Trimester 1

6 Maret 2021

Bolehkah Ibu Hamil Makan Timun? Temukan Jawabannya di Sini!

Supaya tidak salah informasi, simak ulasannya baik-baik berikut ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Bolehkan ibu hamil makan timun? Pertanyaan ini pasti sering muncul di benak Moms. Penasaran dengan jawabannya, simak ulasannya di bawah ini.

Sayuran dan buah adalah dua jenis sumber nutrisi yang paling disarankan untuk ibu hamil. Namun, agar ibu hamil terhindar dari risiko keracunan makanan atau terinfeksi bakteri yang berasa dari makanan, sayuran dan buah harus dipastikan kebersihannya.

Caranya adalah dengan memasak sayuran atau mengupas dan membersihkan kulitnya.

Ada salah satu sayuran yang paling sering dijadikan sebagai pelengkap dalam sajian makanan sehingga sering disajikan mentah, yakni timun. Sayuran satu ini mungkin bukan menjadi makanan yang paling digemari oleh orang-orang.

Namun bagi sebagian orang, buah timun ini adalah makanan yang menyegarkan dan bisa membantu menurunkan berat badan berkat kalorinya yang sangat rendah.

Namun, bolehkah ibu hamil makan timun? Keraguan makan timun bagi ibu hamil biasanya karena sayuran ini lebih sering disajikan mentah. Sehingga banyak yang khawatir, buah ini mengandung bakteri yang malah bisa mengganggu kehamilan.

Lantas, apakah timun aman dikonsumsi ibu hamil? Apa manfaat ibu hamil makan timun? Mari simak ulasannya berikut!

Baca Juga: 5 Pantangan Makanan di Awal Kehamilan, Bisa Berbahaya!

Bolehkah Ibu Hamil Makan Timun?

manfaat-timun-rebus.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Lantas, bolehkan ibu hamil makan timun? Jawabannya boleh. Ibu hamil boleh makan timun.

Timun secara botani diklasifikasikan sebagai buah, meskipun biasanya dianggap, disiapkan, dan dimakan seolah-olah mereka adalah sayuran. Mentimun tumbuh dari tanaman berbunga dataran rendah dan sebenarnya dianggap sebagai bagian dari keluarga squash.

Meskipun terdiri dari sekitar 90 persen air, mentimun juga mengandung banyak nutrisi bermanfaat yang meningkatkan kesehatan dan pemeliharaan banyak sel dalam tubuh.

Nutrisi yang ditemukan dalam mentimun dalam jumlah besar antara lain vitamin A, vitamin C, asam folat dan silika.

Selama hamil, Moms bisa makan timun dalam jumlah kecil, meski biasanya tidak terlalu dianjurkan selama kehamilan. Mengutip artikel dari Rush University Medical Center, timun tidak terlalu dianjurkan selama kehamilan karena buah satu ini diketahui bisa menyebabkan reaksi alergi, menyebabkan seseorang jadi lebih sering buang air kecil karena kandungan airnya yang tinggi, menyebabkan sendawa, dan gangguan pencernaan.

Namun, kamu juga berdiskusi dengan dokter kehamilan mengenai keamanan konsumsi timun saat hamil. Ini karena mentimun sebetulnya juga tetap memberikan manfaat selama kehamilan.

Sejauh ini pun tidak ada bukti ilmiah yang menyebutkan bahwa konsumsi timun bisa menyebabkan keguguran. Meski demikian, tambahkan timun ke dalam konsumsi harian selama kehamilan dalam jumlah kecil.

Jika Moms merasa baik-baik saja, Moms bisa menambahkan beberapa potong lagi tetapi jangan berlebihan.

Mentimun tidak sepenuhnya buruk untuk kesehatan, dan itu semua tergantung pada kondisi medis dan kesehatan yang Moms alami. Yang terpenting, pilih varietas timun organik untuk memastikan Moms makan timun yang sehat.

Baca juga: Hb Rendah saat Hamil, Konsumsi 3 Makanan Ini

Manfaat Ibu Hamil Makan Timun

Adakah Manfaat Makan Timun Selama Hamil

Foto: Orami Photo Stock

Berdasarkan nutrisi di dalamnya, berikut ini adalah manfaat ibu hamil makan timun yang perlu Moms ketahui. Berikut ulasannya.

1. Vitamin A

Manfaat ibu hamil makan timun yang pertama adalah kandungan vitamin A yang penting untuk kesehatan dan pemeliharaan kulit. Vitamin A akan menjaga kelembapan membran sel dan mencegah kerusakan sel.

Kelembaban ini juga menghambat potensi infeksi yang disebabkan oleh beberapa virus dan bakteri yang rentan terjadi selama kehamilan. Meskipun wanita hamil rentan terhadap defisiensi vitamin A, namun menurut World Health Organization (WHO), kerentanannya paling tinggi selama trimester ketiga kehamilan.

Ini karena bayi di dalam kandungan mengalami percepatan perkembangan dan peningkatan fisiologis volume darah selama periode ini.

Tak hanya itu saja, vitamin A juga melindungi tubuh Moms dari beberapa jenis kanker dengan cara menghambat produksi DNA dalam sel kanker.

Sebagian besar vitamin A dalam mentimun terkandung di kulit luarnya. Oleh karena itu, untuk mendapatkan khasiat vitamin A secara utuh, kulit mentimun sebaiknya tetap dibiarkan.

Untuk memastikan keamanannya, Moms harus memastikan untuk mencuci bersih terlebih dahulu mentimun sebelum dimakan.

2. Vitamin C

Manfaat ibu hamil makan timun yang selanjutnya adalah kandungan vitamin C. Vitamin C atau yang juga disebut asam askorbat, merupakan antioksidan yang efektif dan dapat ditemukan berlimpah di dalam mentimun.

Vitamin C membantu mendukung dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, yang dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit. Vitamin C juga akan mengurangi risiko anemia defisiensi zat besi selama kehamilan.

Secara umum, vitamin C juga bisa dikatakan sebagai kunci perkembangan fisik bayi yang optimal. Ia membantu produksi kolagen, yang mendukung pertumbuhan normal, jaringan sehat, dan penyembuhan luka. Ia mendukung sistem kekebalan bayi dan membantu bayi menyerap zat besi dan membangun simpanan untuk digunakan nanti.

Melansir jurnal yang dipublikasikan U.S. Library of Medicine, konsumsi vitamin C yang cukup akan mencegah ibu hamil masuk ke rumah sakit akibat anemia, dan infeksi saluran pernapasan atas atau bawah.

3. Asam Folat

Manfaat ibu hamil makan timun yang selanjutnya adalah asam folat. Asam folat adalah bagian dari kelompok vitamin B kompleks dan penting dalam produksi sel darah merah dalam tubuh. Kadar asam folat yang rendah dapat menyebabkan anemia jenis tertentu, atau jumlah sel darah merah yang rendah.

Centers for Diseases Control and Prevention (CDC) mendesak semua wanita usia subur untuk mengonsumsi 400 mikrogram (mcg) asam folat setiap hari yang berasal dari makanan sehat. Pasalnya, selama perkembangan awal kehamilan, asam folat membantu membentuk tabung saraf.

Asam folat sangat penting karena dapat membantu mencegah beberapa cacat lahir utama pada otak bayi (anencephaly) dan tulang belakang (spina bifida).

CDC juga merekomendasikan agar mulai mengonsumsi asam folat setiap hari selama setidaknya satu bulan sebelum merencanakan kehamilan, dan setiap hari saat hamil.

Namun, CDC juga merekomendasikan agar semua wanita usia subur mengonsumsi asam folat setiap hari. Saat sudah melahirkan dan masih menyusui pun, Moms tetap wajib memenuhi asupan asam folat, setidaknya 500 mcg sehari.

4. Silika

Manfaat ibu hamil makan timun yang selanjutnya adalah silika. Mentimun juga merupakan salah satu sumber senyawa yang disebut silika. Senyawa ini adalah mineral yang tidak umum di banyak makanan, tetapi ditemukan dalam kadar tinggi di dalam mentimun.

Silika berkontribusi pada pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan ikat di seluruh tubuh. Ia juga berfungsi untuk pembentukan kolagen di dalam tubuh.

Mineral satu ini juga sangat berguna selama kehamilan karena ia dapat mendukung respon imun, dan membantu mengontrol peradangan dalam tubuh.

Baca Juga: 6 Makanan Pencegah Anemia untuk Ibu Hamil

Bahaya Ibu Hamil Makan Timun

Meski bermanfaat, tetap saja konsumsi terlalu banyak timun juga memiliki sisi negatif. Beberapa efek negatif ibu hamil makan timun antara lain:

  • Membuat perut jadi kembung karena timun memicu pembentukan gas dan gangguan pencernaan.
  • Kandungan air berlebih pada mentimun bisa meningkatkan frekuensi buang air kecil yang bisa membuat ibu hamil tidak nyaman.
  • Terkadang, mentimun bisa menimbulkan reaksi alergi yang mengakibatkan gatal dan bengkak.
  • Mentimun mengandung zat beracun seperti cucurbitacins dan tetracyclic triterpenoids, yang bertanggung jawab atas rasa pahit dan mengancam jiwa jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih.

Baca Juga: Kelebihan Asam Folat saat Hamil, Ini Efeknya

Tips Mengolah Timun untuk Ibu Hamil

Buah timun tinggi vitamin K

Foto: Orami Photo Stock

Jika dokter sudah memberikan lampu hijau untuk ibu hamil makan timun, inilah saatnya menikmati manfaatnya. Berikut adalah beberapa tip menyiapkan timun untuk hidangan yang lezat seperti dikutip dari FirstCry.com.

1. Cuci sampai bersih

Pastikan Moms menghilangkan bahan kimia, kotoran, dan debu yang menyertai mentimun. Jangan memakannya langsung dari kotak (atau berbelanja!) Cuci dan bersihkan sebelum makan.

2. Gabungkan dalam Salad dan Smoothie

Mentimun adalah tambahan yang bagus untuk salad dan jus Anda. Jika Anda minum detox smoothies atau shake, Anda bisa menambahkannya ke dalamnya.

3. Makan Mentah

Tambahkan sedikit garam dan dinginkan selama 30 menit. Jika Anda memakan mentimun mentah, ini adalah cara menikmati timun klasik!

4. Gunakan Mereka di Sandwich

Timun dan sandwich tomat, siapa saja? Anda bahkan dapat mengukus mentimun dan menyantapnya bersama makanan panggang dan camilan lezat lainnya. Chaat dan makanan ringan juga bisa digunakan.

5. Gunakan Blender

Jika Anda berencana membuat jus timun, ambil blender dan campur dengan buah-buahan lain dan sayuran lezat untuk membuat smoothie yang menggoda.

Olahan Timun untuk Ibu Hamil

Jika dokter mengizinkan Moms untuk mengonsumsi timun, maka Moms bisa menikmati manfaatnya dengan memasukkannya ke dalam makanan. Cara terbaik mengonsumsi mentimun antara lain:

1. Salad

Salad Mentimun

Foto: unileversolutions.com

Olahan timun untuk ibu hamil yang pertama adalah salad. Campurkan mentimun dengan tomat, bawang bombay atau sayuran lainnya dengan sedikit minyak zaitun, garam, cuka, dan merica.

Moms juga bisa membuat salad yang enak dengan menggabungkan ketimun, zaitun hitam, adas cincang, alpukat, dan selada. Rasanya enak dengan tambahan garam, minyak zaitun, dan jus lemon.

2. Sandwich

Sandwich Mentimun

Foto: cdkitchen.com

Olahan timun untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah sandwich. Potong irisan tipis mentimun dan taruh di antara dua potong roti bersama dengan mentega tawar, daun mint cincang, dan keju krim asam. Ini adalah camilan yang ideal nan sehat untuk dinikmati bersama secangkir teh hijau atau mint.

3. Es Timun Serut

Es Timun Serut

Foto: humas.bandung.go.id

Olahan timun untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah es timun serut. Saat cuaca sedang panas, Moms pasti menginginkan minuman yang segar. Es timun serut bisa menjadi salah satu pilihan yang nikmat dan untungnya sangat mudah untuk dibuat.

Moms hanya perlu menyerut timun hingga halus dan mencampurnya dengan air gula, nata de coco, biji selasih, sirup melon, batu es, dan air. Rasanya yang segar pasti akan segera menghilangkan dahaga setelah seharian beraktivitas.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil, Mencegah Anemia Salah Satunya!

Itulah ulasan mengenai pertanyaan bolehkah ibu hamil makan timun dan beberapa manfaat yang bisa Moms dapatkan jika makan timun saat hamil.

Namun, pastikan untuk selalu menjaga asupannya agar tidak berlebihan dan mencucinya hingga bersih sebelum dimakan supaya tidak memicu penyakit.

Produk Rekomendasi

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait