Pasca Melahirkan

20 April 2021

Khawatir Pengaruhi Kualitas ASI, Bolehkah Ibu Menyusui Minum Adem Sari?

Ibu menyusui minum Adem Sari dapat menjadi solusi instan masalah radang tenggorokan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Panas dalam dan radang tenggorokan saat menyusui memang tidak membahayakan, tapi cukup menganggu kenyamanan dan membuat malas makan. Berbagai solusi termasuk minum larutan penyegar seperti produk Adem Sari bisa menjadi solusi. Akan tetapi, bolehkah ibu menyusui minum Adem Sari?

Minum Adem Sari adalah salah satu solusi praktis untuk mengatasi panas dalam dan radang tenggorokan. Bagaimanapun, ibu menyusui harus tetap melawan panas dalam dan radang tenggorokan yang dideritanya. 

Yang kerap menjadi pertanyaan, amankah ibu menyusui minum Adem Sari? Apakah manfaatnya ibu menyusui minum Adem Sari? Apakah komposisinya mempengaruhi kualitas ASI?

Baca Juga: Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan

Aturan Ibu Menyusui Minum Adem Sari

ibu menyusui minum adem sari

Foto: parenting.firstcry.ae

Kelly Mom Parenting Breastfeeding menyebutkan tidak ada makanan yang harus dihindari seorang ibu hanya karena dia sedang menyusui. Umumnya, ibu menyusui bisa memakan apapun yang dia mau, kapan pun dia suka, dalam jumlah yang dia inginkan, dan itu berlaku seterusnya. Itu artinya, secara umum tidak ada larangan ibu menyusui minum Adem Sari.

Kecuali Moms melihat reaksi yang jelas pada Si Kecil terhadap makanan tertentu, tidak ada yang namanya ‘Daftar Makanan yang Tidak Harus Dimakan’ oleh ibu menyusui, termasuk ketika ibu menyusui minum Adem Sari.

Sebagian besar ibu menyusui dapat makan apa saja yang mereka inginkan, karena bayi yang peka terhadap makanan tertentu. Namun, memang sebagian Moms mungkin ingin menghindari makanan tertentu karena memiliki riwayat alergi keluarga. Tetapi, hal itu tak berlaku pada setiap anak yang minum asi.

Baca Juga: 15 Makanan Penyebab Radang Tenggorokan, Hindari Ya Moms!

Manfaat Ibu Menyusui Minum Adem Sari

ibu menyusui minum adem sari

Foto: scripps.org

Meredakan panas dalam dengan minum Adem Sari menjadi salah satu solusi praktis yang dilakukan banyak orang. Termasuk saat sedang menyusui, ibu menyusui mengkonsumsi Adem Sari untuk meredakan masalah tenggorokannya.

Larutan yang satu ini juga dipercaya bisa mengatasi sakit tenggorkan, sariawan, bibir pecah-pecah dan susah buang air besar. Seperti penjelasan yang sudah disebutkan sebelumnya, sebenarnya ibu menyusui bisa minum apa pun sebanyak apa pun termasuk Adem Sari.

Namun, yang tidak boleh dilupakan adalah tetap melihat bagaimana reaksi Si Kecil terhadap minuman atau makanan yang Moms konsumsi tersebut. 

Selain itu Enesis Group perusahaan yang menaungi Adem Sari mengklaim, ibu menyusui boleh minum Adem Sari selama dikonsumsi sesuai takaran yang dianjurkan, karena larutan penyegar tersebut terbuat dari bahan alami.

Baca Juga: 5 Cara Mengobati Radang Tenggorokan saat Puasa, Mudah!

Efek Samping Ibu Menyusui Minum Adem Sari

ibu menyusui minum adem sari

Foto: parenting.firstcry.com

Jika masih khawatir dengan efek samping dari ibu menyusui minum Adem Sari, Moms bisa melihat dan menilai komposisinya terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Adem Sari mengandung ekstrak Citrus Aurantifolia, Ekstrak Alyxia stellata ret. Cortex, Ekstrak Cinamommum burmanni BI cortex dan Vitamin C.

Lactation Consultant Resource menyebutkan bahwa makanan atau minuman asam seperti citrus, jeruk, dan lainnya yang dikonsumsi ibu menyusui tidak akan membuat ASI ikut menjadi asam. Namun, beberapa bayi dapat sensitive terhadap protein yang masuk dalam ASI.

Kasus lain menyebutkan anak bisa atau mungkin mengalami diare karena alergi terhadap jeruk. Namun, kemungkinan tersebut juga cukup kecil bila memang terjadi.

Itu artinya, ibu menyusui minum Adem Sari tidak akan membuat komposisi dari minuman tersebut ikut mempengaruhi rasa ASI. Meski begitu, sampai saat ini belum ada kajian ilmiah yang meneliti secara spesifik efek ibu menyusui minum Adem Sari.

Ada baiknya Moms tetap berhati-hati, terutama saat Moms menderita maag. Sifat asam pada Adem Sari bisa mengikis lambung dan menyebabkan asam lambung meningkat, mual sampai muntah dan nyeri ulu hati. 

Penting diingat adalah meski tak ada larangan ibu menyusui minum Adem Sari, tetapi Moms tetap harus memperhatikan dari aspek kesehatan. Jika keluhan panas dalam masih belum reda atau menimbulkan alergi, sebaiknya Moms segera konsultasi ke dokter terdekat untuk mendapatkan saran yang tepat.

Baca Juga: Apakah Ibu Menyusui Boleh Minum Kopi?

Solusi Lain Ibu Menyusui Minum Adem Sari

Herbal alami atasi sakit tenggorokan.jpeg

Foto: pennmedicine.org

Alih-alih memikirkan efek ibu menyusui minum Adem Sari, tidak ada salahnya jika Moms mengganti obat panas tersebut dengan bahan-bahan alami yang tentunya lebih aman dan sudah pasti tidak ada efek sampingnya.

Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk meredakan panas dalam, misalnya madu. Madu memiliki formula penyembuh luka yang bisa mengobati peradangan. Selain radang tenggorokan, madu juga bisa mengatasi batuk.

Jika gemar minum teh, Moms bisa mengonsumsi teh chamomile yang dipercaya sebagai salah satu obat radang tenggorokan alami. Teh ini mengandung zat yang bersifat antiperadangan juga antioksidan yang bisa merangsang sistem daya tahan tubuh untuk melawan biang radang tenggorokan.

Berkumur dengan air garam, larutan soda kue, dan cuka apel juga bisa membantu mengatasi radang tenggorokan dan menghentikan penyebaran bakteri. Menjaga asupan makanan dengan mengonsumsi berbagai sumber nutrisi seperti buah, sayuran segar, telur, daging merah, ikan, dan ayam juga dapat membantu Moms untuk terhindar dari panas dalam dan radang tenggorokan.

Baca Juga: 8 Cara Alami Menyembuhkan Radang Tenggorokan yang Wajib Diketahui

Jadi, kini Moms sudah tahu bukan bahwa ibu menyusui minum Adem Sari bukanlah sesuatu yang dipantang. Namun, tetap ingat bahwa cara terbaik mengatasi sariawan atau radang tenggorokan adalah menjaga pola hidup sehat dengan tidur cukup, berolahraga dan menghindari asap rokok. 

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait