Trimester 1

28 Juni 2021

Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka? Ini Penjelasannya

Buah nangka yang rasanya manis dan nikmat, apakah aman dikonsumsi oleh ibu hamil?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Adeline Wahyu

Nangka, menjadi salah satu buah favorit karena rasanya manis, teksturnya lezat, dan aromanya juga yang kuat. Buah ini cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia dan kerap dijadikan camilan. Tetapi, Moms mungkin bertanya-tanya, bolehkah ibu hamil makan nangka?

Apalagi, seperti yang diketahui, ibu hamil harus teliti dalam memilih nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya.

Alasannya, segala yang dimakan atau minum bisa memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan.

Daripada mengira-ngira jawaban dari bolehkah ibu hamil makan nangka, yuk cari tahu apa saja manfaat dan risiko dari konsumsi nangka saat hamil berikut ini.

Baca Juga: Ibu Hamil Makan Rambutan, Bolehkah?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?

Ibu Hamil Makan Nangka, Amankah-1.jpg

Foto: momjunction.com

Bolehkah ibu hamil makan nangka?

Mengutip Mom Junction, nangka adalah salah satu dari banyak buah tropis yang dapat dinikmati, dan buah ini bisa menjadi camilan yang sangat baik untuk mengatasi rasa lapar selama kehamilan.

Menurut sebagian besar dokter kandungan, ibu hamil bisa makan hampir semua buah, termasuk nangka, dalam porsi sedang. Namun, beberapa wanita hamil ragu sebelum makan nangka karena mitos seputar konsumsinya sehingga mungkin bertanya, bolehkah ibu hamil makan nangka.

Sebenarnya, ibu hamil boleh mengonsumsi nangka, asalkan secukupnya dan Moms tidak memiliki riwayat alergi terhadap buah nangka.

Nangka justru bermanfaat bagi ibu hamil karena kaya akan nutrisi. Hal ini telah dijelaskan oleh dr. Merwin Tjahjadi, Sp.OG, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Pondok Indah – Bintaro Jaya.

"Nangka mengandung lemak jenuh, kolesterol, dan natrium yang sangat rendah. Hal ini membuat nangka menjadi salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi. Buah nangka juga mengandung asam folat, tiamin, niasin, riboflavin, vitamin C, dan vitamin A. Seiring dengan itu, sejumlah mineral seperti mangan, kalium, besi, dan kalsium juga ada di dalam buah nangka. Serat yang ada dalam buah nangka juga berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan," jelasnya.

Berikut ini beberapa manfaat dari buah nangka untuk ibu hamil.

1. Mengurangi Mual

Bolehkah ibu hamil makan nangka? Ternyata, Journal of Ethnic Foods menyebutkan, sumber makanan yang memiliki vitamin dan mineral terbaik untuk ibu hamil didapatkan dari sayuran dan buah-buahan.

Rutin mengonsumsi buah-buahan ternyata dapat mengurangi rasa mual dan baik untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin.

Nah, ketika hamil, sebenarnya aman saja untuk mengonsumsi buah nangka. Meskipun dapat dikatakan, buah ini memiliki aroma yang kuat, seperti halnya durian dan nanas.

Hal ini dikhawatirkan dapat membuat Moms justru menjadi mual dan memperparah morning sickness yang kerap dialami saat trimester pertama.

Namun, apabila Moms sudah tidak sering mual dan muntah lagi selama kehamilan, rasanya aman untuk mengonsumsi nangka asalkan tidak berlebihan jumlahnya setiap hari.

2. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Dilansir dari US Department of Agriculture, ada beberapa kandungan nutrisi untuk ibu hamil yang makan nangka.

Kandungannya di antaranya adalah protein, asam folat, berbagai jenis vitamin, kalsium, magnesium, dan zat besi.

Nangka yang kaya vitamin A, B, dan C membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini menurunkan risiko alami infeksi selama kehamilan.

3. Baik Bagi Tekanan Darah dan Tulang Ibu Hamil

Nangka juga menjadi sumber kalium yang baik sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Pada ibu hamil makan nangka dalam jumlah sedang, akan merasakan manfaat ini.

Kandungan magnesium dalam nangka dapat meningkatkan kesehatan tulang pada Moms dan janin di kandungan. Hal ini juga dapat menurunkan risiko osteoporosis.

Jadi, bolehkah ibu hamil makan nangka? tentu saja boleh Moms dalam porsi yang cukup.

Baca Juga: 9 Khasiat Buah Delima untuk Perencanaan Kehamilan

4. Kaya Akan Asam Folat

Tidak kalah penting, kadar folat dan zat besi dalam nangka juga mampu menormalkan kadar hemoglobin dan mencegah anemia.

Seperti yang sering diketahui pula, folat baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Ini menjadi manfaat lain ibu hamil makan nangka.

“Ibu hamil yang mengonsumsi asam folat setiap hari sebelum dan selama kehamilan dapat mengurangi risiko cacat tabung saraf, cacat lahir pada otak atau tulang belakang,” ujar Dr. Nancy C. Lee wakil asisten sekretaris kesehatan dari United States Department of Health and Human Services.

5. Membantu Melawan Rasa Kelelahan

Kehamilan bisa sangat melelahkan bagi seorang wanita, mungkin termasuk untuk Moms pula. Jika Moms sedang hamil, mungkin merasa malas atau lelah karena akan menopang bayi.

Mengutip Parenting First Cry, ibu hamil yang makan nangka akan merasakan manfaat dengan mendapatkan energi dan mencegah kelelahan.

6. Membantu Menurunkan Stres

Kehamilan sembilan bulan dapat dengan mudah membuat Moms stres, dan hal ini tidak baik untuk Moms atau Si Kecil. Jika merasa stres, Moms bisa bermeditasi atau mencoba yoga.

Bisa juga bagi ibu hamil makan nangka untuk menurunkan stres di masa kehamilan. Biji nangka sangat bermanfaat karena mengandung protein dan berbagai mikronutrien lainnya, yang membantu mengelola stres.

Tetapi, biji nangka harus dimakan matang, dan tidak mentah. Mengutip Science Direct, biji nangka mentah mengandung trypsin inhibitor, yang memperlambat atau menghambat pencernaan protein dalam tubuh.

Biji nangka yang sudah dimasak aman dikonsumsi. Ibu hamil yang ingin makan biji nangka bisa direbus atau dipanggang, yang membuatnya aman untuk dimakan.

7. Merangsang Pencernaan

Masalah yang berhubungan dengan sembelit dan pencernaan sering terjadi selama kehamilan.

Jika Moms juga mengalami masalah sembelit atau pencernaan, maka bisa mengonsumsi buah dan sayuran berserat seperti nangka untuk melawan masalah yang berhubungan dengan pencernaan.

Kandungan serat pada buah nangka dapat memenuhi hampir 10 persen dari asupan serat harian. Jika ibu hamil makan nangka akan membantu melancarkan buang air besar, meredakan sembelit, dan mengoptimalkan proses pencernaan.

8. Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi

Bolehkah ibu hamil makan nangka? boleh, karena buah nangka dapat memberi Moms asupan kalsium, seng, zat besi, beta-karoten, dan nutrisi lainnya.

Mineral ini dapat membantu pertumbuhan bayi dan juga merupakan sumber yang kaya dari berbagai vitamin, seperti vitamin A dan C, serta folat. Semua nutrisi ini membantu dalam pembentukan organ yang diperlukan bayi dalam kandungan.

9. Mengatasi Anemia

Kekurangan zat besi adalah masalah umum selama kehamilan dan bisa berdampak buruk bagi kesehatan bayi. Sel darah merah sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin yang optimal, itulah sebabnya ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan kaya zat besi.

Buah nangka, khususnya biji nangka, kaya akan zat besi, dan membantu memerangi anemia. Kandungan zat besi dalam biji nangka mampu mengoptimalkan produksi sel darah merah.

Oleh karena itu, Moms dapat menambahkan biji nangka dalam makanan harian karena merupakan sumber zat besi yang baik dan dapat menjaga kadar zat besi tetap terkendali.

Biasanya, biji nangka diolah dengan cara direbus dan ibu hamil harus mengonsumsi biji nangka dalam keadaan matang.

Namun, jika Moms mengonsumsi obat yang meningkatkan risiko pendarahan (seperti antikoagulan, obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen atau NSAID lainnya, aspirin atau obat antiplatelet), Moms harus menghindari makan biji nangka.

Hal ini karena dalam satu studi yang diterbitkan dalam Wiley Online Library menunjukkan bahwa nangka dapat memperlambat pembekuan darah

Baca Juga: Wajib Dikonsumsi, Ini 5 Daftar Makanan Sehat Ibu Hamil

Efek Samping Nangka untuk Bumil

efek samping ibu hamil makan nangka

Foto: Orami Photo Stock

Dalam Journal of Family Medicine and Primary Care, disebutkan ada pantangan mengenai konsumsi berbagai buah-buahan (pisang, pepaya, nangka, kelapa), sayur-sayuran (terung, sayur berdaun), daging, ikan, dan telur selama hamil.

Pantangan ini diikuti terutama untuk mencegah keguguran, mempercepat persalinan, dan mencegah malformasi janin.

Ibu hamil yang mengonsumsi buah nangka harus tetap memerhatikan batasan yang dimakan setiap harinya. Seperti halnya, jangan memakan sesuatu secara berlebihan.

"Meski memiliki segudang manfaat, tetap saja segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan, apalagi bagi yang memiliki riwayat alergi terhadap buah nangka. Mengonsumsi buah nangka dalam jumlah yang berlebihan dan terus-menerus juga dapat menyebabkan diare karena cenderung bertindak sebagai pencahar alami," kata dr. Merwin.

Nyatanya, ada beberapa efek samping yang dapat terjadi ketika mengonsumsi nangka secara berlebihan.

1. Bisa Menyebabkan Alergi

Journal Clinical of Allergy and Clinical of Immunology mengatakan, jika Moms merupakan ibu hamil yang belum pernah makan nangka, kehamilan bukanlah waktu yang tepat untuk bereksperimen.

Ini karena Moms sendiri juga tidak tahu apakah alergi terhadap buah nangka atau tidak.

Buah nangka juga memiliki serbuk sari birch dan lateks yang berisiko menyebabkan alergi.

Ada satu kasus nangka yang didokumentasikan secara medis oleh PubMed yang menyebabkan reaksi alergi pada individu yang alergi terhadap serbuk sari birch.

Sementara lateks, sebuah zat lengket yang menutupi daging nangka bisa menyebabkan anafilaksis.

2. Menyebabkan Sakit Perut

Bolehkah ibu hamil makan nangka? memang boleh, tetapi ibu hamil yang makan buah nangka secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan diare karena memiliki kandungan serat yang tinggi.

Baca Juga: 4 Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil

3. Menggumpalkan Darah

Jika memiliki kelainan darah, hindari selama kehamilan karena dapat meningkatkan pembekuan darah, mengutip buku Natural Standard Herb & Supplement Guide.

4. Meningkatkan Kadar Gula Darah

Kandungan gula alami yang melimpah, nangka dapat dengan mudah memengaruhi kadar gula darah. Oleh karena itu, ibu hamil makan nangka tidak tepat dikonsumsi bila menderita diabetes gestasional.

Beberapa wanita bahkan khawatir konsumsi nangka dapat memengaruhi kehamilan mereka dan menghindarinya sama sekali. Tetapi belum ada bukti ilmiah tentang ini.

Itulah beberapa efek samping jika ibu hamil makan nangka berlebihan. Jika pernah mendengar kabar bahwa nangka bisa menyebabkan keguguran, sebaiknya tidak perlu dipercaya.

dr. Merwin menegaskan, "Sejauh ini belum ada penelitian maupun literatur yang mengungkapkan bahwa ada kaitan antara konsumsi nangka dengan efek buruk terhadap kehamilan. Salah satu pemberitaan yang beredar disebutkan bahwa makan nangka dapat membuat ibu hamil keguguran. Padahal belum terbukti secara ilmiah kandungan dalam nangka yang dapat membuat keguguran. Dapat dikatakan informasi tersebut hanyalah mitos belaka. Yang terpenting, konsumsilah buah ini sewajarnya dan tidak berlebihan."

  • https://www.momjunction.com/articles/jackfruit-during-pregnancy_00355258/
  • https://sipakaril.ipb.ac.id/Files/33e7a905-a81c-495d-91c4-96eb40d0fa06/paper_33e7a905-a81c-495d-91c4-96eb40d0fa06.pdf
  • https://www.sciencedirect.com/topics/medicine-and-dentistry/trypsin-inhibitor
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6396620/
  • https://onlinelibrary.wiley.com/doi/pdf/10.1111/j.1398-9995.2004.00544.x
  • https://books.google.co.in/books
  • https://parenting.firstcry.com/articles/eating-jackfruit-during-pregnancy-is-it-safe/
  • https://www.pregnancyfoodchecker.com/can-pregnant-women-eat-jackfruit-is-it-safe/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/15461600/
  • https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1111/j.1541-4337.2012.00210.x
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait