Kesehatan

30 Mei 2021

Bolehkah Penderita Wasir Makan Mie Instan? Ini Faktanya!

Saat mengidap wasir, maka penting untuk tetap banyak makan serat dan menghindari makanan asin.
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Karla Farhana

Wasir atau yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai hemorrhoids merupakan kondisi saat terjadi pembengkakan pembuluh darah di anus dan rektum bawah, mirip dengan varises. Saat mengidapnya, Moms mungkin bertanya-tanya, apakah pola makan bisa memperparah gejalanya. Atau bolehkah penderita wasir makan mie instan atau makanan olahan lainnya.

Hampir tiga dari empat orang dewasa menderita wasir dari waktu ke waktu. Wasir memiliki beberapa penyebab, tetapi seringkali penyebabnya tidak diketahui. Mengutip Mayo Clinic, wasir bisa berkembang di dalam rektum (wasir internal) atau di bawah kulit di sekitar anus (wasir eksternal). Untungnya, pilihan efektif tersedia untuk mengobati wasir dan banyak orang merasa lega dengan perawatan di rumah dan perubahan gaya hidup.

Namun, penderita wasir cenderung memiliki pantangan makanan. Salah satunya, makanan yang rendah serat. Jika Moms penasaran bolehkah penderita wasir makan mie instan, maka Moms bisa menyimak ulasan lengkapnya berikut ini!

Baca Juga: Segala Hal Tentang Penyakit Wasir, Mulai dari Penyebab Hingga Pencegahannya

Bolehkah Penderita Wasir Makan Mie Instan?

bolehkah penderita wasir makan mie instan

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip U.S. National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease, dokter mungkin menyarankan semua pasien wasir untuk makan lebih banyak makanan yang tinggi serat. Mengonsumsi makanan yang berserat tinggi dapat membuat feses lebih lembut dan lebih mudah dikeluarkan serta dapat membantu mengobati dan mencegah wasir. Minum air putih dan cairan lain, seperti jus buah dan sup bening, juga dapat membantu serat dalam makanan bekerja lebih baik.

Makanan dengan sedikit serat dapat menyebabkan atau memperburuk wasir, jadi sebaiknya batasi beberapa jenis makanan seperti roti putih, bagel, susu, keju, dan produk olahan susu lainnya, daging, makanan olahan seperti makanan beku dan makanan cepat saji.

Pengidap wasir juga perlu memerhatikan jumlah garam yang dikonsumsi makan. Sebab ia dapat menyebabkan tubuh bergantung pada air, yang memberi lebih banyak tekanan pada pembuluh darah. Ini termasuk pembuluh darah di dubur yang menyebabkan wasir.

Baca Juga: Simak Serba-Serbi Wasir Pada Bayi, dari Penyebab hingga Penanganannya!

Jadi, jika bertanya, bolehkah penderita wasir makan mie instan, maka jawabannya adalah tidak. Pasalnya mie instan sangat tinggi akan kandungan garam. Ia juga rendah serat sehingga sangat tidak disarankan.

Beberapa vitamin dan suplemen seperti suplemen zat besi juga dapat menyebabkan sembelit dan masalah pencernaan lainnya, jadi bicarakan dengan dokter sebelum Moms meminumnya. Jika Moms juga masih ingin bertanya bolehkah penderita wasir makan mie instan, Moms juga bisa bertanya pada dokter. Namun kemungkinan besar dokter akan meminta pasien wasir untuk lebih banyak makan makanan berserat.

Baca Juga: Jangan Dianggap Sepele, Ini 6 Cara Mengobati Wasir

Penyebab dan Faktor Risiko Wasir

penyebab wasir

Foto: Orami Photo Stock

Pembuluh darah di sekitar anus cenderung meregang di bawah tekanan dan mungkin membengkak. Wasir ini dapat berkembang dari peningkatan tekanan di rektum bawah karena:

  • Mengejan saat buang air besar.
  • Duduk dalam waktu lama di toilet.
  • Mengalami diare atau sembelit kronis.
  • Mengalami kenaikan berat badan.
  • Sedang hamil.
  • Melakukan hubungan seks anal.
  • Makan makanan rendah serat.

Selain itu, seiring bertambahnya usia, risiko wasir juga meningkat. Itu karena jaringan yang menopang pembuluh darah di rektum dan anus bisa melemah dan meregang. Ini juga bisa terjadi saat Moms hamil, karena berat bayi memberi tekanan pada daerah anus.

Baca Juga: Darah Keluar Dari Anus, Pertanda Wasir?

Waspadai Komplikasi Wasir

bolehkah penderita wasir makan mie instan

Foto: Orami Photo Stock

Sebelumnya Moms bertanya-tanya, bolehkah penderita wasir makan mie instan dan jawabannya adalah tidak. Jika Moms masih besikeras untuk sering makan makanan rendah serat dan tinggi garam seperti mie instan, maka bukannya tidak mungkin Moms akan mengalami komplikasi. Meski komplikasi wasir jarang terjadi, tetapi ada beberapa hal yang bisa terjadi, seperti:

  • Anemia. Kondisi ini cukup jarang, namun kehilangan darah kronis akibat wasir dapat menyebabkan anemia, di mana seseorang tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen ke sel.
  • Wasir Tercekik. Jika suplai darah ke wasir internal terputus, wasir dapat "tercekik", yang dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.
  • Pembekuan Darah. Kadang-kadang, bekuan bisa terbentuk di wasir (wasir trombosis). Meskipun tidak berbahaya, ini bisa sangat menyakitkan dan terkadang perlu ditusuk dan dikeringkan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Wasir Selama Kehamilan

Pencegahan Wasir

begini cara mengatasi wasir saat hamil 3

Foto: Orami Photo Stock

Cara terbaik untuk mencegah wasir adalah dengan menjaga tinja tetap lembut, sehingga mudah dikeluarkan. Untuk mencegah wasir dan mengurangi gejala wasir, ikuti tips berikut ini:

1. Makan Makanan Berserat Tinggi

Makan lebih banyak buah, sayuran, dan biji-bijian. Dengan begini, Moms telah membantu melembutkan feses dan meningkatkan massanya, yang akan membantu Moms menghindari mengejan yang dapat menyebabkan wasir. Menambahkan serat ke dalam makanan secara perlahan untuk menghindari masalah dengan gas.

2. Minum Banyak Air

Minumlah enam hingga delapan gelas air dan cairan lain (bukan alkohol) setiap hari untuk membantu melembutkan tinja.

3. Pertimbangkan Suplemen Serat

Konsumsi serat larut mengecilkan perut

Foto: Orami Photo Stock

Kebanyakan orang tidak mendapatkan cukup jumlah serat yang disarankan, yakni 20 hingga 30 gram sehari dalam makanan mereka. Penelitian telah menunjukkan bahwa suplemen serat yang dijual bebas, seperti psyllium atau methylcellulose bisa memperbaiki gejala secara keseluruhan dan pendarahan dari wasir.

Jika Moms menggunakan suplemen serat, pastikan untuk minum setidaknya delapan gelas air atau cairan lain setiap hari. Jika tidak, suplemen dapat menyebabkan atau memperburuk sembelit.

Baca Juga: 10 Makanan Berserat Tinggi untuk Program Hamil

4. Jangan Mengejan

Mengejan dan menahan napas saat mencoba buang air besar menciptakan tekanan yang lebih besar pada pembuluh darah di rektum bawah.

5. Olahraga

Tetaplah aktif untuk membantu mencegah sembelit dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah, yang dapat terjadi saat berdiri atau duduk dalam waktu lama. Olahraga juga dapat membantu menurunkan berat badan berlebih yang mungkin berkontribusi pada wasir. Hindari jug duduk dalam waktu lama. Duduk terlalu lama, terutama di toilet, dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di anus.

Itulah pembahasan lengkap mengenai wasir dan bagaimana cara mengobati serta mencegh. Kini, Moms pasti sudah mendapatkan jawaban bolehkah penderita wasir makan mie instan, kan?

https://www.niddk.nih.gov/health-information/digestive-diseases/hemorrhoids/eating-diet-nutrition

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hemorrhoids/symptoms-causes/syc-20360268

https://www.webmd.com/digestive-disorders/best-worst-foods-hemorrhoids

https://www.everydayhealth.com/news/six-easy-ways-prevent-hemorrhoids/

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait