Kehamilan

KEHAMILAN
2 April 2020

Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Lemon?

Minum air lemon saat hamil ternyata bisa meredakan mual dan muntah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sebagai calon ibu tidak diragukan lagi Moms dipenuhi dengan kegembiraan dan kegugupan tentang keberadaan Si Kecil dalam kandungan.

Moms pun mungkin mendapatkan segala macam saran dari para ibu veteran tentang apa yang harus dimakan dan tidak untuk menjaga kesehatan diri serta bayi.

Nah, rasa dan aroma lemon yang menyegarkan dikenal rasanya membuat Moms tertarik untuk meminumnya saat kehamilan.

Selain itu, satu lemon mentah tanpa kulitnya mengandung hampir 17 kalori dan tinggi vitamin, mineral seperti niasin, kalsium, magnesium, folat, vitamin C, B6, dan riboglavin.

Baca Juga: 5 Cara Alami Mengatasi Ketombe Menggunakan Lemon, Yuk Dicoba!

Bolehkah Ibu Hamil Minum Air Lemon?

air lemon.jpg

Menurut Institute of Medicine, Moms membutuhkan lebih dari 12 gelas air sehari untuk tetap terhidrasi, membantu sirkulasi nutrisi ke Si Kecil dalam kandungan yang sedang tumbuh serta mencegah sembelit.

Sementara cairan apapun diperhitungkan dalam kebutuhan harian seperti susu, sup, dan cairan yang ditemukan dalam buah-buahan favorit Moms. Lalu, bolehkah ibu hamil minum air lemon sebagai asupan cairan harian?

Jika Moms kesulitan minum air putih, minum air lemon saat hamil dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan harian Anda.

Pertimbangkan untuk minum air lemon bersama makanan untuk membantu Moms mendapatkan sedikit vitamin C tambahan untuk membantu penyerapan zat besi dari makanan.

Namun, jika Moms menderita mulas, air lemon saat hamil dapat memperburuk gejala maka mungkin lebih baik dengan air putih.

Manfaat Minum Air Lemon untuk Ibu Hamil

Selain sebagai bentuk hidrasi, berikut ini manfaat lain dari ibu hamil minum air lemon:

1. Redakan Mual dan Muntah

ibu hamil merasakan mual

Foto: Orami Photo Stock

Menurut sebuah jurnal yang diterbitkan oleh American College of Nurse-Midwifery, mengonsumsi lemon dapat membantu meredakan mual dan muntah yang mengganggu selama kehamilan.

2. Hindari Hipertensi

Hipertensi

Foto: Orami Photo Stock

Satu studi International Journal of Advanced Research (IJAR) yang dilakukan pada sekelompok kecil ibu hamil menunjukkan bahwa air lemon dengan kandungan vitamin C-nya mengurangi hipertensi yang disebabkan kehamilan.

Kandungan vitamin C dalam lemon mungkin memperkuat pembuluh darah dan mungkin berperan dalam mengurangi tekanan darah tinggi.

Baca Juga: 4 Manfaat Lemon Untuk Kecantikan

2. Pencernaan

Ibu hamil sakit perut

Foto: Orami Photo Stock

Sangat normal ibu hamil untuk menderita masalah pencernaan. Air lemon adalah obat lama yang dapat membantu gangguan pencernaan.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Air lemon

Foto: Orami Photo Stock

Air lemon dipercaya dapat membantu mencegah infeksi umum seperti flu biasa, flu, dan beberapa jenis demam.

The Pan African Medical Journal mengungkapkan kandungan vitamin C dalam lemon dapat membantu meningkatkan mekanisme pertahanan alami tubuh dan memerangi bakteri dan virus .

4. Kesehatan Tulang

Ilustrasi tulang

Foto: Orami Photo Stock

Linus Pauling Institute mengungkapkan referensi asupan harian (RDI) kalsium dan magnesium dalam kehamilan masing-masing adalah 1.000 dan 350 mg per hari.

Air lemon menawarkan sekitar 26 mg kalsium dan 8mg magnesium per 100 gram. Dengan demikian dapat meningkatkan kesehatan dan perkembangan tulang Moms dan bayi.

Baca Juga: Minum Lemon, Yuk!

Ada bukti ilmiah terbatas yang menunjukkan bahwa mengonsumsi lemon memiliki manfaat spesifik selama kehamilan, tetapi jus lemon segar dalam jumlah sedikit dapat menawarkan peningkatan vitamin, nutrisi, dan hidrasi dengan beberapa manfaat kesehatan pelindung.

Namun, Moms harus berhati-hati dalam mengonsumsi terlalu banyak lemon, produk, makanan, dan minuman yang mengandung lemon karena kandungan asamnya dapat merusak gigi atau memperparah gejala refluks asam, seperti mulas.

Seperti biasa, diskusikan pola makan Moms dan masalah lemon dengan bidan atau dokter kandungan, yang dapat membantu dengan aman menavigasi perairan pilihan makanan yang terkadang membingungkan selama kehamilan.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait