Kesehatan

16 Juli 2021

Manfaat Buah Dewandaru, Bisa Atasi Insomnia Hingga Mempercantik Kulit

Buah dewandaru mungkin kurang familiar, namun manfaatnya untuk kesehatan cukup tinggi lho Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms cukup akrab dengan buah dewandaru?

Buah satu ini memang memiliki bentuk yang unik dan ternyata ia memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Buah dewandaru memiliki ciri khas yakni warna merah cerah atau oranye dan memiliki rasa manis nan asam.

Buah dewandaru juga memiliki sebutan lain, seperti ceri Suriname atau pitanga. Buah yang berasal dari Amerika Selatan ini ditemukan dari Guyana hingga Brasil Selatan dan Uruguay Utara.

Tanaman yang menghasilkan buah dewandaru ini bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian hingga 7 meter atau bahkan lebih.

Dibalik warna cerah dari buah ini, ternyata ada banyak sekali nutrisi yang terkandung di dalamnya. Nilai dari vitamin C, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, besi, tiamin, niacin, hingga riboflavin.

Oleh karena itu, tak heran jika buah ini memiliki cukup banyak potensi manfaat untuk kesehatan.

Baca Juga: 12 Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan, Termasuk Menjaga Kesehatan Jantung!

Mengutip Finelib, ada beberapa kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah dewandaru, antara lain:

  • Air: 157 gram
  • Energi Total: 57 Kkal
  • Protein: 1,38 gram
  • Lemak total: 0,69 gram
  • Karbohidrat: 12,96 gram
  • Niasin: 0,338 mg
  • Kalsium: 16 mg
  • Besi: 0,35 mg
  • Magnesium: 21 mg
  • Fosfor: 19 mg
  • Kalium: 1094 IU
  • Vitamin C: 178 mg
  • Sodium: 5 mg
  • Vitamin B1: 0,052 mg
  • Vitamin B2: 0,069 mg
  • Vitamin B3: 0,519 mg
  • Vitamin A: 2595 IU
  • Kaempferol: 0,7 mg
  • Myricetin: 5,8 mg
  • Quersetin: 10 mg

Baca Juga: 5 Manfaat Super Oregano, Daun Aromatik Pelengkap Pasta dan Pizza

Manfaat Buah Dewandaru untuk Kesehatan

manfaat buah dewandaru untuk kesehatan

Foto: planthogram.com

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari buah dewandaru yang perlu Moms ketahui:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah dewandaru mengandung antioksidan kaya vitamin esensial yang penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan radikal bebas yang sangat reaktif. Radikal bebas ini bahkan bisa merusak sel-sel tubuh.

Selain itu, ia juga kaya akan vitamin C yang merupakan nutrisi penting untuk kekebalan yang kuat. Vitamin C membantu dalam meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh, sehingga mencegah Moms dari penyakit.

2. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Buah ini juga bertindak sebagai zat yang dapat mengeringkan sekresi. Artinya, mereka digunakan dalam pengobatan diare dan penyakit pencernaan lainnya.

Sifat antiseptik dan astringen dari buah dewandaru juga bisa mengatasi gangguan pencernaan jika dikonsumsi secara teratur. Kulit batang tanaman ini juga bisa digunakan untuk pengobatan kesehatan saluran cerna.

Baca Juga: Unik dan Langka, Ini 5 Manfaat Buah Kawis dan Cara Mengonsumsinya

3. Meningkatkan Fungsi Paru-paru

Meningkatkan Fungsi Paru Paru

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat buah dewandaru selanjutnya adalah mencegah paru-paru tertular penyakit atau infeksi tertentu. Ini berkat sifat anti-inflamasi yang ditemukan di dalamnya digunakan dalam mengobati peradangan paru-paru.

Penelitian telah menunjukkan bahwa buah ini membantu dalam meningkatkan fungsi paru-paru dan bahkan dapat membantu dalam mengobati penyakit paru obstruktif kronis.

Oleh karena itu sangat disarankan Moms mengkonsumsi buah ini secara rutin untuk kesehatan paru-paru.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah ini juga diperkaya dengan senyawa penting yang dapat membantu membersihkan akumulasi lemak berlebih dalam tubuh dan meratakan perut.

Bahkan ketika dikonsumsi dalam jumlah banyak, mereka tidak berkontribusi pada penambahan berat badan karena kandungan kalori yang lebih sedikit. Sehingga ia meningkatkan penurunan berat badan karena tetap rendah kalori.

Buah ini adalah buah yang sangat baik untuk orang yang ingin menurunkan atau mempertahankan berat badan mereka dan harus dikonsumsi secara tepat.

5. Menjaga Tingkat Tekanan Darah

Studi telah membuktikan bahwa buah dewandaru memiliki sifat antihipertensi. Ini berarti ia dapat mengurangi efek tekanan darah tinggi dan membantu menjaga aliran darah yang normal dan memadai ke ginjal.

Sifat antihipertensi yang terkandung dalam buah ini juga membantu dalam mengobati tekanan darah tinggi dan membantu dalam mencegah komplikasi tekanan darah tinggi seperti serangan jantung, gagal jantung, infark miokard, dan stroke.

Baca Juga: Mengetahui Langkah-langkah Pertolongan Pertama Serangan Jantung, Catat!

6. Mencegah Kanker

Mencegah Kanker

Foto: Orami Photo Stock

Antioksidan hadir dalam buah ini membantu dalam memerangi radikal bebas yang memainkan peran penting dalam mencegah kanker. Vitamin C yang terkandung di dalamnya juga sangat membantu dalam mengurangi kemungkinan kanker.

Penelitian telah membuktikan bahwa asupan teratur makanan kaya vitamin C membantu mengurangi kemungkinan paru-paru, tenggorokan, mulut, rektum, kerongkongan, pita suara dan kanker perut.

Oleh karena itu disarankan untuk mengkonsumsi buah ini secara konsisten karena akan membantu dalam mencegah kanker karena kaya akan vitamin C dan sifat antioksidan.

7. Mempercantik Kulit

Vitamin A yang ada dalam buah ini membantu mencegah tubuh dari racun dan radikal bebas yang merusak kulit.

Mengutip American Academy of Dermatology, vitamin A yang sangat penting untuk kulit karena ia membantu dalam mengobati kondisi kulit seperti jerawat, jerawat, psoriasis dan penyakit lainnya. Ia juga memperkuat jaringan kulit dan meningkatkan kesehatan kulit.

Makanan kaya vitamin A juga membantu menjaga jaringan kulit dan selaput lendir. Ini juga mengurangi kerutan dan meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit.

Konsumsi buah dewandaru secara teratur juga akan memberikan kontribusi besar untuk menjaga kulit tetap sehat, kencang dan bercahaya.

8. Mengobati Gangguan Tidur

Konsumsi buah ini secara teratur juga akan membantu mengobati gangguan tidur, insomnia, dan penyakit terkait secara efektif jika Moms memakannya dalam jumlah yang baik setiap hari. Ini adalah cara alami untuk mengatasi malam tanpa tidur.

Penelitian telah menunjukkan bahwa buah dewandari dikenal sebagai salah satu makanan alami yang mengandung melatonin. Melatonin adalah hormon di otak yang diproduksi oleh kelenjar pineal.

Ia bertanggung jawab untuk mengatur siklus tidur dan bangun. Oleh karena itu mengkonsumsi buah ini secara rutin akan memperbaiki pola tidur.

Baca Juga: 4 Penyebab Insomnia karena Faktor Psikologis dan Cara Mengatasinya

9. Mengatur Pertumbuhan

Mengatur Pertumbuhan

Foto: Orami Photo Stock

Buah ini juga kaya akan vitamin B2 sehingga membantu dalam memastikan perkembangan yang tepat dan pertumbuhan jaringan tubuh seperti kulit, mata, sistem kekebalan tubuh, jaringan ikat, dan selaput lendir.

Vitamin B2 sangat penting bagi tubuh untuk pertumbuhan dan kesehatan yang baik secara keseluruhan. Vitamin B2 juga sangat dibutuhkan dalam tubuh untuk berfungsinya setiap sel dalam tubuh dan kekurangannya dapat menyebabkan berbagai efek samping.

10. Makanan Sumber Energi

Vitamin B kompleks hadir dalam buah-buahan menyediakan tubuh dengan jumlah energi yang dibutuhkan untuk fungsi organ tubuh. Vitamin ini juga penting untuk kerja enzim tertentu dan mencegah kekurangan yang terkait dengan kekurangan vitamin B kompleks.

Vitamin B kompleks sangat penting untuk kesehatan dan ia banyak membantu dalam meningkatkan tingkat energi. Mereka juga diperlukan untuk fungsi normal sistem saraf. Oleh karena itu mengkonsumsi buah ini akan memberikan tubuh vitamin B kompleks.

11. Kaya Akan Antioksidan

Buah dewandaru juga kaya akan antioksidan seperti likopen, beta-cryptoxanthin, gamma-karoten dan rubixanthin yang mencegah tubuh dari penyakit tertentu dan melakukan berbagai fungsi bermanfaat kesehatan dalam tubuh manusia.

Kekuatan antioksidannya juga membantu memperlambat tanda-tanda penuaan dini dan membantu melawan aksi radikal bebas dalam tubuh.

Mengutip The American Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi buah ini secara konsisten akan membantu mencegah radikal bebas yang merupakan penyebab utama peradangan dan penyakit dalam sistem tubuh.

Itulah berbagai manfaat buah dewandaru, jika Moms ingin mengonsumsinya, pastikan semua anggota keluarga mencicipinya juga ya Moms!

  • https://www.echocommunity.org/id/resources/3738ba95-2c3f-418c-b56b-0faf262ff622
  • https://environment.bm/surinam-cherry
  • https://www.finelib.com/about/tropical-fruits-and-vegetables/about-nutritional-values-and-health-benefits-of-pitanga-berries/249
  • https://www.healthbenefitstimes.com/surinam-cherry/
  • https://www.aad.org/member/clinical-quality/guidelines/acne
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15159237
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait