Trimester 1

25 November 2021

7 Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil Muda, Ada yang Bisa Hilangkan Mual!

Tak hanya enak, buah-buahan ini juga punya banyak manfaat bagi ibu dan janin
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Nydia
Disunting oleh Karla Farhana

Selama kehamilan, Si Kecil bergantung pada sang ibu untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Itulah sebabnya Moms perlu tahu buah yang bagus untuk ibu hamil muda.

Saat hamil muda atau trimester pertama, sangat penting untuk mengetahui apa yang bagus dan tidak boleh dikonsumsi. Tak terkecuali dalam hal buah-buahan.

Buah-buahan kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, seperti berbagai vitamin, mineral, dan serat.

Mengonsumsi buah juga membantu mencegah sembelit, gejala yang umum dialami selama kehamilan.

Baca juga: Sering jadi Perdebatan, Bolehkah Ibu Hamil Makan Nanas?

Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil Muda

Jika sedang hamil, Moms mungkin menginginkan sesuatu yang manis. Namun, cobalah menahan diri untuk tidak makan makanan tidak sehat, seperti:

  • Permen
  • Kue
  • Minuman kemasan
  • Makanan cepat saji
  • Makanan mengandung bahan pengawet

Sebagai gantinya, cobalah untuk memilih makanan yang lebih sehat, seperti buah-buahan. Karena, buah menawarkan rasa manis yang Moms idamkan dan nutrisi yang dibutuhkan.

Berikut ini beberapa pilihan buah yang bagus untuk ibu hamil muda. Apa saja, ya Moms?

1. Jeruk

Buah Jeruk untuk Penambah Imun (englishtipsforyou.wordpress.com).jpg

Foto: Orami Photo Stock

Jeruk merupakan buah yang tinggi kadar air, sehingga bisa membantu Moms tetap terhidrasi.

Buah ini juga merupakan sumber asam folat, yang sangat penting dalam membantu mencegah cacat tabung saraf pada janin.

American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) merekomendasikan 400 mcg asam folat per hari saat hamil.

Selain itu, jeruk juga merupakan sumber vitamin C yang bagus yang merupakan antioksidan.

Antioksidan ini dapat membantu mencegah kerusakan sel sekaligus membantu tubuh menyerap zat besi.

2. Mangga

XX Manfaat Daun Mangga

Foto: Orami Photo Stock

Mangga adalah sumber vitamin C, sehingga menjadi salah satu buah yang bagus untuk ibu hamil muda. Selain itu, mangga juga mengandung vitamin A yang tinggi.

Kekurangan vitamin A saat lahir dikaitkan dengan kekebalan tubuh yang lebih rendah dan risiko komplikasi yang lebih tinggi, seperti:

Menurut studi pada 2019 di jurnal Nutrients, mangga adalah salah satu pilihan buah yang bagus untuk pola makan selama hamil.

Namun, makanlah dalam jumlah sedang, bersama dengan berbagai buah lainnya.

3. Alpukat

Penyakit-yang-Tidak-Boleh-Makan-Alpukat-(medium.com).jpg

Foto: Orami Photo Stock

Dibanding buah lain, alpukat mengandung lebih banyak folat.

Buah ini juga mengandung banyak nutrisi lain seperti vitamin C, vitamin B, vitamin K, serat, kolin, magnesium, dan kalium.

Beberapa wanita mengatakan bahwa alpukat membantu meredakan mual. Ini mungkin karena potasium dan magnesium dalam alpukat.

Kalium juga dapat membantu meredakan kram kaki yang sering dialami ibu hamil.

Selain itu, kandungan kolin dalam alpukat penting untuk perkembangan otak dan saraf janin. Kekurangan kolin dapat menyebabkan cacat tabung saraf dan gangguan memori.

Baca juga: 21 Manfaat Aprikot untuk Kesehatan, Baik untuk Kehamilan!

4. Lemon

ISPA Pada Ibu Hamil - Minum Air Lemon.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Menurut studi pada 2014 di Iranian Red Crescent Medical Journal, ibu hamil yang mengonsumsi lemon mengalami gejala mual yang lebih ringan.

Terutama pada trimester awal, di mana morning sickness menjadi gejala yang paling umum bagi ibu hamil.

Lemon juga tinggi vitamin C dan dapat membantu merangsang sistem pencernaan untuk meredakan sembelit.

Jadi, tak heran jika lemon menjadi salah satu buah yang bagus untuk ibu hamil muda.

5. Pisang

pisang cavendish

Foto: Orami Photo Stock

Pisang adalah buah sumber kalium yang bagus. Selain itu, pisang juga mengandung:

  • Vitamin B6
  • Vitamin C
  • Serat

Semua nutrisi ini dapat membantu mengatasi berbagai ketidaknyamanan saat hamil muda, seperti:

  • Sembelit
  • Mual
  • Mutah

6. Buah Beri

buah beri.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Buah beri, memiliki banyak ragam yang bisa Moms konsumsi, seperti:

  • Blueberry
  • Raspberry
  • Stroberi
  • Blackberry
  • Goji berry

Semuanya kaya akan banyak nutrisi, seperti vitamin C, serat, dan folat. Buah ini juga mengandung fitonutrien seperti flavonoid dan anthocyanin.

Selain itu, buah-buahan beri juga jadi sumber karbohidrat yang baik untuk energi.

Saat hamil, sangat penting untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks padat nutrisi seperti buah beri.

Alih-alih karbohidrat sederhana yang diproses seperti donat, kue, dan kue kering.

7. Apel

Buah Apel (www.10best.com).jpg

Foto: Orami Photo Stock

Apel juga merupakan buah yang bagus untuk ibu hamil muda, karena tinggi serat dan merupakan sumber berbagai vitamin, antara lain:

  • Vitamin C
  • Vitamin A
  • Potasium
  • Pektin

Pektin adalah prebiotik yang memberi makan bakteri baik di usus.

Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari buah ini, makanlah bersama kulitnya. Namun, pastikan untuk membilasnya dengan air terlebih dahulu.

Tips Makan Buah saat Hamil

Cuci Buah.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Itu tadi beberapa buah yang bagus untuk ibu hamil muda. Pastikan untuk mengonsumsi semuanya, serta imbangi dengan variasi makanan sehat lainnya.

Ketika mengonsumsi buah saat hamil, sebaiknya pilihlah yang organik agar bebas pestisida.

Namun perlu diingat bahwa makan buah non-organik jauh lebih baik daripada tidak makan buah sama sekali.

Untuk mengurangi risiko mengonsumsi residu pestisida atau bakteri pada buah-buahan, berikut ini beberapa tipsnya:

  • Cuci buah secara menyeluruh sebelum dikonsumsi
  • Buang area buah yang memar atau berlubang
  • Segera konsumsi buah-buahan setelah dipotong
  • Hindari membeli buah yang sudah dipotong, seperti melon atau semangka
  • Simpan buah segar di lemari es, jauhkan dari daging mentah

Baca juga: 15 Manfaat Buah Kecapi untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Nah, itulah pembahasan mengenai buah yang bagus untuk ibu hamil muda dan tips yang mungkin bermanfaat.

Mengonsumsi buah selama kehamilan membantu memastikan bahwa Moms dan bayi tetap sehat.

Buah segar, beku, dan kalengan adalah pilihan yang baik. Pastikan saja tidak ada gula yang ditambahkan ke produk buah kalengan.

Sebab, pada dasarnya buah-buahan sudah mengandung gula. Jika mengonsumsi gula tambahan lagi, ada banyak risiko yang bisa mengintai.

  • https://www.acog.org/womens-health/faqs/nutrition-during-pregnancy?utm_source=redirect&utm_medium=web&utm_campaign=otn
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6470929/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4005434/
  • https://parenting.firstcry.com/articles/guide-to-first-trimester-diet-food-to-eat-and-avoid/
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/322757
  • https://www.healthline.com/health/pregnancy/best-fruits-to-eat
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait