Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Kesehatan Bayi | Mar 11, 2019

Bolehkah Memandikan Bayi yang Sedang Ruam dan Gatal-gatal?

Bagikan


Bolehkah Memandikan Bayi yang Sedang Ruam dan Gatal-gatal?

Apakah Moms pernah menemukan bercak kemerahan di bagian tubuh tertentu Si Kecil? Bisa jadi ia sedang terkena ruam, lho, Moms.

Kondisi ini biasanya akan membuat anak merasa tidak nyaman sehingga seringkali kurang tidur karena gatal yang dirasakannya. Selain itu, bayi yang mengalami ruam biasanya juga menjadi mudah rewel. 

Sebagai ibu baru, Moms mungkin bingung dalam menghadapi Si Kecil yang sedang terkena ruam. Termasuk salah satunya adalah kebimbangan saat akan memandikannya.

Baca Juga : Mengenal Scabies, Penyakit Kulit Akibat Tungau yang Bisa Terjadi Pada Bayi

Lalu bolehkah memandikan bayi yang sedang ruam? Apakah Si Kecil akan kesakitan jika dimandikan saat ruam? Berikut penjelasannya berdasarkan kondisi.

Memandikan Bayi yang Sedang Ruam Popok

ruam popok

Foto: medicalnewstoday.com

Saat Si Kecil sedang mengalami ruam popok, Moms boleh memandikannya namun dengan menghindari penggunaan sabun pada area yang ruam. Mandi busa juga dinilai menjadi pengobatan yang cukup efektif untuk menangani bayi ruam popok.

Segera mengganti popok Si Kecil yang kotor dan basah juga dapat membantu meredakan ketidaknyamanannya. Sekaligus membantu menyembuhkan anak dari ruam dengan lebih cepat. 

Saat memandikan bayi menggunakan air hangat, hal ini merupakan salah satu cara untuk membiarkan kulit Si Kecil bernapas tanpa popok.

Moms dapat mencoba menambahkan baking soda ke bak mandi Si Kecil, sebagaimana yang direkomendasikan Reader’s Digest dalam buku “1.801 Home Remedies: Trustworthy Teatments for Everyday Health Problems”.

Namun, sebelumnya wajib konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak, ya, sebelum Moms melakukannya. 

Baca Juga : Bolehkah Anak Mandi Saat Terkena Cacar Air?

Memandikan Bayi yang Sedang Mengalami Impetigo

ruam popok

Foto: smythstoys.com

Selain ruam popok, bayi juga mengalami ruam impetigo dimana penyebabnya adalah bakteri.

Selama mengalami impetigo ini bayi akan sangat membutuhkan salep antibiotik yang dioleskan ke bagian yang ruam setiap hari. 

Namun, penting juga untuk menjaga kebersihan area tersebut setiap hari menggunakan air hangat dan sabun lembut setiap hari.

Baik dengan cara hanya di lap atau dengan memandikan bayi. Sementara jika infeksi yang dialami Si Kecil cukup parah, antibiotik oral biasanya juga dapat diresepkan oleh dokter. 

Kasus impetigo ringan pada bayi biasanya hilang dengan sendirinya dalam waktu 2-3 minggu tanpa pengobatan.

Tetapi lebih baik mengobatinya karena durasi ruamnya bisa berkurang menjadi hanya 7-10 hari dan sangat mengurangi penderitaan mereka jika menggunakan salep yang sesuai. 

Jika kebersihan tubuh Si Kecil tidak dijaga dan infeksi tidak ditangani dengan benar dapat mengakibatkan komplikasi, seperti penyakit kulit yang lebih buruk yang disebut selulitis.

Meskipun jarang, dalam beberapa kasus impetigo juga bisa berkembang menjadi psoriasis, septikemia, demam berdarah, dan bahkan gangguan ginjal yang dikenal sebagai glomerulonephritis. Komplikasi yang sangat jarang terjadi. 

Baca Juga : 4 Masalah Kulit yang Sering Dialami Balita

Nah, Moms, jadi sebenarnya bayi ruam boleh dimandikan untuk tetap menjaga kebersihannya. Terutama area yang mengalami ruam.

Namun, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter jika diduga ruam yang dialami si kecil disebabkan oleh kondisi yang lebih serius.

(RGW) 

Sumber: living.thebump.com, parenting.com, news-medical.net

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.