Kesehatan Umum

29 September 2021

5 Buah untuk BAB Berdarah, Yuk Konsumsi Moms!

BAB berdarah tak terjadi tanpa sebab, berikut beberapa penyakit yang menyertainya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Moms yang pernah mengalami BAB berdarah pasti setuju bahwa hal tersebut sangat tidak nyaman. Untuk mengatasinya, mungkin Moms bisa mencoba buah untuk BAB berdarah berikut ini.

Beberapa buah, terutama yang mengandung banyak air dan serat dipercaya sangat baik dikonsumsi untuk mengatasi BAB berdarah.

Dengan mengonsumsi buah untuk BAB berdarah, sistem pencernaan Moms pun akan bekerja lebih baik. Pendarahan pun terhenti dan meminimalisir kekambuhan.

Lalu, apa saja ya, buah-buahan yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi buang air besar yang disertai darah? Simak selengkapnya.

Baca Juga: 4 Penyebab Buang Air Besar Berdarah Pada Balita

Penyebab BAB Berdarah

penyebab bab berdarah

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum mengetahui jenis-jenis buah untuk BAB berdarah yang direkomendasikan, Moms sebaiknya mencari tahu apa yang menjadi penyebab keluarnya darah ketika buang air besar.

Melansir Cleveland Clinic, warna darah yang terdapat pada feses sangat beragam. Mulai dari merah terang hingga merah marun gelap hingga hitam.

Setiap warna darah yang berbeda ini ternyata dapat menunjukkan dari mana pendarahan itu berasal. Misalnya, darah merah cerah biasanya berarti pendarahan yang rendah di usus besar atau rektum.

Sementara darah merah merah tua atau merah marun bisa berarti bahwa Moms mengalami pendarahan yang lebih tinggi di usus besar atau di usus kecil.

Selain itu, melena atau feses yang berwarna gelap dan seperti tar sering menunjukkan pendarahan di perut, seperti pendarahan dari bisul.

Dalam beberapa kasus, pendarahan yang diterjadi ketika buang air besar ini bisa menjadi gejala kecil dari suatu kondisi yang dapat dengan mudah diobati, seperti wasir.

Namun, pendarahan saat Moms BAB juga terkadang bisa menjadi tanda kondisi serius seperti kanker kolorektal.

Jadi, jika Moms mengalami pendarahan berat, dalam jangka waktu yang cukup sering, atau membuat khawatir, segeralah memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab dan cara tepat perawatannya.

Baca Juga: 10 Arti Mimpi Buang Air Besar yang Perlu Moms Ketahui

Buah untuk BAB Berdarah

Tenang saja Moms, BAB berdarah tak selalu perlu diatasi dengan minum obat. Kunci pentingnya, yakni menjaga asupan makanan yang masuk dalam sistem pencernaan.

Salah satunya dengan banyak mengonsumsi buah. Ada beberapa jenis buah untuk BAB berdarah yang bisa Moms konsumsi untuk mengatasi pendarahan pada feses, berikut di antaranya:

1. Apel

Apel

Foto: Orami Photo Stock

Buah untuk BAB berdarah yang pertama, yakni apel.

Apel termasuk buah terbaik untuk menghentikan pendarahan pada feses karena padat nutrisi yang mencakup berbagai vitamin, mineral, dan serat.

Kandungan terpenting dalam apel yang baik untuk saluran cerna adalah serat. Mengutip Healthline, 1 apel berukuran sedang memiliki hampir 5 gram serat.

Hal ini tentu saja sangat bagus dikonsumsi agar pendarahan berhenti dan mencegahnya kembali. Sistem pencernaan pun akan lebih sehat karena kandungan serat dalam buah apel.

Dalam U.S Department of Agriculture juga disebutkan bahwa, beberapa kandungan serat pada apel adalah pektin, jenis serat larut yang menciptakan konsistensi seperti gel di saluran pencernaan.

Gel ini akan membantu melunakkan dan menambah jumlah tinja sehingga mengurangi ketegangan dan membantu ketidaknyamanan ketika buang air besar.

Baca Juga: Sindrom Iritasi Usus Besar, Waspada Gejala, Penyebabnya, dan Faktor Risikonya!

2. Pir

buah pir.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Sama seperti buah apel, pir juga bisa menjadi buah untuk BAB berdarah karena mengandung tinggi serat yang bisa Moms konsumsi untuk menghentikan pendarahan saat buang air besar.

Dalam 1 buah pir yang berukuran sedang mengandung hampir 6 gram serat, yang merupakan 22% dari kebutuhan serat harian yang direkomendasikan.

Namun saat mengonsumsi pir, sebaiknya Moms memakannya bersama dengan bagian kulitnya. Hal ini karena bagian kulit pear mengandung lebih banyak serat dibanding daging buahnya.

Dalam Journal of Nutrition Today, kandungan serat dalam buah pir juga bagus untuk mengatasi sembelit.

Sifat anti-inflamasi, antihiperglikemik, dan diuretiknya juga menjadikan pir sebagai buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi. Apalagi, pir diperkaya dengan vitamin C yang baik untuk kekebalan tubuh.

3. Raspberry

buah raspberry.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Buah-buahan lainnya yang kaya air dan kandungan serat sehingga baik dikonsumsi sebagai buah untuk BAB berdarah adalah raspberry.

FoodData Central menyebutkan, 1 cangkir berukuran 123 gram buah raspberry mentah mengandung 8 gram serat dengan kadar mencapai air 85%.

Kandungan tersebut tentunya sangat baik untuk sistem pencernaan Moms. Serat dan air dapat membuat feses menjadi lebih lunak dan mudah untuk dikeluarkan.

Moms pun tidak akan mengalami pendarahan lagi ketika BAB.

Baca Juga: 6 Penyebab Bayi Tidak Buang Air Besar dan Cara Mengatasinya

4. Pisang

pisang

Foto: Orami Photo Stock

Buah untuk BAB berdarah selanjutnya yang dapat dikonsumsi adalah pisang.

Sebab, buah pisang diperkaya dengan pektin dan pati resisten sehingga baik untuk menenangkan gejala wasir, salah satu penyakit yang dapat menyebabkan pendarahan pada feses.

Kandungan pektin dalam pisang dapat menciptakan gel di saluran pencernaan. Sementara itu, pati resistennya memberi makan bakteri baik di usus.

Benar-benar kombinasi yang bagus untuk mengatasi BAB berdarah karena wasir.

Pisang juga kaya akan serat, dalam 1 buah pisang berukuran sedang yang berukuran 7-8 inci (18-20 cm) menyediakan 3 gram serat. Hal ini tentu baik untuk kesehatan saluran cerna, Moms.

Baca Juga: Balita Susah BAB: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

5. Mangga

mangga

Foto: Orami Photo Stock

Sembelit membuat Moms susah BAB karena feses terlalu keras. Terkadang, kondisi ini pun membuat Moms mengejan terlalu kuat sehingga menyebabkan pendarahan.

Dalam mengatasinya, Moms bisa mengonsumsi buah mangga.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal AgriLife Research & Extension menyebutkan bahwa selain kaya serat, mangga memiliki jumlah polifenol yang cukup besar, dan juga mengandung sorbitol yang dapat berkontribusi pada peningkatan buang air besar pada individu yang mengalami konstipasi.

Moms bisa memilih jenis mangga apapun, yang jelas, pastikan mengonsumsinya dalam bentuk segar. Langsung memotong dan memakannya sebagai camilan mungkin akan lebih bagus daripada mengolahnya menjadi jus dengan gula tambahan.

Nah, itu dia penjelasan mengenai BAB berdarah dan beberapa pilihan buah yang bisa Moms konsumsi untuk mengatasinya. Selain makan buah, minum banyak air putih, dan makan banyak sayur juga membantu, lho.

  • https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/14612-rectal-bleeding
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4657810/
  • https://www.mango.org/wp-content/uploads/2017/10/Intestinal_Regularity_Full_Report_ENG.pdf
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait