Shopping

4 Agustus 2021

Moms, Simak Cara Memilih Breast Pad yang Baik dan Beberapa Produk Rekomendasinya

Bagaimana sih cara memilih breast pada yang tepat? Ini tips dan beberapa produk rekomendasinya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms sedang mencari rekomendasi breast pad?

Menyusui mungkin menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk ibu dan anak. Selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak, ini juga bisa menjadi cara bonding yang paling tepat untuk dilakukan.

Namun, jika Moms sering beraktivitas di luar ruangan, mungkin Moms membutuhkan produk breast pad.

Produk breast pad sudah dikenal luas oleh banyak ibu menyusui. Fungsinya adalah untuk mencegah air susu merembes. Biasanya air susu bisa merembes jika Moms belum sempat menyusui atau memompa ASI saat berada di kantor.

Moms pasti tidak mau bila area payudara menjadi basah, terlebih jika Moms harus bertemu banyak orang atau menghadiri undangan. Jadi breast pad adalah hal yang wajib Moms miliki.

Namun memilih breast pad tidak bisa sembarangan. Moms harus memahami sedikit aturan dan cara memilih breast pad yang tepat berikut ini!

Baca Juga: 7 Cara Aman Diet untuk Ibu Menyusui, Wajib Dicoba Nih Moms!

Begini Cara Memilih Breast Pad yang Tepat

Ini Cara Memilih Breast Pad

Foto: detik.net.id

Breast pad sebenarnya adalah bantalan yang dapat menyerap air dan fungsi utamanya adalah mencegah ASI agar tidak merembes ke luar. Breast pad dipakai di dalam bra dan menutupi puting, areola, dan sekitarnya.

Berikut ini adalah tips dan cara memilih breast pad yang tepat:

1. Tentukan Kebutuhan Moms, Sekali Pakai atau yang Bisa DIcuci

Sebelum membelinya, Moms harus memilih sesuai kebutuhan seperti membeli yang sekali pakai atau yang bisa dicuci dan dipakai berkali-kali.

Untuk breast pad sekali pakai atau disposable, ia biasanya terbuat dari bahan penyerap tipis dan memiliki tingkat daya serap berbeda yang mirip dengan pembalut wanita.

Moms dapat membeli sekotak breast pad yang berisi antara 50 hingga 200 atau lebih. Mereka biasanya memiliki bagian belakang yang lengket untuk merekatkan ke bra, yang dapat menghambat sirkulasi udara.

Saat basah, Moms bisa segera membuangnya ke tempat sampah dan menggantinya dengan yang baru.

Namun, menurut artikel dari Very Well Family, jenis ini bisa mengandung bahan kimia, mereka juga tidak memiliki sirkulasi udara yang baik, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan membuat kelembapan terperangkap.

Infeksi payudara pun rentan berkembang di lingkungan yang lembab, jadi jika Moms sedang sangat bocor, Moms harus menggantinya lebih sering. Harganya juga terbilang mahal.

Sementara breast pad reusable biasanya merupakan bantalan kain yang mirip dengan bantalan sekali pakai.

Karena terbuat dari serat alami, bantalan menyusui dari kain memberikan sirkulasi udara yang lebih baik, yang diperlukan untuk membantu proses penyembuhan puting yang sakit.

Jenis ini juga mudah dicuci dan dikeringkan. Ia juga lebih ramah lingkungan dan lebih hemat. Namun Moms mungkin perlu membeli 6 hingga 9 pasang.

2. Utamakan Kenyamanan

Ada beberapa faktor yang harus Moms pertimbangkan sebelum membeli breast pad.

Pertama, pastikan ia nyaman digunakan. Moms bisa memilih produk yang sangat lembut dan tidak menempel pada puting saat basah. Pilihlah produk dengan lapisan tetap kering di kulit untuk menghindarkan kelembapan.

Pastikan produk juga punya daya serap tinggi, memiliki ukuran yang cukup besar untuk menutupi sebagian besar payudara sehingga tidak terlihat menumpuk di dalam bra.

Terakhir, pastikan pilih yang berkontur. Payudara bentuknya bulat, jadi jangan beli yang bentuknya rata. Bantalan menyusui berkontur akan menangkup payudara seperti bra.

3. Baca Review dari Orang Lain

Moms juga pasti punya sahabat yang tengah mempertimbangkan penggunaan breast pad bukan? Jadi, mintalah saran dari mereka, atau dari wanita yang pernah menggunakannya.

Jika Moms beli secara online, Moms juga bisa baca ulasan dari orang lain mengenai kualitas produk yang hendak Moms beli.

Baca Juga: Menyusui Lebih dari 2 Tahun, Ini Dampaknya Bagi Ibu dan Anak

Rekomendasi Breast Pad yang Bisa Dipertimbangkan

Moms kini sudah paham bagaimana cara memilih breast pad yang tepat. Kini Moms juga perlu tahu beberapa rekomendasi breast pad yang ada di pasaran berikut ini:

1. Medela Washable Breast Pad

Medela Washable Breast Pad

Untuk Moms yang memiliki produksi ASI yang tidak terlalu banyak, produk dari Medela Washable ini bisa jadi pilihan tepat. Produk ini juga bisa dipakai berulang kali dan dibersihkan dengan cara dicuci.

Namun jangan khawatir, karena ia juga mempunyai daya serap tinggi. Produk ini bahkan dibuat dengan bahan khusus anti bakteri sehingga dapat mencegah pertumbuhan bakteri sekaligus meminimalisir bau tidak sedap dari sisa ASI.

Produk ini dijual dengan rentang harga Rp100.000 hingga Rp250.000.

2. Pigeon Breast Pads

Pigeon Breast Pads

Ini adalah produk yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan para ibu menyusui. Produk ini dilengkapi dengan bagian pinggir pad yang lembut dan lapisan yang lembut dan empuk.

Bantalan ini juga mengandung serat honeycomb yang dirancang khusus untuk menyerap dan menahan ASI supaya tidak keluar secara berlebihan.

Produk ini dijual dengan rentang harga Rp50.000 hingga Rp150.000. Produk ini juga hadir dengan perekat yang kuat yang telah terbukti dapat mencegahnya bergeser.

Produk ini tipis dan ringan, namun memiliki daya serap sangat tinggi serta waterproof yang dapat mencegah ASI merembes ke baju.

3. Gabag Breast Pads Classic

Gabag Breast Pads Classic

Rekomendasi breast pad selanjutnya adalah Gabag Breast Pads Classic yang dirancang khusus untuk mencegah bocornya rembesan ASI ke pakaian.

Produk ini didesain sesuai kontur payudara ibu dan tersusun dari bahan yang nyaman dan juga sangat lembut. Sehingga ia bisa digunakan setiap hari.

Produk ini juga memiliki perekat ganda dan bantalan ini bisa melekat dengan baik pada bra sehingga tidak mudah bergeser dan bocor saat dipakai.

Dengan harga Rp42.000 untuk isi 30 buah, produk ini dapat menampung hingga 80-90 ml cairan sekali pakai. Jadi, Moms tidak perlu repot khawatir lapisan ini cepat penuh.

Baca Juga: 13+ Makanan Penghambat ASI, Pantang Dikonsumsi Ibu Menyusui!

4. Dacco Mama Breast Pad

Dacco Mama Breast Pad

Rekomendasi breast pad selanjutnya adalah Dacco Mama Pad yang hadir dengan bantalan ASI dengan bentuk fleksibel yang mengikuti bentuk payudara ibu.

Produk ini juga terbuat dari bahan yang mampu menahan rembesan ASI supaya tidak sampai membuat pakaian basah dan lembap.

Dengan rentang harga jual Rp30.000 - Rp60.000, produk ini juga memiliki perekat yang kuat, sehingga bantalan tidak mudah bergeser terutama ketika ibu banyak bergerak.

5. Avent Breast Pads

Avent Breast Pads

Jika Moms lebih memilih produk breast pad yang bisa dicuci dan dipakai berulang kali supaya lebih ramah lingkungan, Moms bisa gunakan Avent Washable Breast Pad.

Produk ini dapat dipakai ulang dengan cara dicuci, sehingga ia hadir dalam kemasan yang dilengkapi juga dengan laundry bag.

Produk dari Philips Avent ini terbuat dari bahan katun sangat aman untuk kulit ibu. Bahannya juga lembut sehingga tidak menyebabkan iritasi. Dengan rentang harga Rp35.000 - Rp50.000, produk ini bisa Moms dapatkan di toko online atau supermarket terdekat.

6. Mooimom Washable Nursing Pads

Mooimom Washable Nursing Pads

Mooimom Washable Nursing Pads adalah produk yang terbuat dari bahan rayon yang super lembut, serat bambu, dan juga kapas. Produk ini juga sangat mudah dicuci dengan daya serapnya yang juga tinggi. Ia dijual dengan rentang harga Rp120.000 hingga Rp250.000.

Breast pad ini terdiri dari 3 lapisan, pada lapisan pertama adalah super soft organic bamboo sehingga puting tidak mudah lecet karena bergesekan dengannya.

Lapisan kedua adalah ultra absorbent hemp yang dapat mengunci ASI agar tidak keluar dari area pad dan lapisan ketiga adalah bahan milk-proof yang bisa mencegah kebocoran ASI.

Baca Juga: Puting Rata, Bolehkah Pakai Penyambung ASI Saat Menyusui?

7. ChuChu Baby Milk Pad

ChuChu Baby Milk Pad

Ini adalah breast pad sekali pakai yang juga efektif untuk mencegah ASI merembes ke bra. Produk ini dibuat dari bahan katun yang lembut dan lapisan ini cocok untuk digunakan semua jenis kulit, bahkan untuk Moms yang memiliki kulit sensitif.

Dengan harga sekitar Rp115.000, produk ini memiliki kelembutan yang dirancang khusus agar puting payudara terhindar dari iritasi dan lecet akibat gesekan.

Produk ini juga dilengkapi dengan long anti slip tape sehingga tidak mudah bergeser saat digunakan.

Itulah beberapa rekomendasi breast pad yang bisa Moms pilih dan beli di toko terdekat atau di situs belanja online.

Ingat, pastikan Moms memilih yang paling nyaman untuk digunakan ya supaya terhindar dari masalah seperti lecet atau bahkan infeksi!

  • https://www.verywellfamily.com/nursing-pads-431560
  • https://mother-ease.com/blogs/bump-bottom-beyond/everything-you-need-to-know-about-nursing-pads
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait