Kehamilan

KEHAMILAN
10 September 2020

Bolehkah Ibu Hamil Minum Es? Ini Penjelasan Ahli!

Apakah benar minum air es berbahaya untuk ibu hamil?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Menjaga tubuh tetap terhidrasi itu penting bagi kesehatan, terlebih lagi pada ibu hamil. Faktanya, kasus dehidrasi yang terjadi ibu hamil memang bisa membahayakan kesehatan.

Pentingnya minum air putih yang cukup setiap harinya menjaga agar kesehatan Moms tetap fit dan perkembangan janin di kandungan tidak mengalami hambatan.

Tetapi, pada suatu waktu, Moms mungkin bertanya-tanya, bolehkah ibu hamil minum es? Hal ini pun menjadi sebuah topik perdebatan tersendiri, mengenai suhu air minum yang bisa dikonsumsi ibu hamil.

Jadi, bolehkah ibu hamil minum es? Cari tahu penjelasannya berikut ini, Moms.

Baca Juga: Ibu Hamil Minum Soda, Ketahui 5 Bahayanya!

Bolehkah Ibu Hamil Minum Es?

Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Es-1.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Moms mungkin bertanya-tanya, bolehkah ibu hamil minum es? Faktanya, minum air es aman untuk kesehatan ibu hamil. Kehamilan adalah perpanjangan dari tubuh fisiologis dan bukan merupakan jenis penyakit yang harus ditakuti.

Jadi, apabila sebelum hamil Moms sudah biasa untuk minum air es, maka tetap dapat melakukannya saat hamil.

“Hal yang jadi perhatian ketika ibu hamil minum air es yang dicampurkan dengan minuman bersoda atau minuman manis terlalu banyak. Pasalnya, kelebihan mengonsumsi kafein dan gula memang berdampak buruk pada kesehatan ibu hamil,” ungkap Dr. Sangeeta Pikale, konsultan ginekolog dan dokter kandungan dari Mumbai, India.

Dalam American Journal of Preventive Medicine, diteliti mengenai bagaimana asupan gula ibu hamil, serta gula pada masa awal kehidupan janin, dapat memengaruhi fungsi otak anak.

Pada Cleveland Clinic, disebutkan bahwa ibu hamil yang terlalu banyak mengonsumsi gula dan soda selama kehamilan, bisa memengaruhi anak mengalami kelebihan berat badan dari yang seharusnya.

Bahkan, hal ini bisa berdampak pada kemampuan kognitif anak yang buruk serta terhambatnya kemampuan non-verbal untuk menyelesaikan masalah.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Lemon?

Ibu Hamil Minum Es Bikin Sakit Perut?

Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Es-2.jpg

Foto: nbcnews.com

Selain mengetahui jawaban dari bolehnya ibu hamil minum es, ada juga mitos satu ini yang mungkin sering Moms dengar, ya. Katanya, ibu hamil yang minum air es akan rentan mengalami sakit perut hingga terjadi sembelit.

Perlu diketahui, sembelit memang salah satu keluhan yang umum dialami ibu hamil. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari perubahan hormon yang terjadi saat masa kehamilan.

Namun, minum air es bukan pemicu terjadinya sakit perut pada ibu hamil karena sampai saat ini belum ada studi ilmiah yang membuktikan hal tersebut.

Hal yang perlu diwaspadai adalah ketika Moms tidak merebus air putih sebelum meminumnya. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko terkena infeksi bakteri karena ibu hamil umumnya memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah.

Selain itu, lebih baik Moms membuat sendiri air es di rumah. Faktanya, es yang dibeli dari luar sangat rentan terpapar bakteri apabila tidak higienis.

Nah, hal ini yang meningkatkan risiko terkena infeksi bakteri yang bisa menyebabkan perut Moms menjadi sakit.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Tebu?

Apa Manfaat Ibu Hamil Minum Air Es?

bolehkah ibu hamil minum es-1

Foto: Orami Photo Stock

Moms, ada beberapa fakta yang mengejutkan serta mampu menghempaskan soal ibu hamil minum es yang mungkin bisa membantu untuk memberikan penjelasan atas mitos yang simpang siur hingga saat ini.

Nyatanya, bahkan minum es dapat memberikan beberapa manfaat bagi ibu hamil. Apa saja? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

1. Minum Es Dapat Mencegah Kepanasan

Moms yang sedang menjadi ibu hamil tentu akan mengalami rasa panas karena peningkatan hormon. Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa minum air dingin mencegah tubuh dari kepanasan serta membantu Moms tetap terhidrasi.

Melansir dari The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, ibu hamil minum es bahkan masih jauh lebih baik daripada mengonsumsi minuman manis yang perlu dihindari, agar tidak terkena diabetes pada masa kehamilan.

2. Tidak Menyebabkan Penyakit Pernapasan

Terkait bolehkah ibu hamil minum es, beberapa orang percaya jika ibu hamil minum es akan memiliki kemungkinan bayi terkena pneumonia, asma, serta banyak penyakit pernapasan lainnya.

Banyak orang percaya bahwa jika orang hamil minum air dingin, bayi memiliki kemungkinan lebih tinggi terkena pneumonia, asma, serta banyak penyakit pernapasan lainnya.

Tetapi, keyakinan ini benar-benar tidak memiliki dasar, karena tidak ada hubungan langsung antara usus dan rahim, dan segala sesuatu yang diteruskan ke bayi melewati plasenta.

Terlebih lagi, saat cairan es semakin dekat dengan bayi, maka akan menghangat hingga mencapai suhu tubuh. Jadi tidak ada alasan untuk percaya bahwa ibu hamil minum es bisa membahayakan janin.

3. Mungkin Membuat Janin Aktif Bergerak

Ketika Moms hamil dan janin mulai bergerak di dalam perut, ini benar-benar perasaan terbaik yang bisa dirasakan. Moms dapat merasakan bagaimana Si Kecil tumbuh, dan tentu saja, Moms ingin janin di dalam kandungan bergerak lagi.

Beberapa orang mengatakan bahwa untuk menciptakan suasana yang baik dan membuat janin bergerak, Moms dapat bersantai dalam suasana hening.

Dikutip dari Intermountainmoms, ada beberapa ibu hamil minum banyak air es untuk membuat bayi mereka bergerak dalam perut mereka.

Minum es membuat bayi dalam perut ibu bergerak karena bagian dalam perutnya hangat, dan air dingin menciptakan semacam kontras di dalam rahim.

Namun, itu tidak terjadi pada semua wanita dan bayi setiap saat. Terkadang minum segelas air dapat berkontribusi untuk kesejahteraan Moms dan merangsang gerakan janin di dalam kandungan.

Walaupun dapat memberikan manfaat beragam. Ibu hamil minum es tidak dapat terus dilakukan, hal ini karena membuat ibu hamil rentang terhadap infeksi seperti pilek dan radang selaput lendir pada saat kekebalan rendah.

Baca Juga:Benarkah Minum Es Saat Hamil Bikin Bayi Jadi Besar? Ini Kata Ahli!

Bolehkah Ibu Hamil Minum Es Kopi?

bolehkah ibu hamil minum es kopi

Foto: Orami Photo Stock

Ibu hamil minum es kopi mungkin juga termasuk pembahasan yang masih menjadi pro dan kontra. Ada sebagian mengatakan tak boleh, namun ada yang bilang boleh asalkan sesuai takaran.

“Ya, Anda masih dapat menikmati secangkir kopi setiap saat selama kehamilan Anda. Pastikan Anda tidak mengonsumsi lebih dari 200 mg kafein dalam sehari. Itu sekitar dua cangkir kopi instan atau satu cangkir kopi filter,” ujar Sarah Schenker, pakar diet, sebagaimana dikutip dari babycentre.co.uk.

Jika Moms secara teratur mengkonsumsi lebih dari 200mg kafein sehari saat sedang hamil, Moms akan memiliki risiko lebih tinggi untuk memiliki bayi dengan berat badan lahir rendah.

Bayi yang lahir dengan berat badan lahir rendah berisiko tinggi mengalami masalah kesehatan seiring anak bertambah tua.

Selain itu, ibu hamil minum es kopi atau banyak kafein secara rutin dan berulang selama kehamilan meningkatkan risiko keguguran. Namun risikonya masih rendah.

Batas 200mg ini mencakup semua sumber kafein, jadi tidak hanya kopi, Moms juga harus menghitung porsi minum teh (termasuk teh hijau), soda, minuman berenergi, dan cokelat.

Berhati-hatilah saat keluar untuk minum kopi karena kedai kopi favorit cenderung menyajikan minuman yang jauh lebih kuat daripada yang Moms buat di rumah.

Kandungan kafein dari espresso, dan kopi berdasarkan espresso, seperti cappuccino, putih rata dan latte, dapat bergantung pada setiap warung atau toko kopi.

Begitu juga dengan ibu hamil minum es kopi. Tak ada masalah dengan konsumsi minuman dingin, selama Moms tidak dalam kondisi sedang sakit yang justru akan memperparah kondisinya.

Ingat pula kandungan gula di dalam kopi sebab ibu hamil berisiko mengalami preeklamsia karena tekanan darah tinggi. Salah satu faktornya adalah terlalu banyak konsumsi gula.

Baca Juga: Kadar Gula Darah Pengaruhi Peluang Hamil?

Bolehkah Ibu Hamil Minum Es Teh?

bolehkah ibu hamil minum es teh

Foto: Orami Photo Stock

Selain bertanya bolehkah ibu hamil minum es, Moms mungkin mengalami kebingungan tentang ibu hamil minum minuman es lainnya seperti kopi dan teh.

Terutama, minum segelas es teh di hari yang panas serta terik, tentu dapat menjadi minuman menyegarkan. Tapi, bolehkah ibu hamil minum es teh yang sangat diminati ini?

Nyatanya, Moms yang sedang hamil boleh minum es teh dengan catatan, es teh ini merupakan buatan sendiri dengan sedikit gula atau madu.

Moms dapat minum tiga hingga empat cangkir teh, meskipun menurut Arizona Department of Health Services, Moms harus ingat bahwa tidak berlebihan selalu merupakan kunci kesehatan saat hamil yang baik.

Hindari mengonsumsi teh kemasan atau botol karena mengandung gula berlebih. Bahkan, minum es teh memberikan beberapa manfaat bagi ibu hamil, seperti hal-hal berikut ini.

1. Memberikan Kesegaran yang Instan

Segelas es teh adalah penyelamat ibu hamil karena membantu Moms untuk mengalahkan panas yang tak tertahankan.

Ini juga meringankan mual di pagi hari yang mengganggu Moms selama awal kehamilan. Wake Forest Baptist Health menerangkan kafein dalam es teh juga menawarkan dorongan energi secara instan.

Moms juga bisa menambahkan rasa mint, lemon, atau jahe untuk menyegarkan suasana hati jika ibu hamil minum es teh.

2. Sumber Antioksidan

Fluktuasi hormon selama kehamilan akan meningkatkan radikal bebas dalam tubuh. Ibu hamil yang minum es teh kaya akan antioksidan yang akan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Ini juga akan membantu mencegah kerusakan DNA.

3. Mengaktifkan Otak

Kikuk dan menjadi pelupa saat hamil tentu menyebalkan. Melansir dari Cleveland Clinic, diungkapkan bahwa ibu hamil es teh dapat mengaktifkan otak Moms dan tetap sehat sepanjang kehamilan.

4. Mencegah Kerusakan Gigi

Kehamilan dapat menyebabkan masalah mulut pada beberapa wanita. Minum es teh dapat mencegah dan mengurangi risiko gigi berlubang .

Baca Juga: 4 Minuman yang Harus Dihindari Saat Hamil, Moms Perlu Tahu

Apa Bahaya Dehidrasi bagi Ibu Hamil?

Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Es-3.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Moms, sebaiknya cukupkan hidrasi tubuh saat hamil dengan minum air yang cukup setiap hari.

Meskipun air es aman untuk ibu hamil, penting untuk diketahui bahwa perut bumil peka terhadap suhu. Lebih baik, hindari terlalu banyak minum air es atau minum dengan suhu yang terlalu panas.

Sebenarnya, kondisi akan menjadi berbahaya ketika ibu hamil mengalami dehidrasi. Dehidrasi bisa berakibat fatal untuk kesehatan Moms dan janin di dalam kandungan.

Menurut American Pregnancy Association, dehidrasi saat kehamilan bisa mengakibatkan komplikasi serius, bahkan termasuk cacat tabung saraf, cairan ketuban rendah, produksi ASI yang tidak memadai, hingga bisa terjadinya persalinan prematur.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait