Rupa-rupa

10 Juni 2019

Bosan Makan Kurma? Olah Jadi 4 Hidangan Ini

Kurma ternyata merupakan bahan makanan serbaguna
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Saat bulan Ramadan sudah usai, terkadang Moms masih menyisakan berbagai macam makanan khas Ramadan, salah satunya adalah kurma.

Biasanya Moms membeli kurma dalam jumlah yang banyak saat bulan puasa, namun biasanya pula kurma-kurma itu masih tersisa saat sampai di hari Lebaran.

Nah, daripada kurma-kurma yang tidak habis itu disia-siakan begitu saja, lebih baik dibuat menjadi santapan yang nikmat Moms untuk keluarga di rumah.

Moms bisa membuat sesuatu yang baru dan berbeda dari biasanya. Ada banyak olahan kurma baik makanan dan minuman yang bisa Moms buat dari kurma. Contohnya seperti deretan makanan di bawah ini:

1. Kurma Isi

olahan kurma

Foto: placeoforigin.in

Buang biji kurma (sebisa mungkin tanpa perlu mengiris kurma), lalu isi dengan potongan keju atau kacang seperti almond, mete, walnut, pistachio, dan sebagainya. Moms bisa menikmati paduan rasa manis dari kurma dan rasa gurih dari kacang.

Moms juga bisa mencelupkan kurma isi ke cokelat batangan yang sudah dilelehkan, lalu simpan di kulkas. Jadilah cokelat kurma seperti yang sering dijadikan oleh-oleh dari Arab!

2. Minuman Kurma

olahan kurma

Foto: mynewroots.org

Olahan kurma bisa jadi pemanis alami pengganti gula yang lebih menyehatkan untuk minuman lho, Moms. Pilih kurma yang berkarakteristik lunak atau rendam terlebih dahulu di dalam air agar mudah halus saat di blender.

Moms bisa mencampurkan dengan air atau susu untuk hasil yang lebih creamy.

Untuk menambah kandungan gizinya, campurkan bahan-bahan lain seperti oatmeal, pisang, avokad, dan sebagainya. Smoothie’s kurma bisa jadi minuman mengenyangkan dan menjadi sumber energi untuk Moms yang sedang menyusui.

Atau, Moms bisa membuat air nabeez, yakni infused water menggunakan kurma. Cara membuatnya sangat mudah, yakni cukup rendam beberapa butir kurma dalam air minum semalaman, lalu minum airnya keesokan paginya. Kurma yang sudah lunak pun bisa ikut dimakan.

3. Kue dan Dessert

olahan kurma

Foto: wholefoodbellies.com

Kurma cocok menjadi campuran bahan makanan manis seperti kue kering, cake, roti, puding, puding roti, pie, cupcake, dan sebagainya. Kalau Moms mau tekstur khas kurma tetap terasa dalam aneka olahan kue, pilih kurma yang agak kering agar mudah dicincang.

Salah satu ide camilan kurma yang bisa Moms coba adalah bola-bola kurma. Caranya, siapkan kurma yang sudah dibuang bijinya, mentega, dan biskuit yang sudah diremukkan menjadi serbuk.

Panaskan mentega, kemudian masukkan kurma dan sebagian biskuit, lalu aduk-aduk sampai menjadi seperti dodol. Setelah itu, buat adonan menjadi bola-bola dan gulingkan di sisa biskuit. Bola-bola kurma siap disantap.

Oh iya, kurma juga bisa digoreng dnegan tepung atau dijadikan lumpia lho. Coba deh Moms!

4. Condiment

olahan kurma

Foto: lazycatkitchen.com

Kurma juga bisa dijadikan saus, sirup, atau pasta agar bisa dicampur dalam berbagai macam makanan dan minuman. Caranya, blender kurma yang sudah dibuang bijinya dengan air dan gula, lalu panaskan hingga mengental. Atur kekentalannya sesuai selera Moms. Saus kurma siap dicocol.

Itulah 4 macam olahan kurma yang terdengar lezat dan menarik untuk disantap setelah bulan Ramadan usai. Selamat mencoba Moms!

(EMA/IRN)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait