentang, atau bisa menambahkan telur matang ke dalam mangkuk mie instan.

Bumbu dari mie instan biasanya melekat lama di lidah, untuk itu segera perbanyak cairan tubuh dengan minum air putih. Imbangi juga dengan nutrisi lainnya seperti buah-buahan.

Jadi, ibu hamil makan mie instan sebenarnya diperbolehkan, tapi tidak dianjurkan, terutama dalam intensitas yang terlalu sering.

Baca Juga: 6 Makanan Pencegah Anemia untuk Ibu Hamil, Tengok di Sini

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan Berlebihan?

Bolehkah Ibu Hamil Makan mie instan

Foto: kingdomofbaby.com

Moms sudah mengetahui jawaban dari bolehkah ibu hamil makan mie instan. Namun, apa yang terjadi bila ibu hamil makan mie instan secara berlebihan?

Terdapat bahaya bila ibu hamil makan mie instan secara berlebihan, sebab komposisi di dalam makanan cepat saji ini tidak memiliki kandungan nutrisi yang baik.

Mie instan dikelompokkan menjadi junk food karena mengandung karbohidrat dan lemak yang tinggi, tapi sangat rendah vitamin, protein, serat, dan mineral.

Tak hanya itu, mie instan juga dinilai mengandung garam atau natrium yang tinggi di dalamnya. Nah, hal ini yang dapat bermasalah pada kesehatan Moms dan perkembangan janin di kandungan.

Lantas, bolehkah ibu hamil makan mie instan menurut para ahli?

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan, pentingnya membatasi pengonsumsian garam saat hamil karena meningkatkan risiko gangguan hipertensi saat kehamilan.

Jika Moms terlalu banyak makan mie instan, maka dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, yang bisa mengakibatkan komplikasi kehamilan seperti preeklamsia. Fatalnya, hal ini bisa membahayakan kondisi janin.

Jadi, sebaiknya hindari mengonsumsi mie instan secara berlebihan karena bisa berbahaya bagi kesehatan Moms serta perkembangan dan pertumbuhan janin di kandungan.

Moms bisa memilih camilan lain yang lebih sehat dikonsumsi selama kehamilan.

Baca Juga: Istri Mengidam Namun Tak Dituruti, Apa Dampaknya Bagi Nutrisi Ibu Hamil?

Bahan Mie Instan yang Berbahaya untuk Ibu Hamil

mie instan untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Ada beberapa bahan yang ada dalam mie instan yang dapat menimbulkan risiko pada pertumbuhan Si Kecil di dalam kandungan, jadi Moms tidak boleh memasukkannya ke dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Bolehkah ibu hamil makan mie instan? Jawabannya boleh namun tidak sering karena di antaranya ada bahan yang berbahaya, antara lain.

1. Maida

Maida merupakan tepung olahan yang tidak memiliki nilai gizi sama sekali karena kandungan nutrisinya sama sekali hilang selama proses pemurnian.

Bahan ini juga sulit dicerna dan akan tetap berada di dalam sistem pencernaan untuk jangka waktu yang lebih lama. Selain itu Maida juga rendah serat dan dapat menyebabkan sembelit pada ibu hamil.

2. Garam

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan, Apakah Bisa Akurat?

Foto: Orami Photo Stock

Mie mengandung banyak garam dan dapat memengaruhi kehamilan jika ibu hamil makan mie instan terlalu sering.

Dan terlalu banyak asupan natrium selama kehamilan bisa membuat tubuh ibu hamil rentan terkena hipertensi dalam jangka panjang.

Baca Juga: Riset Membuktikan, Berkumur dengan Air Garam Bisa Mengurangi Sakit Gigi Akibat Gusi Bengkak!

3. Bahan Pengawet

Mie instan memiliki pewarna buatan dan bahan tambahan perasa yang bertujuan untuk memperpanjang umur penyimpanan mie, namun hal ini dapat menghambat pertumbuhan bayi di dalam kandungan.

Moms mungkin pernah melihat bahan Tertiary butylhydroquinone (TBHQ) dalam mie instan. Apakah itu?

Ini adalah bahan kimia beracun yang digunakan sebagai pengawet pada mie instan. Selain mie, juga ditemukan pada makanan lain seperti kerupuk dan makanan beku.

Bahan satu ini merupakan turunan minyak bumi dan bahkan digunakan dalam cat, kosmetik, dan bahkan pestisida. TBHQ berbahaya bagi kesehatan anak, terutama jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

4. MSG

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan, Ketahui XX Hal Ini 5.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Monosodium Glutamat dikenal sebagai bahan umum di banyak jenis makanan, terutama camilan yang gurih. Bahan ini akan meningkatkan rasa produk, makanya digunakan dalam jumlah yang banyak dalam mie.

Meskipun ibu hamil dapat memproses MSG dalam jumlah kecil, jumlah besar di dalam tubuh dapat menimbulkan risiko bagi bayi di dalam kandungan. Jadi hindari mie dan makanan lain yang mengandung MSG ya Moms.

5. Lemak Trans

Lemak trans ditemukan dalam jumlah besar dalam makanan olahan, jenis bahan ini dapat meningkatkan kadar kolesterol selama kehamilan.

Oleh karena itu, sebisa mungkin jadikan ibu hamil makan mie instan sebagai pantangan, begitu juga dengan makanan olahan selama kehamilan.

Baca Juga:

Makanan Sehat Pengganti Mie Instan untuk Ibu Hamil

Setelah mengetahui penjelasan bolehkah ibu hamil makan mie instan, ada baiknya untuk mencari alternatif makanan tersebut Moms.

Daripada ibu hamil makan mie instan, lebih baik pilih makanan atau camilan yang lebih sehat dan bernutrisi.

Berikut beberapa makanan sehat pengganti mie instan untuk ibu hamil:

1. Apel dan Selai Kacang

Bumil Ingin Makan Mie Instan

Foto: momjunction.com

Untuk ibu hamil, direkomendasikan mengonsumsi dua kombinasi makanan dari kelompok yang berbeda.

Oleh sebab itu, camilan apel yang dioles dengan selai kacang akan menjadi camilan yang tepat untuk Moms yang sedang hamil.

Camilan ini mengandung protein, serat, dan lemak baik, sehingga bikin Moms jadi lebih kenyang.

Baca Juga: 5 Camilan Pengusir Diare untuk Ibu Hamil, Aman!

2. Yoghurt dan Buah-buahan

Agar Moms dan janin bisa mendapatkan kalsium tambahan, makanlah yoghurt rendah lemak setiap hari.

Kalau bisa, pilihlah varian greek yogurt, karena mengandung lebih banyak protein dibanding yoghurt biasa, sehingga lebih mengenyangkan.

Tambahkan buah-buahan dan kacang untuk tambahan protein dan serat, seperti beri-berian, peach, almond, serta kismis.

3. Cokelat

bolehkah-ibu-hamil-makan-mie-instan-pedas.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Tahukah Moms kalau cokelat bermanfaat bagi ibu hamil, karena bisa menurunkan risiko preeklamsia? Preeklamsia adalah kondisi yang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan kerusakan organ pada ibu hamil.

Moms dapat menggunakan buah yang dicelup ke cokelat cair agar tidak terlalu manis dan tetap bervitamin.

Puding cokelat dengan susu rendah lemak juga bisa menjadi pilihan untuk menambah kesehatan tulang bayi.

Baca Juga: Resep Mie Ayam Rumahan Praktis dan Enak

4. Kacang-kacangan

Kalau Moms suka camilan yang gurih dan manis, bisa coba campuran kacang dan buah kering.

Cari kacang dan buah kering yang tidak mengandung perisa, gula, dan garam tambahan ya. Kacang dan buah kering mengandung serat yang bisa membantu mencegah sembelit.

5. Smoothie

Smoothie Bayam Pisang.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Buatlah smoothie dengan campuran yoghurt atau susu untuk menambah kalsium. Lalu, tambahkan pisang atau stroberi.

Moms juga bisa mencampur bayam, wortel, atau seledri supaya smoothie semakin bervitamin dan berserat.

Kalau ingin smoothie yang berprotein, tambahkan satu sendok selai kacang. Rasa smoothie pun akan jadi lebih kental dan gurih.

Baca Juga: Resep Popcorn Karamel untuk Teman Ngemil Lezat

6. Popcorn

Bila Moms ingin camilan yang garing, popcorn dapat menjadi pilihan.

Namun, pastikan Moms tidak menggunakan tambahan butter, margarin, atau garam untuk menghindari asupan natrium yang berlebihan.

Nah Moms, sekarang jadi sudah tau kan bahwa ibu hamil makan mie instan sebenarnya boleh-boleh saja, tapi tidak dianjurkan terlalu banyak, dan sebaiknya diganti dengan makanan lain yang lebih sehat.

Selama mengonsumsi makanan sehat, pastikan sudah menjaga kebersihan dan keamanannya, ya, Moms.

Ingat juga untuk selalu memastikan makanan yang harus dimasak berada dalam tingkat kematangan yang sempurna.

7. Biskuit Keju

Mana yang Lebih Sehat Mentega atau Keju -2.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Keju adalah sumber kalsium, fosfor, dan seng yang hebat, dan kandungan protein dan lemaknya yang tinggi akan membantu Moms kenyang di antara waktu makan.

Biskuit keju atau camilan crackers bisa jadi pilihan untuk pengganti mie instan saat hamil. Rasa asin dan gurih dapat mengatasi rasa mual dan membuat kenyang.

8. Buah Beri

Buah beri seperti anggur ataupun strawberry bisa jadi camilan sehat di tengah kehamilan.

Anggur dan beri kaya nutrisi, seperti vitamin C dan vitamin K. Keduanya juga tinggi antioksidan, lho.

Moms juga bisa mencampur camilan sehat ini dengan kacang almond dan kismis sebagai penunjang sumber protein yang tinggi dan rendah lemak.

Cobalah makanan ini sebagai alternatif ibu hamil makan mie instan.

9. Salad

salad sehat.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Camilansalad ini adalah pembangkit energi yang kaya serat dan membantu melancarkan pencernaan.

Praktis dan mudah didapatkan bahan-bahannya.Tambahkan wortel, seledri, dan paprika yang sudah diiris sebelumnya.

Tambahkan kripik atau roti gandum untuk membuat salad sedikit gurih.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Tidur Miring ke Kanan? Berikut Penjelasannya

Itu dia Moms beberapa informasi yang harus Moms ketahui tentang mie instan untuk ibu hamil, dan bolehkah ibu hamil makan mie instan.

Apakah Moms masih ingin mengonsumsinya? Pastikan untuk tetap menjaga kesehatan buah hati kita ya Moms.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait