Program Hamil

5 Agustus 2021

Bolehkah Ibu Hamil Tidur terlentang? Cari Tahu Jawabannya di Sini!

Pilih posisi berbaring atau tidur yang nyaman ketika hamil, posisi telentang bisa berdampak buruk.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Bolehkah Ibu Hamil Tidur terlentang?

Ada berbagai pendapat mengenai posisi ridur ibu hamil. Nah, kalau Moms, apa posisi favorit ketika tidur? Mungkin ada yang suka telentang, miring, atau bahkan tengkurap. Namun, pada saat hamil, beberapa posisi tidur bisa membuat kita jadi tidak nyaman.

Pasalnya, perut semakin besar dan otomatis posisi pun harus menyesuaikan agar tidur dan istirahat Moms tetap optimal sekaligus tak mengganggu janin dalam rahim.

Seperti kita tahu, sekitar 78% ibu hamil mengalami gangguan tidur dan tak bisa istirahat karena mengalami berbagai perubahan fisik dan psikis yang membuat tak nyaman.

Di antaranya, ibu hamil sering buang air kecil, kelelahan, sakit maag bahkan insomnia. Beberapa ibu hamil juga mengalami sesak napas dan sakit punggung. Permasalahan-permasalahan tersebut membuat tidur jadi tidak nyenyak.

Makanya kadang Moms berpendapat kalau tidur telentang dapat meluruskan sakit punggung atau linu di sendi-sendi.

Lalu, bolehkah ibu hamil tidur terlentang? Simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: Ternyata Ini Pentingnya Tidur Siang untuk Ibu Hamil

Bolehkah Ibu Hamil Tidur Terlentang?

closer

Foto: closer.com

Jadi, bolehkah ibu hamil tidur terlentang? Jika Moms tidur telentang, sebenarnya aman-aman saja selama di trimester pertama.

Namun, ketika trimester kedua, rahim akan semakin besar, sehingga sebaiknya Moms memilih posisi tidur yang lain.

Kenapa tak boleh telentang? Ketika ibu hamil tidur terlentang, maka rahim dapat menekan vena (pembuluh darah) utama yang berperan mengembalikan darah dari tubuh bagian bawah ke jantung.

Posisi vena tertekan ini dapat menimbulkan sakit punggung, masalah pernapasan, masalah pencernaan, tekanan darah rendah, dan wasir.

Tidur atau berbaring telentang dalam waktu lama bisa membuat Moms merasa pusing.

Bahkan, bisa mengganggu aliran darah dan asupan gizi ke plasenta serta janin yang sedang berkembang. Sirkulasi darah dari jantung ke janin juga bisa menurun.

Permasalahan bisa lebih parah bila Anda memiliki riwayat penyakit seperti tekanan darah tinggi atau diabetes karena akan memengaruhi kuantitas oksigen dan zat gizi yang didapat janin.

Efek buruk atau bahaya ibu hamil tidur telentang tidak akan langsung muncul hanya karena ibu hamil tidak sengaja tidur dalam posisi ini selama 1–2 jam.

Meski demikian, sebaiknya hindari ibu hamil tidur telentang, apalagi bila ukuran perut Moms sudah cukup besar, karena posisi ini bisa menimbulkan beberapa keluhan seperti yang telah disebutkan di atas.

Baca juga: Posisi Tidur yang Baik Bagi Ibu Hamil

Posisi Tidur yang Disarankan

pregnant-woman-sleeping-on-side.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Melansir Healthline, untuk menghindari hal yang tak diinginkan, sebaiknya Moms coba posisi tidur miring pada salah sisi tubuh, atau posisi duduk bersandar saat sedang beristirahat.

Jika Moms berbaring dengan posisi tubuh miring, coba taruh bantal di kepala, di belakang punggung, atau di depan dada.

Upaya ini dapat menghindari risiko sesak napas, nyeri punggung dan sekaligus menunjang perut yang terus membesar. Bantal di antara kaki kita juga bisa membantu membuat tidur lebih nyaman.

Kondisi tersebut juga bisa berdampak pada sirkulasi darah ke jantung, sehingga menurunkan aliran darah ibu hamil dan janin.

Selain itu, tekanan pada usus dan pembuluh darah akibat ibu hamil tidur telentang juga mungkin dapat menyebabkan munculnya beberapa keluhan, seperti:

Riset menunjukkan bahwa sebaiknya ibu hamil mulai tidur dengan posisi miring di sepanjang kehamilan. Ini bertujuan agar proses pernapasan tetap baik dan mengurangi tekanan pada rahim.

Sedangkan mengutip Kids Health, beberapa dokter secara khusus menganjurkan agar ibu hamil tidur miring ke kiri. Ini karena posisi hati berada di sisi kanan perut. Sehingga berbaring di sisi kiri dapat membantu menjaga rahim.

Tidur miring ke kiri juga meningkatkan sirkulasi ke jantung dan memungkinkan aliran darah terbaik ke janin, rahim, dan ginjal.

Tak perlu khawatir juga bila Moms sudah tidru dalam posisi miring, lalu tanpa disadari posisi berubah menjadi telentang.

Hal ini bisa dialami setiap saat, namun tidak berefek buruk pada kesehatan janin. Cukup ubah lagi posisi Moms dan kembali tidur dengan nyaman.

Baca Juga: Kenali 6 Penyebab Gangguan Tidur Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Apa Saja Posisi Tidur yang Harus Dihindari Ibu Hamil?

bigstock pregnant young woman sleeping 43901668

Foto: Orami Photo Stock

Selain posisi ibu hamil tidur terlentang, American Pregnancy menjelaskan bahwa tidue tengkurap juga tidak disarankan untuk ibu hamil.

Bukan hanya untuk menjaga kenyamanan Moms, tetapi juga keamanan Si Kecil yang ada di kandungan.

Saat usia kehamilan Moms semakin bertambah, maka payudara akan menjadi lebih empuk dan perut terus membesar. Jelas keduanya membuat tidur tengkurap menjadi tidak nyaman, ya Moms?

Maka menggunakan bantal tidur khusus hamil yang berbentuk donat (dengan lubang di tengahnya) dapat membantu Moms tidur tengkurap dengan nyaman.

Tidur tengkurap juga bisa membuat Moms sesak napas sehingga ada baiknya untuk dihindari.

Baca Juga: Patut Diwaspadai, Ini Gejala Sesak Napas Saat Hamil Akibat Asma

Jadi, bolehkah ibu hamil tidur terlentang?

Semoga informasi seputar posisi ibu hamil tidur terlentang yang ternyata tidak dianjurkan cukup jelas, ya Moms!

Tentu saja, ada saat-saat ketika Moms mungkin tidak bisa tidur. Alih-alih meminum teh, ada baiknya untuk membaca buku, mendengarkan musik, menonton TV, membaca surat atau email, atau lakukan aktivitas lain yang disukai

Dan jika memungkinkan, tidur siang sebentar (30-60 menit) di siang hari juga sangat bagus untuk ibu hamil, lho.

Selamat tidur dengan nyaman ya, Moms!

  • https://kidshealth.org/en/parents/sleep-during-pregnancy.html
  • https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-health-wellness/sleeping-positions-while-pregnant/
  • https://www.healthline.com/health/pregnancy/sleeping-positions-in-pregnancy
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait