Kesehatan

18 Juli 2020

5 Buah-buahan untuk Kulit Glowing, Yuk Mulai Dikonsumsi!

Kulit glowing bisa didapatkan melalui buah-buahan yang dikonsumsi, lho, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Amelia Puteri

Moms mungkin kerap menginginkan kulit glowing, tapi sebenarnya apa yang dimaksud dengan kulit glowing? Apakah kulit yang terlihat seperti selebriti Korea? Atau artinya harus putih bersinar?

"Kulit yang glowing atau bercahaya adalah kulit yang terasa lembap dan lembut, tidak kusam, kering atau bersisik. Kulit glowing ditandai dengan pori-pori wajah yang kecil dan cerah secara alami," ungkap Dr. Tina Funt, ahli kulit dari New York.

Jadi, kulit glowing bukan berarti harus putih ya, Moms. Utamakan memiliki kulit yang sehat, karena pada dasarnya setiap wanita punya warna kulitnya masing-masing.

Ternyata, rahasia kulit glowing juga bisa dipancarkan melalui jenis makanan yang kita konsumsi sehari-hari, salah satunya buah-buahan. Berikut ini daftar buah-buahan untuk kulit glowing.

Baca Juga: Inilah 4 Alasan Medis di Balik Glowingnya Kulit Ibu Hamil

Buah yang Membuat Kulit Glowing

Perawatan wajah dari luar memang penting agar kulit semakin glowing. American Academy of Dermatology mengungkapkan, gunakan produk perawatan kulit sesuai kebutuhan dan jenis kulit Moms masing-masing.

Namun, perawatan kulit dari dalam juga penting. Dilansir dari Mayo Clinic, pola makan sehat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kulit.

Beberapa makanan yang dipilih seperti sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, gandum, pasta, dan buah-buahan. Nah, berikut ini jenis buah-buahan yang bisa dipilih:

1. Alpukat

5 Buah-buahan yang Mampu Membuat Kulit Glowing.jpg

Foto: mommyauthority.com

Alpukat adalah salah satu buah yang mampu menunjang kesehatan kulit agar lebih glowing. Menurut Nutrition Journal, buah ini kaya serat, tinggi minyak sehat, magnesium, kalium, serta vitamin E dan K.

Buat Moms yang memiliki kulit kering, maka mulailah sering mengonsumsi alpukat. Alpukat mampu menjaga fungsi sel kulit lebih sehat dan membantu meningkatkan hidrasi kulit secara mendalam.

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Kulit Pisang Bagi Kesehatan?

2. Pisang

5 Buah-buahan yang Mampu Membuat Kulit Glowing-1.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Pisang menjadi buah yang sering dikonsumsi saat sedang diet untuk menurunkan berat badan. Ternyata, pisang juga termasuk dalam daftar buah untuk membuat kulit glowing.

Pisang adalah sumber zat besi yang baik, mengandung magnesium, kalium, dan berbagai jenis vitamin. Vitamin A, B, dan E dalam pisang berfungsi menjaga kulit tetap awet muda.

3. Apel

5 Buah-buahan yang Mampu Membuat Kulit Glowing-2.jpg

Foto: abc.net.au

Nutrition Journal mencatat, apel adalah salah satu buah yang memiliki antioksidan yang kuat. Hal ini membuat apel mampu menurunkan kolesterol tinggi dan mencegah sel kanker.

Selain itu, antioksidan di dalam apel juga dapat mencegah kerusakan sel dan jaringan di kulit. Apel mengandung banyak elastin dan kolagen yang menjaga kulit tetap awet muda. Kulit Moms bisa jadi glowing dengan makan apel.

Baca Juga: 3 Manfaat Buah Pepaya untuk Balita

4. Pepaya

buah untuk kulit glowing

Foto: Orami Photo Stock

Pepaya juga bisa dipilih menjadi buah yang membuat kulit semakin glowing. Pepaya kaya akan antioksidan dan mengandung enzim khusus yang disebut papain.

Enzim ini mampu membunuh sel-sel mati pada kulit. Studi dari Acta Informatica mengungkapkan, pepaya membantu meningkatkan elastisitas kulit sehingga dipercaya mampu meminimalkan munculnya kerutan di wajah.

5. Buah Sitrus

5 Buah-buahan yang Mampu Membuat Kulit Glowing-4.jpg

Foto: freepik.com

Beberapa buah sitrus seperti jeruk dan lemon dikenal baik untuk kesehatan kulit dan bisa membuat kulit semakin glowing.

Umumnya, buah sitrus kaya akan vitamin C yang dikenal mampu mencerahkan kulit. Buah sitrus juga kaya antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit.

"Antioksidan topikal dalam buah sitrus seperti vitamin C telah terbukti menenangkan peradangan dan mampu mencerahkan bintik-bintik gelap pada kulit," ungkap Dr. Joshua Zeichner, Direktur Penelitian Kosmetik dan Klinis di Mount Sinai Hospital.

Itulah buah mampu membuat kulit semakin glowing. Ingat, Moms juga perlu menyeimbangkan dengan nutrisi tepat, kurangi konsumsi garam dan gula berlebih, serta jaga hidrasi tubuh dengan minum air yang cukup setiap hari.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait