Kesehatan

29 Maret 2021

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Persik, Penasaran?

Buah persik diperkirakan berasal dari China dan ditemukan sekitar 8.000 tahun lalu
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Buah persik atau yang dikenal dengan buah peach memiliki nama latin Prunus persica.

Buah ini memiliki ukuran yang kecil hingga sedang dengan kulit berlapis bulu-bulu halus. Buahnya berwarna putih, kemerahan, atau kekuningan dengan cita rasa yang manis.

Dalam jurnal Scientific Reports, persik diperkirakan berasal dari China dan ditemukan sekitar 8.000 tahun yang lalu.

Buah ini masih tergolong dalam satu keluarga dengan buah plum, aprikot, ceri, dan almond. Buah ini juga termasuk dalam buah berbiji.

Di Indonesia, selain di makan langsung, buah persik juga dijadikan olahan-olahan makanan seperti bakpao, puding, selai, hingga smoothie.

Baca Juga: 11 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan yang Harus Moms Ketahui

Kandungan Nutrisi Buah Persik

buah persik

Foto: Orami Photo Stocks

Buah persik mengandung hingga 13,2% vitamin C yang dapat memenuhi kebutuhan Moms sehari-hari. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh serta kulit.

Tak hanya itu, persik juga kaya akan mineral, vitamin, dan senyawa tumbuhan lainnya seperti antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari penuaan dan berbagai penyakit.

Menurut USDA Food Composition Databases dalam satu buah persik ukuran 150 gram mengandung nilai gizi dan nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 58
  • Protein: 1 gram
  • Lemak: kurang dari 1 gram
  • Karbohidrat: 14 gram
  • Serat: 2 gram
  • Vitamin C: 17% dari nilai harian (NH)
  • Vitamin A: 10% dari (NH)
  • Kalium: 8% dari (NH)
  • Niasin: 6% dari (NH)
  • Vitamin E: 5% dari (NH)
  • Vitamin K: 5% dari DV
  • Tembaga: 5% dari (NH)
  • Mangan: 5% dari (NH)

Tak hanya itu, buah persik juga menawarkan magnesium, fosfor, zat besi, hingga vitamin B.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Persik

Tahukah Moms bahwa buah persik memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh? Apa saja manfaat yang dihasilkan dari mengonsumsi persik? Yuk, simak penjelasannya, Moms!

1. Antioksidan

buah persik

Foto: Unsplash

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa buah persik mengandung senyawa tumbuhan berupa antioksidan yang bermanfaat dalam memerangi oksidatif dan membantu melindungi tubuh dari penuaan dan penyakit.

Semakin segar dan matang buahnya, semakin banyak antioksidan yang dikandungnya.

Menurut Department of Pharmacy University of Calabria, jus dari persik segar langsung berperan sebagai antioksidan setelah 30 menit dikonsumsi.

Sementara itu, jumlah vitamin dan mineral yang ada pada buah persik kalengan sama dengan buah persik segar selama buah dalam kaleng tersebut tidak dikupas.

Meski begitu, buah persik segar memiliki tingkat antioksidan yang lebih tinggi dan lebih efektif dalam melindungi dari kerusakan oksidatif daripada buah persik kalengan.

Baca Juga: Kaya Antioksidan, Ketahui 7 Jenis Buah Beri dan Manfaat Kesehatannya!

2. Membantu Pencernaan

Selain berperan sebagai antioksidan, persik juga berkontribusi untuk melancarkan pencernaan.

Menurut studi berjudul Advances in Nutrition, dijabarkan bahwa dalam satu buah persik ukuran sedang menyediakan 2 gr serat tidak larut dan serat larut.

Serat tidak larut berfungsi untuk membantu mendorong makanan melalui usus sehingga mengurangi risiko sembelit.

Di sisi lain, serat larut menyediakan makanan bagi bakteri di usus. Bakteri tersebut menghasilkan asam lemak rantai pendek, seperti asetat, propionat, dan butirat yang bertugas memberi makan sel-sel usus.

Asam lemak rantai pendek di usus tersebut juga dapat membantu mengurangi peradangan dan memperbaiki gejala gangguan pencernaan seperti penyakit Crohn, sindrom iritasi usus besar (IBS), dan kolitis ulserativa.

Tak hanya buahnya, bunga persik juga digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk mengatasi berbagai gangguan pencernaan.

Baca Juga: 11 Manfaat Buah Naga untuk Bayi Sebagai MPASI, Luar Biasa!

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

buah persik

Foto: Unsplash

Memakan buah persik secara teratur dapat meningkatkan kesehatan jantung., tekanan darah tinggi, dan menurunkan kadar kolesterol.

Terlebih lagi, penelitian tabung reaksi oleh Journal of Nutritional Biochemistry menunjukkan bahwa buah persik dapat mengikat asam empedu yakni senyawa yang diproduksi oleh organ hati.

Asam empedu tersebut nantinya akan dikeluarkan melalui BAB sehingga kolesterol pun menjadi menurun atau netral.

Meskipun telah banyak penelitian yang melibatkan hewan terkait manfaat dari buah persik ini, namun diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia.

4. Melindungi Kulit

Persik ternyata juga efektif untuk melindungi kulit dan mempertahankan kelembapan kulit.

Studi tabung reaksi menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam buah persik dapat meningkatkan kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembaban dan memperbaiki tekstur kulit.

Terlebih lagi, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak yang terbuat dari bunga persik atau buah persik yang dioleskan langsung ke kulit dapat membantu mencegah kerusakan akibat sinar UV.

Selain itu, dalam penelitian yang melibatkan tikus, diketahui bahwa ekstrak bunga persik juga dapat menunda perkembangan tumor kulit.

Baca Juga: 14 Manfaat Buah Kolang-kaling untuk Kesehatan, Bisa Menguatkan Tulang

5. Mencegah Jenis Kanker Tertentu

buah persik

Foto: Unsplash

Seperti buah-buahan lainnya, buah persik mengandung senyawa tanaman yang dapat memberikan perlindungan terhadap berbagai jenis kanker.

Penelitian dalam jurnal Plant Physiology menyebutkan bahwa kulit dan daging buah persik kaya akan karotenoid dan asam caffeic yakni dua jenis antioksidan yang memiliki sifat antikanker.

Penelitian yang dilakukan terhadap hewan juga menunjukkan bahwa senyawa dalam biji persik dapat membatasi pertumbuhan tumor kulit non-kanker lalu mencegahnya berubah menjadi kanker.

Tak hanya itu, kandungan polifenol yang ada dalam persik dikategorikan sebagai antioksidan yang terbukti mengurangi pertumbuhan dan membatasi penyebaran sel kanker.

6. Mengurangi Gejala Alergi

Ketika tubuh terpapar alergen, ia melepaskan histamin, atau bahan kimia yang dibuat oleh sistem kekebalan tubuh sebagai cara untuk membantu membersihkan tubuh dari pengaruh alergen.

Histamin adalah bagian dari sistem pertahanan tubuh yang dapat memicu gejala alergi seperti bersin, gatal, dan batuk.

Penelitian menunjukkan bahwa manfaat buah persik dapat membantu mengurangi gejala alergi dengan mencegah pelepasan histamin dalam darah.

Selain itu, ekstrak buah persik juga efektif dalam membatasi peradangan akibat reaksi alergi.

Baca Juga: Belum Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

buah persik

Foto: Unsplash

Persik kaya akan nutrisi dan antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Penelitian oleh Laboratory of Protein Engineering and Bioactive Molecules melaporkan bahwa buah persik juga juga dapat lawan jenis bakteri tertentu.

Tak hanya itu, ekstrak persik yang diberikan kepada perokok juga ampuh untuk meningkatkan pembuangan nikotin dari dalam tubuh melalui urin.

Bahkan, studi menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam buah persik dapat membantu mencegah kadar gula darah tinggi dan resistensi insulin pada penelitian yang melibatkan tikus gemuk.

Itulah tujuh manfaat buah persik untuk kesehatan tubuh, serta kandungan nutrisi yang dimilikinya. Apakah Moms tertarik mengonsumsi persik secara teratur? Sudahkah Moms merasakan ragam manfaatnya?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait