Kesehatan Umum

19 November 2021

18 Buah yang Bagus untuk Jantung, Ada Buah Delima!

Pilihan makanan di bawah ini bisa Moms sisipkan dalam menu setiap harinya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Adeline Wahyu

Penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor satu di dunia. Adapun, hal ini bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan atau buah yang bagus untuk jantung.

Sejumlah buang memiliki kandungan yang bergizi untuk fungsi jantung yang lebih baik.

Lantas, buah apa saja yang menjadi pilihan? Mari simak dan ketahui bersama, Moms.

Buah yang Bagus untuk Jantung

Serangan jantung bisa disebabkan oleh berbagai faktor.

Namun, pemicu utamanya adalah pola makan yang tidak sehat seperti mengonsumsi junk food yang tidak diimbangi olahraga rutin.

Meskipun demikian, Moms bisa memulai mengubah pola makan dengan mengonsumsi makanan yang ‘ramah’ jantung seperti berikut ini:

1. Blueberry

manfaat-blueberry-buah-yang-bagus-untuk-jantung.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Tahukah Moms? Blueberry termasuk dalam buah yang bagus untuk jantung pertama.

Manfaat blueberry untuk kesehatan ini tak perlu diragukan lagi.

Buah dari keluarga beri ini mampu mengurangi peradangan dalam dinding arteri jantung, lho. Dalam arti lain, ini bisa mngurangi risiko terkena serangan jantung.

Moms bisa mengonsumsinya secara rutin setiap hari sebanyak 250 gram, ya.

2. Strawberry

Masih dalam keluarga buah beri, adapun buah yang berwarna merah ini juga baik untuk kesehatan jantung.

Melansir Cleveland Clinic, buah stroberi mengandung antioksidan yang tinggi dan bisa mencegah pertumbuhan radikal bebas dalam tubuh.

Selain itu, senyawa ini juga mengurangi risiko stres oksidatif dan peradangan yang memicu penyakit jantung.

Buah ini juga memiliki serat yang tinggi dan baik untuk melancarkan pencernaan, lho.

3. Bit

buah bit untuk buah yang bagus untuk jantung

Foto: Orami Photo Stocks

Umbi-umbian berwarna ungu ini memberikan manfaat dengan melepaskan senyawa bernama nitrit pada darah.

Manfaat buah yang bagus untuk jantung ini dapat memperbesar nadi dan memperlancar aliran darah.

Dalam hal ini, akan membantu para penderita darah tinggi dalam mengurangi risiko kekakuan arteri pada jantung, Moms.

Baca Juga: 5 Tanda Bayi Tidak Cocok Susu Formula yang Perlu Moms Waspadai

4. Kacang-kacangan

Diketahui juga, sejumlah kacang-kacangan termasuk dalam makanan dan buah yang baik untuk kesehatan jantung, lho.

Jenis kacang-kacangan seperti almond, kenari dan walnut baik untuk dijadikan camilan sehat.

Namun sebaiknya, pilihlah kacang yang belum diberi perisa asin atau masih alami, ya. Sehingga manfaatnya bisa diserap tubuh secara maksimal.

5. Alpukat

Penyakit-yang-Tidak-Boleh-Makan-Alpukat-(medium.com).jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh yang sehat untuk jantung.

Adapun sejumlah penelitian telah mengaitkan ini dengan penurunan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Untuk mendapatkan manfaat buah yang bagus untuk jantung ini perlu alpukat yang telah matang sempurna, lho.

Karenanya, apakah Moms sudah tahu cara mematangkan alpukat dengan benar?

6. Ikan

Tak hanya buah yang bagus untuk kesehatan jantung, makanan berprotein tinggi ini juga bisa jadi alternatif.

Ikan kaya lemak omega seperti salmon, tuna, dan sardin baik untuk kesehatan jantung.

Jenis ikan tersebut dipercaya mampu meningkatkan kapasitas jantung saat sedang berolahraga.

7. Apel

jenis-apel-buah-yang-bagus-untuk-jantung.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Diketahui, makan satu buah apel per harinya dapat mengurangi kita konsultasi ke dokter, lho.

Kalimat bijak tersebut tidak sepenuhnya mitos, karena dalam apel terkandung quercetin dan pektin yang baik untuk jantung.

Buah yang bagus untuk jantung ini juga baik untuk mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh karena kandungan protein yang tinggi, Moms.

Tak hanya itu, manfaat apel untuk kesehatan juga baik untuk kecantikan kulit, lho.

8. Biji-bijian

Yuk, selingkan biji-bijian untuk makanan yang bagus untuk kesehatan jantung.

Mengganti asupan karbohidrat dengan biji-bijian utuh seperti beras merah atau gandum baik untuk kesehatan jantung.

Biji-bijian utuh ini mengandung banyak serat dan protein yang dibutuhkan tubuh.

Baca Juga: 13 Manfaat Kulit Semangka, Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan Lho!

9. Jeruk

cara-menanam-jeruk.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Dalam Food & Nutrition Research memaparkan bahwa buah jeruk bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena serangan jantung.

Rasanya yang manis dengan kandungan air yang tinggi, jeruk memiliki serat pektin untuk melawan kolesterol jahat dalam tubuh.

Buah yang bagus untuk jantung ini juga memiliki potasium, yakni membantu mengontrol tekanan darah.

10. Bawang Putih

Di luar itu, bawang putih juga baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Hindari memakai bawang putih dengan tambahan perasa atau garam yang tinggi, ya. Hal ini karena dapat menyebabkan darah tinggi.

Ini adalah salah satu cara mudah untuk mengurangi risiko terkena serangan jantung.

11. Pepaya

Jenis pepaya buah yang bagus untuk jantung 3.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Buah yang bagus untuk jantung lainnya adalah pepaya, Moms! Pepaya mengandung antioksidan yang tinggi yakni seperti:

  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin E

Buah dengan tinggi antioksidan dipercaya dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Antioksidan diketahui bisa mencegah oksidasi kolesterol. Ketika kolesterol teroksidasi, kemungkinan besar akan terjadi penyumbatan dan menyebabkan penyakit jantung.

12. Teh Hijau

Selain sebagai minuman favorit, teh hijau juga terbukti menurunkan risiko penyakit jantung hingga 25%.

Sebaiknya untuk konsumsi teh hijau maksimal 5 gelas selama satu hari.

Tak lupa untuk diiringi dengan perbanyak konsumsi air putih agar tidak terjadi batu ginjal, ya.

Baca Juga: 10+ Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi dan Sehat, Salah Satunya Mangga!

13. Tomat

Masker Tomat untuk Wajah dengan Komedo

Foto: Orami Photo Stocks

Penelitian dalam Neuorology menemukan bahwa buah yang bagus untuk jantung ini dapat mengurangi risiko serangan jantung dan juga stroke.

Tomat kaya akan likopen, senyawa alami dengan sifat antioksidan yang tinggi.

Antioksidan manfaatnya dapat membantu sejumlah hal, yakni:

  • Menetralkan radikal bebas berbahaya
  • Mencegah kerusakan oksidatif dan peradangan

Yuk, mulai sekarang konsumsi jus tomat untuk kesehatan jantung yang lebih baik, Moms.

14. Delima

Dikenal dengan sebutan pomegranate, ini termasuk dalam buah yang bagus untuk jantung selanjutnya.

Delima memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan dapat menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh.

Buah berwarna merah ini juga dapat mencegah penumpukan plak di pembuluh darah akibat kolestrol jahat.

Oleh karena itu, ini dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke, Moms.

15. Pisang

manfaat-pisang-buah-yang-bagus-untuk-jantung.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Kalium dalam pisang baik untuk kesehatan jantung dan menjaga tekanan darah tetap stabil.

Pisang berukuran sedang mengandung sekitar 320-400 mg potasium. Artinya, ini memenuhi sekitar 10% dari kebutuhan potasium harian, lho.

Diketahui, makan pisang setiap harinya dapat mengurangi penyakit jantung yang mematikan.

16. Mengkudu

Pernahkah Moms mendengar jus mengkudu? Ini termasuk dalam buah yang bagus untuk jantung berikutnya.

Penelitian yang diterbitkan dalam The Scientific World Journal mencatat bahwa pada perokok berat, jus mengkudu dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Selain itu, ini juga bisa mengurangi peradangan yang disebut protein C-reaktif.

17. Anggur

jenis-anggur.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Anggur mengandung serat dan potasium, yang keduanya bermanfaat untuk kesehatan jantung.

The American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk meningkatkan asupan kalium dan mengurangi garam untuk pola hidup yang sehat.

Hal ini untuk meningkatkan tekanan darah dan menjaga kesehatan kardiovaskular.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Kedondong yang Jarang Diketahui, Moms Sudah Tahu?

18. Manggis

Manggis juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan jantung, otak, dan sistem pencernaan, lho.

Adapun sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak manggis secara efektif dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti kolesterol LDL (jahat) dan asam urat.

Sehingga, tak heran jika buah berwarna ungu ini banyak disukai orang ya, Moms.

Kini, pilihan makanan dan buah yang bagus untuk jantung bisa Moms sisipkan dalam menu setiap harinya.

Namun, selain makanan, Moms juga wajib mengombinasikannya dengan rutin berolahraga serta menghindari paparan asap rokok, ya.

  • https://health.clevelandclinic.org/12-heart-healthy-foods-to-work-into-your-diet/
  • https://foodandnutritionresearch.net/index.php/fnr/article/view/794
  • https://n.neurology.org/content/79/15/1540
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3477557/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait