Rupa-rupa

3 Mei 2021

8 Pilihan Buah untuk Diabetes, Mulai dari Apel hingga Kurma

Penderita diabetes, jangan sembarangan makan buah. Inilah beberapa pilihan buah untuk diabetes
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Anggia Hapsari
Disunting oleh Adeline Wahyu

Diabetes adalah salah satu penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian di penjuru dunia.

Biasanya, penyakit ini dikarenakan pola makan dan gaya hidup tidak sehat.

Moms dengan anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit diabetes, perlu lebih berhati-hati karena Moms memiliki risiko yang lebih tinggi mengidap diabetes.

Tak bisa dipungkiri, salah satu cara paling efektif untuk mengontrol gula darah dalam tubuh adalah dengan makan makanan yang sehat. Hal ini mulai dari makanan utama, camilan, hingga buah untuk diabetes.

Menurut dr. Arti Indira, M.Gizi., Sp.GK yang berpraktik di Beayoutful Clinic, Jakarta, jika Moms ingin tahu apa saja makanan penurun gula darah yang paling ampuh, maka Moms perlu mencari makanan dan minuman yang diserap oleh tubuh secara perlahan.

Berbagai makanan dengan kriteria tersebut merupakan makanan penurun gula darah yang terbaik. Karena, kandungan makanan tersebut tidak menyebabkan lonjakan dan penurunan gula darah seketika.

Dilansir dari laman medicalnewstoday.com, kriteria makanan hingga buah untuk diabetes yang tepat dapat diketahui dari indeks glikemiknya (GI).

Angka GI dapat mengukur efek makanan tertentu pada kadar gula darah.

Jika Moms dan Dads ingin mengontrol level gula darah, maka Moms dan Dads perlu memilih makanan dengan skor GI rendah atau sedang.

Selain itu, Moms juga bisa memasangkan atau memadukan makanan atau buah-buahan dengan skor GI rendah dan tinggi untuk memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi tersebut seimbang.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan Penderita Diabetes saat Hamil

Buah untuk Diabetes dengan Indeks Glikemik Baik

Skenarionya, Moms dan Dads ingin menjaga kesehatan agar terhindar dari masalah diabetes. Atau ternyata, salah satu keluarga Moms memiliki masalah dengan diabetes.

Hal ini membuat Moms dan Dads resah setiap mengonsumsi makanan, terutama buah untuk diabetes yang disinyalir kaya serat.

Berbagai pertanyaan pun berkecamuk. Apakah buah yang akan dikonsumsi aman untuk penderita diabetes?

Sejatinya, jika ingin makan buah untuk diabetes, jangan makan secara berlebihan. Ingat, segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik untuk tubuh, terutama untuk penderita diabetes.

Saat mencari buah untuk diabetes, pilih buah-buahan segar, memiliki indeks glikemik rendah, dan tidak dimakan sebagai makanan utama.

Jika seorang penderita diabetes ingin mengonsumsi buah dengan indeks glikemik tinggi, buah tersebut harus dimakan hanya dalam jumlah sedang.

Makan buah-buahan dengan beberapa kacang-kacangan dan buah zaitun dapat membantu menyeimbangkan glikemik.

Yang terpenting, jangan pernah mengonsumsi jus buah karena serat buah akan hancur dan tergerus. Jus buah juga cenderung memicu peningkatan kadar gula darah.

Selain itu, menurut dr. Astri, pengidap penyakit diabetes sebaiknya mengonsumsi buah secara moderat, dalam bentuk utuh seperti aslinya, dan tidak mengonsumsi buah yang sudah diolah.

Baca juga: Manfaat Makan Buah Kiwi Secara Rutin untuk Kesehatan Tubuh

Beberapa buah untuk diabetes berikut bisa dikonsumsi tanpa perlu rasa was-was:

1. Buah Beri-Berian

stroberi sebagai sumber vitamin c untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Buah untuk diabetes yang pertama adalah buah beri.

Buah beri sarat dengan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan, dan buah ini merupakan pilihan yang sangat baik bagi orang-orang dengan masalah pengelolaan gula darah.

Sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa makan 2 cangkir (250 gram) raspberry merah dengan makanan tinggi karbohidrat secara signifikan mengurangi insulin dan gula darah pasca makan pada orang dewasa dengan prediabetes, dibandingkan dengan kelompok lainnya.

Selain raspberry, penelitian telah menunjukkan bahwa stroberi, blueberry, dan blackberry juga masuk dalam buah untuk diabetes karena dapat bermanfaat untuk mengatur gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin dan meningkatkan pembersihan glukosa dari darah.

2. Alpukat

buah untuk diabetes

Foto: Orami Photo Stock

Buah untuk diabetes selanjutnya adalah alpukat.

Selain lembut dan lezat, alpukat kaya akan lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral. Menambahkan buah ini dalam makanan mampu memberikan kalori untuk energi namun tetap menjaga gula darah lebih stabil.

Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa alpukat dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan melindungi terhadap perkembangan sindrom metabolik. Sindrom metabolik adalah sekelompok kondisi, termasuk tekanan darah tinggi dan gula darah tinggi, yang meningkatkan risiko penyakit kronis.

3. Kurma

manfaat kurma untuk ibu hamil.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Semakin tinggi GI makanan, semakin tinggi pula risiko kadar gula meningkat dalam aliran darah. Inilah sebabnya pasien diabetes diberi tahu untuk mengonsumsi makanan yang memiliki tingkat GI lebih rendah.

Karena alasan inilah manfaat kurma bisa dirasakan oleh penderita diabetes di mana kurma memiliki GI yang rendah.

Kurma adalah buah untuk diabetes yang membantu pengendalian glikemik pada pasien diabetes bisa dirasakan ketika penderita makan berbagai jenis kurma atau mencampurnya dengan plain yoghurt.

Selain mengandung fruktosa dalam jumlah tinggi, kurma juga mengandung kemewahan serat dan nutrisi seperti vitamin A, K, dan B-kompleks, zat besi, kalsium, natrium, kalium, magnesium, serta seng.

Dengan berbagai nutrisi tersebut, manfaat kurma bisa dirasakan oleh penderita sembelit, penyakit jantung, anemia, diare, dan tidak terkecuali penyakit diabetes.

Sebuah penelitian tahun 2011 yang diterbitkan dalam Nutrition Journal, menunjukkan bahwa ketika penderita diabetes mengkonsumsi kurma, kadar glukosa postprandial mereka tidak akan "meroket".

Dengan demikian, hal ini juga menunjukkan bahwa manfaat kurma sangat potensial bagi pasien diabetes. Asalkan dikonsumsi dalam jumlah sedang bersama dengan diet seimbang yang sehat.

Meski demikian, penderita diabetes tetap disarankan mengonsumsi kurma paling banyak tiga buah saja.

4. Apel

apel buah penambah darah

Foto: Orami Photo Stock

Buah untuk diabetes selanjutnya adalah buah apel. Buah ini mengandung vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, dan serat yang tinggi.

Buah apel pun dikenal memiliki nilai IG yang rendah sehingga membantu mencegah peningkatan kadar gula darah secara drastis.

Apel kaya akan serat, sehingga seseorang yang makan buah apel akan cenderung kenyang lebih lama. Cocok untuk diet.

Bagi penderita diabetes, apel pun membantu memperlambat penyerapan nutrisi seperti gula ke dalam aliran darah, dan mengurangi kolesterol.

Konsumsilah apel bersama kulitnya karena bagian tersebut mengandung banyak gizi dan antioksidan.

5. Pir

buah pir

Foto: Orami Photo Stock

Pir menjadi buah untuk diabetes yang juga jangan dilewatkan oleh penderita diabetes.

Sebuah penelitian yang terbit dalam jurnal PLOS Medicine tahun 2017 menemukan bahwa penderita diabetes yang mengonsumsi buah segar setidaknya tiga hari dalam seminggu memiliki risiko kematian dan komplikasi vaskular lebih rendah. Meski demikian, penderita diabetes tetap harus berhati-hati karena beberapa jenis buah bisa mempengaruhi kadar gula darah dengan signifikan.

Pir sebagai buah dengan rasa manis dan renyah ini cocok untuk penderita diabetes. Hal ini karena buah pir mengandung serat yang dapat menyehatkan sistem pencernaan.

Buah untuk diabetes juga memiliki beragam nutrisi lain, seperti vitamin K, air, dan antioksidan yang tinggi.

6. Jeruk

buah jeruk

Foto: Orami Photo Stock

Buah untuk diabetes yang tak kalah baik adalah jeruk. Selain mengandung vitamin C, jeruk mengandung air, kalium, tiamin, dan asam folat yang baik.
Kalium dikenal sebagai salah satu nutrisi yang baik untuk membantu mengontrol tekanan darah.

Selain itu, kandungan tiamin pada jeruk dipercaya mampu membantu menurunkan kadar gula darah dan membantu mencegah resistensi insulin.

7. Kiwi

buah kiwi mengandung serat

Foto: Orami Photo Stock

Kandungan vitamin C, serat, kalium yang tinggi pada buah kiwi, dan antioksidan yang tinggi di dalamnya, menjadikan buah ini sebagai asupan yang baik bagi penderita diabetes.

Baca juga: Manfaat Makan Buah Kiwi Secara Rutin untuk Kesehatan Tubuh

8. Jambu biji

Ketahui 5 Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

Foto: Orami Photo Stock

Buah untuk diabetes ini mengandung banyak serat dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Itulah sebabnya, tidak hanya dipercaya baik untuk dikonsumsi oleh orang yang terkena demam berdarah, jamu biji juga cocok untuk dikonsumsi orang yang bermasalah dengan diabetes.

Selain itu, buah ini juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

Itulah beberapa buah untuk diabetes yang bisa dikonsumsi. Agar lebih maksimal, jangan lupa untuk tetap melakukan pola hidup sehat dengan menjaga pola makan sehat untuk penderita diabetes, teratur berolahraga, jauhi stres, rokok, dan alkohol, ya!

  • https://nutritionj.biomedcentral.com/articles/10.1186/1475-2891-10-59
  • https://journals.plos.org/plosmedicine/article?id=10.1371/journal.pmed.1002279
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/322861
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait