Program Hamil

PROGRAM HAMIL
3 Juli 2018

Bolehkah Ibu Hamil Makan Seafood?

Ada beberapa seafood yang tidak aman untuk ibu hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Ibu hamil memang membutuhkan makanan sehat yang memiliki kandungan nutrisi untuk membantu tumbuh kembang janin. Ibu hamil membutuhkan protein, karbohidrat, lemak hingga kalsium dan zat besi.

Salah satu makanan yang sebenarnya dibutuhkan ibu hamil adalah seafood yang mengandung zat gizi, namun banyak yang khawatir bahwa seafood mengandung merkuri yang tentu dapat membahayakan pertumbuhan janin.

Lalu sebenarnya bolehkan ibu hamil makan seafood? Seafood apa yang aman bagi ibu hamil?

Tidak Semua Seafood Aman

mackerel toast 1400x919 mini 122c2485 5f8a 43e8 900a 2de4fd4c826c 0 1400x919

foto: realfood.tesco.com

Seafood, seperti ikan dan kerang, merupakan sumber protein, zat besi, dan seng yang sebenarnya sangatlah diperlukan bagi Moms dalam perkembangan janin.

Kebutuhan zat besi dan protein ini selain untuk mendukung pertumbuhan janin juga dapat membantu mencegah anemia saat hamil.

Seafood juga mengandung asam lemak omega-3, yang sangat diperlukan untuk perkembangan otak bayi, terutama pada trimester ketiga.

Meski demikian, sayangnya ada beberapa jenis seafood, seperti ikan predator yang mengandung kadar merkuri yang tinggi. Terlalu banyak merkuri dalam aliran darah dapat merusak perkembangan otak dan sistem saraf janin.

Ikan dengan merkuri yang tinggi adalah ikan hiu, ikan makarel raja, ikan tuna bigeye, ikan marlin, ikan todak atau pedang, dan ikan tuna sirip kuning.

Baca Juga: 5 Ikan yang Baik untuk Kesehatan Ibu Hamil 

Seafood yang Aman Bagi Ibu Hamil

recipes 01 easy living 24may13 bt

foto: houseandgarden.co.uk

Sebenarnya aman saja mengonsumsi seafood selama Moms mengetahui jenis seafood yang dimakan tak mengandung merkuri tinggi serta tak terkontaminasi polutan lainnya.

Sedangkan seafood dengan merkuri rendah yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil adalah cumi, kepiting, kerang, lobster, ikan lele, teri, sarden, salmon, tuna, trout, nila, dan tiram.

Supaya Moms tetap dapat makan seafood dengan aman selama hamil, hindari makan ikan dan kerang mentah, karena kemungkinan mengandung bakteri dan virus. Jangan lupa pula untuk selalu mengonsumsi seafood yang telah matang sempurna.

Masak ikan atau makanan laut lainnya dengan suhu internal 63° C untuk mengurangi risiko keracunan makanan. Ikan dimasak sampai berubah warna dan dagingnya dapat terpisah.

Sedangkan untuk udang dan lobster, masaklah hingga daging berubah warna menjadi agak keputihan. Untuk kerang dan tiram, masak hingga cangkangnya terbuka dan buang kerang atau tiram yang cangkangnya tidak terbuka.

Terakhir, pilih ikan segar dengan kualitas baik dengan ciri-ciri memiliki mata jernih, sisik utuh, aroma air garam segar, dan daging kenyal. Serta jangan lupa untuk menaruh ikan dalam freezer jika tidak segera dimasak ya, Moms.

Lebih hati-hati lagi dalam memilih seafood selama kehamilan ya, Moms!

(MDP)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait