Kesehatan

22 Juli 2021

Tak Hanya Enak, Ini 5 Buah untuk Detox Racun Dalam Tubuh

Ingin tahu apa saja buah untuk detox racun dalam tubuh? Ini ulasannya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Widya Citra Andini

Apakah Moms ingin tahu apa saja buah untuk detox racun dalam tubuh? Tentunya ada banyak sekali, ya, Moms. Pola makan yang sehat memang sangat penting bagi proses detoksifikasi tubuh.

Perlu Moms pahami, tubuh memiliki sistem detox yang lengkap dan efisien yang membantu menjaga kita tetap sehat. Pola hidup yang buruk sangat membuat kita rentan terhadap segala macam racun yang merusak metabolisme tubuh.

Ketika metabolisme tubuh rusak, maka hal tersebut bisa terjadi karena pola makan yang buruk.

Menurut Sarah Asay, direktur nutrisi dan pengembangan produk di BistroMD, disfungsi metabolisme yang muncul bisa ditandai dengan penambahan berat badan, peningkatan tekanan darah dan kolesterol, energi yang lebih rendah, dan kesulitan untuk tidur.

Untuk itu, pola hidup sehat harus diterapkan untuk mendetoksifikasi tubuh dan memperlancar metabolisme. Ingin tahu jenis buah untuk detox racun dalam tubuh yang bisa Moms dan keluarga konsumsi? Berikut ini ulasannya!

Baca Juga: Coba Praktekkan 5 Cara Simpel Ini untuk Mendetoks Rumah

Jenis Buah untuk Detox Racun dalam Tubuh

Berbagai jenis buah untuk detox racun dalam tubuh ini sangat baik dikonsumsi sehari-hari, di antaranya adalah:

1. Apel

Apel

Foto: Orami Photo Stock

Apel adalah buah untuk detox racun dalam tubuh karena kaya akan vitamin, serat, dan mineral penting di dalam tubuh. Apel juga kaya akan fitokimia dan pektin, yang membantu dalam proses detox racun dalam tubuh.

Pektin mengeluarkan aditif makanan dan logam dalam tubuh. Selain itu, asam dalam apel (malat dan tartarat) juga membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Apel paling baik dimakan mentah dan jika dikonsumsi dengan kulitnya adalah sumber vitamin C dan serat yang baik.

Apel organik memiliki antioksidan yang lebih tinggi daripada apel yang ditanam secara konvensional. Antioksidan penting untuk menjaga tubuh dari paparan radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Apel juga menjadi sumber zat besi yang baik untuk tubuh. Zat besi dikenal membantu penyerapan oksigen yang lebih baik, yang pada gilirannya meningkatkan laju metabolisme tubuh.

Dilansir dari studi oleh European Journal of Nutrition pada 2013, makan apel juga membantu menurunkan kadar kolesterol lipoprotein kepadatan rendah di antara orang sehat.

Namun, perlu dipahami bahwa minum jus apel tidak memiliki dampak yang sama. Jadi, cobalah untuk mengonsumsi apel utuh untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Baca Juga: 10 Jenis Buah yang Tidak Boleh Masuk Kulkas, Catat!

2. Pepaya

Pepaya.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Buah untuk detox racun dalam tubuh berikutnya, yaitu pepaya. Pepaya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Selain itu, buah satu ini juga mengandung nutrisi lainnya, seperti vitamin A, magnesium, dan kalium.

Pepaya juga memiliki kandungan likopen yang baik untuk tubuh. Dikutip dari American Journal of Medicine, buah-buahan yang tinggi likopen dan vitamin C dapat mencegah terjadinya penyakit jantung.

Antioksidan dalam pepaya juga melindungi jantung dan meningkatkan efek perlindungan dari kolesterol HDL "baik".

Semua kandungan tersebut menjadikan pepaya antioksidan yang hebat, bahkan membantu melawan penyakit seperti pilek dan flu. Papain, enzim yang ditemukan dalam pepaya juga membantu dalam pemecahan protein dan pencernaan.

Saat sedang mengalami sembelit, pepaya pasti menjadi salah satu buah yang disarankan untuk melancarkan pencernaan. Hal ini karena enzim papain pada pepaya dapat membuat protein lebih mudah dicerna.

Buah satu ini kaya akan beta-karoten yang dapat mencegah kanker paru-paru dan mulut. Kandungan beta-karoten ini juga terdapat dalam Salah dalam buah-buahan lainnya, seperti aprikot, brokoli, melon, labu, dan wortel.

Baca Juga: 5 Snack Sehat dari Sayuran dan Buah, Enak Lho!

3. Delima

Delima

Foto: Orami Photo Stock

Tahukah Moms bahwa buah delima juga menjadi buah untuk detox racun dalam tubuh? Delima dapat menjadi sumber antioksidan yang baik untuk tubuh.

Punicalagins adalah antioksidan yang sangat kuat dan ditemukan dalam jus dan kulit delima.

Dilansir dari Journal of Agricultural and Food Chemistry, sifat punicalagins sangat kuat sehingga jus delima diketahui memiliki aktivitas antioksidan 3 kali lipat dari anggur merah dan teh hijau.

Punicalagins juga dinilai dapat mengurangi aktivitas peradangan di saluran pencernaan, serta pada sel kanker payudara dan kanker usus besar.

Ingin tahu cara yang tepat untuk makan buah delima? Cara terbaik untuk mengonsumsi buah delima dalam bentuk jus karena biji buahnya membutuhkan banyak waktu untuk dicerna.

Nah, manfaat delima bisa dirasakan dalam tubuh karena mengandung vitamin C dan serat yang baik untuk tubuh.

Delima juga dianggap sebagai obat karena membantu menjaga kesehatan jantung dan mengatur kadar kolesterol dalam darah.

Selain itu, senyawa tanaman dalam buah delima dapat membantu melawan mikroorganisme berbahaya. Misalnya, kemampuan senyawa tersebut yang telah terbukti memerangi beberapa jenis bakteri serta jamur Candida albicans.

Konsentrasi antioksidan jus buah delima dan kemampuannya untuk memengaruhi stres oksidatif menjadikan buah ini sebagai pendorong kesuburan yang potensial.

Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba rutin mengonsumsi buah delima dari sekarang, ya!

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan dan Kecantikan

4. Lemon

Lemon

Foto: Orami Photo Stock

Kalau berbicara tentang proses detox racun dalam tubuh, rasanya tidak lepas dari buah lemon. Buah satu ini memang dikenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi dan sumber antioksidan dalam tubuh.

Jika Moms ingin mendapatkan manfaat yang maksimal dari lemon, cobalah untuk minum perasan lemon dan air hangat setiap paginya. Bisa juga tambahkan gula atau jahe agar lebih nikmat dan segar.

Sebagai minuman sehat sehari-hari, Moms juga dapat minum infused water yang terbuat dari lemon. Tambahkan es batu agar minuman menjadi segar dan pelepas dahaga yang baik untuk kesehatan.

Dilansir dari Mycopathologia, perasan buah lemon memiliki sifat anti jamur. Lemon juga dapat membunuh strain jamur Candida yang merupakan jamur penyebab infeksi pada kulit.

Lemon mengandung sekitar 10 persen karbohidrat yang sebagian besarnya dalam bentuk serat larut dan gula sederhana.

Lemon juga mengandung serat utama, yaitu serat pektin, yang terkenal dengan berbagai manfaatnya untuk kesehatan.

Serat larut meningkatkan kesehatan usus dengan melancarkan pencernaan serta memperlambat pencernaan gula dan pati yang berefek pada penurunan kadar gula dalam darah.

Kandungan vitamin C dalam lemon juga baik untuk kesehatan kulit. Lemon mampu melindungi sel kulit dari paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel serta salah satu faktor kulit kusam.

Vitamin C juga menghambat produksi melanin di kulit yang membantu mencerahkan hiperpigmentasi dan bintik-bintik cokelat, meratakan warna kulit, dan meningkatkan kecerahan pada kulit secara keseluruhan.

Baca Juga: 9 Superfood yang Bermanfaat untuk Kecantikan

5. Buah Beri

Buah Beri.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Berbagai jenis buah-buahan beri, seperti stroberi, blueberry, raspberry, atau blackberry juga menjadi buah untuk detox racun dalam tubuh. Jenis buah ini juga terkenal kaya akan vitamin C serta tinggi antioksidan.

Buah-buahan beri membantu menghasilkan butirat, yang merupakan asam lemak yang membantu dalam penurunan berat badan dan menjaga agar berat badan tetap ideal.

Buah beri mengandung antioksidan polifenol yang disebut juga antosianin. Zat ini mampu mengurangi stres oksidatif sehingga mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Zat ini juga memiliki antiinflamasi sehingga dapat menjaga tekanan darah.

Buah beri juga baik untuk kesehatan tulang. Hal ini karena kandungan zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, zinc, mangan, dan vitamin K di dalamnya.

Itulah jenis buah untuk detox racun dalam tubuh yang dapat Moms konsumsi. Yuk hidup sehat untuk membuang racun dalam tubuh!

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/12566142/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/11052704
  • https://www.byrdie.com/how-to-detox-fast-4795856
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3915084/
  • https://link.springer.com/article/10.1007/s00394-012-0489-z
  • https://food.ndtv.com/food-drinks/6-power-fruits-you-should-include-in-your-diet-to-detox-1677523
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait