Trimester 1

9 Juli 2021

Sering jadi Perdebatan, Bolehkah Ibu Hamil Makan Nanas?

Mitos yang beredar, nanas bisa menyebabkan keguguran, benarkah?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Pernahkah Moms mendengar mitos nanas tidak boleh dikonsumsi ibu hamil? Disebutkan bahwa makan nanas akan menyebabkan keguguran. Terdengar berlebihan, tapi sebenarnya bolehkah ibu hamil makan nanas?

Saat hamil, Moms akan mendengar banyak masukan dan pendapat dari teman, anggota keluarga, dan bahkan orang asing yang bermaksud baik. Beberapa informasi tersebut sangat membantu, namun ada juga yang tenyata termasuk ke dalam mitos kehamilan.

Misalnya, saat Moms bertanya bolehkah ibu hamil makan nanas? Akan ada banyak jawaban untuk itu. Namun, beberapa informasi ilmiah ini akan membuat Moms kembali mempertimbangkan untuk tidak melewatkan buah yang lezat dan bergizi ini selama 9 bulan ke depan.

Baca Juga: 5 Mitos Seputar Keguguran

Mitos Memakan Buah Nanas saat Hamil

menyebabkan keguguran - sumber hipwee.jpg

Foto: hipwee.com

Ada beberapa mitos yang menyebabkan banyak Moms yang bertanya-tanya bolehkah ibu hamil makan nanas. Beberapa di antaranya yakni:

1. Menyebabkan Keguguran

Mitos yang beredar, nanas yang dimakan ibu hamil akan menyebabkan keguguran. Faktanya, nanas memang bisa menginduksi persalinan. Namun, itu benar-benar akan terjadi jika dikonsumsi dalam jumlah yang luar biasa besar dalam sekali makan.

Inilah yang banyak menjadi alasan adanya pertanyaan bolehkah ibu hamil makan nanas. Sebab, keguguran adalah momok yang sangat menakutkan bagi para ibu hamil.

Padahal, menurut keterangan yang dilansir dari BabyCentre, nanas mengandung enzim bromelain, yang dianggap membantu melunakkan leher rahim.

’’Logikanya adalah bahwa bromelain memecah protein– dan karena embrio muda Anda terdiri dari protein, konsumsi bromelain dapat menyebabkan perdarahan dan keguguran,’’ jelas penulis Rana Conway, yang menulis buku What to Eat When You’re Pregnant.

Meskipun bromelain dapat meningkatkan risiko keguguran, makan beberapa nanas segar tidak akan berpengaruh terhadap janin. Faktanya, mengonsumsi satu atau dua cangkir nanas segar setiap minggu selama awal kehamilan masih aman dan menyehatkan.

2. Memicu Kontraksi

Mitos seputar nanas yang kedua, bisa memicu kontraksi pada ibu hamil. Faktanya, selama trimester pertama sebaiknya memang hindari makan nanas.

Namun selama trimester kedua, Moms bisa makan sekitar 50 hingga 100 gram nanas dalam seminggu. Pada trimester ketiga, sekitar 250 gram nanas masih aman dikonsumsi dalam sehari.

Menurut situs BabyCenter, secangkir nanas segar memasok sekitar 79 miligram vitamin C.

Yaitu nutrisi yang mendorong produksi kolagen, yang membantu pertumbuhan kulit, tulang, tulang rawan, dan tendon bayi. Nanas segar yang dimaksud adalah yang sudah matang ya, Moms.

Perlu diingat, kelebihan nanas dapat menyebabkan kontraksi rahim. Maka, jumlah yang dikonsumsi harus diatur dengan hati-hati.

Moms juga dapat bertanya kepada dokter mengenai jumlah nanas yang bisa dimakan berdasarkan berat dan tinggi badan Moms.

3. Menyebabkan Cacat Lahir

Dilansir dari situs US Department of Health and Human Services , penyebab cacat lahir adalah genetik, kelainan kromosom, infeksi bakteri, atau terpapar obat-obatan kimia berbahaya.

Faktanya, tidak ada studi yang menyatakan mengonsumi buah nanas menyebabkan cacat lahir pada bayi. Artiya, informasi ini hanya mitos. Malah, mengosumsi nanas dengan porsi tepat bisa membantu Moms menghindari risiko bayi cacat lahir.

US Department of Agriculture (USDA) memberikan informasi terkait asupan yang ideal untuk ibu hamil,yakni harus terdiri dari lima kelompok makanan yakni sayur-sayuran, buah-buahan, protein, susu, biji-bijian.

Nanas masuk dalam kelompok buah yang membantu memberi janin vitamin dan mineral untuk tumbuh dan berkembang.

Nanas segar membantu Moms memberi sedikit zat besi, nutrisi yang diperlukan untuk produksi darah, serta folat, yang dapat membantu mencegah cacat lahir tertentu.

Baca Juga: Cara Mengatasi Trauma Pasca Keguguran

Bolehkah Ibu Hamil Makan Nanas?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Nanas -2

Foto: Orami Photo Stock

Melihat penjelasan di atas, jawaban dari pertanyaan bolehkah ibu hamil makan nanas tentu akan membuat Moms tersenyum cerah. Faktanya, hal tersebut diperbolehkan dan telah memiliki jawaban yang ilmiah.

Nanas termasuk dalam makanan sehat untuk ibu hamil seperti yang telah ditunjukkan oleh USDA. Sebab, nanas juga akan membantu memberi bayi banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berkembang.

USDA juga merekomendasikan agar ibu hamil mendapatkan sekitar 4,5 cangkir buah dan sayuran per hari di trimester pertama. Pada trimester kedua dan ketiga, jumlah yang disarankan melonjak menjadi 5 cangkir.

Satu cangkir nanas dapat mengandung hampir 100 persen dari asupan harian vitamin C yang direkomendasikan oleh Office of Dietary Supplements untuk ibu hamil.

Nanas juga merupakan sumber yang bagus dari:

  • Folat,
  • Besi,
  • Magnesium,
  • Mangan,
  • Zinc, dan
  • Vitamin b-6 (piridoksin),

Semua nutrisi yang dikandung oleh buah nanas ini penting untuk perkembangan bayi dan kesehatan Moms secara keseluruhan selama kehamilan.

Jika Moms ingin memasukkan nanas dalam makanan sehat selama kehamilan tetapi tidak tahu harus mulai dari mana, Moms dapat menambahkannya dengan beberapa cara berbeda, misalnya:

  • Masukkan potongan segar ke dalam yogurt dalam sarapan pagi,
  • Blender nanas beku menjadi smoothie,
  • Taruh nanas segar di panggangan untuk hidangan penutup musim panas yang sehat,
  • Tempatkan potongan besar di kebab dengan tambahan daging dan sayuran,
  • Potong nanas menjadi salsa,
  • Membuat es buah nanas,
  • Masukkan ke dalam tumisan atau buat pizza Hawaii

Selain nanas, tentunya ad banyak lagi buah-buahan yang bisa dimakan selama kehamilan. Cobalah untuk pergi ke supermarket atau pasar dan dapatkan beberapa pilihan buah yang segar.

Tergantung pada musim, ada begitu banyak jenis buah dan sayuran untuk dicoba. Beberapa pilihan buah dan sayur tersebut mungkin termasuk:

  • Apel,
  • Jeruk,
  • Kacang hijau,
  • Aprikot,
  • Mangga,
  • Ubi jalar,
  • Labu,
  • Bayam.

Jika Moms sedang terburu-buru namun tetap ingin mendapatkan nutrisi dari buah dan sayur, Moms bisa membeli buah dan sayuran beku, kalengan, atau kering karena dapat menjadi alternatif yang baik dari pada memakan junk food.

Baca Juga: Rainbow Baby, Bayi yang Lahir Pasca Keguguran

Apakah Ada Risiko Makan Nanas selama Kehamilan?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Nanas -3

Foto: Orami Photo Stock

Karena mengkonsumsi nanas mungkin tidak berbahaya atau membuat kontraksi hingga mengakibatkan keguguran, tetapi makan dalam jumlah besar dapat memiliki efek yang tidak nyaman. Hati-hati juga jika Moms memiliki perut yang sensitif.

Asam dalam nanas dapat menyebabkan mulas atau refluks. Untuk menghindari efek samping ini, sebaiknya konsumsi buah lezat ini dalam jumlah sedang.

Jika Moms biasanya tidak makan nanas dan mengalami gejala alergi apapun setelah memakannya, segera hubungi dokter dan berdiskusi.

Biasanya, tanda-tanda alergi meliputi:

  • Gatal atau bengkak di mulut,
  • Adanya reaksi kulit,
  • Asma,
  • Hidung tersumbat atau pilek.

Jika Moms alergi, reaksi ini biasanya akan terjadi dalam beberapa menit setelah makan nanas. Moms juga lebih mungkin alergi terhadap buah ini jika sebelumnya memiliki alergi terhadap serbuk sari atau lateks.

Meski jawaban dari pertanyaan bolehkah ibu hamil makan nanas diperbolehkan, tetap perhatikan porsi makannya dan pantau jika ada tanda alergi setelah memakannya.

  • https://www.healthline.com/health/pregnancy/pineapple
  • https://momlovesbest.com/pineapple-during-pregnancy
  • https://www.babycentre.co.uk/a567272/bringing-on-labour-an-overview
  • https://www.nichd.nih.gov/health/topics/birthdefects
  • https://www.nal.usda.gov/fnic/nutrition-during-pregnancy
  • https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminC-Consumer/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait