Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Perilaku Anak | May 22, 2018

Bukan Karena Suruhan, Ini 5 Tips Agar Anak Paham dan Mau Berpuasa

Bagikan



Bulan Ramadan memang merupakan momen yang tepat untuk mengajarkan anak urusan beribadah terutama berpuasa. Meski mengajarkan puasa pada anak bukanlah hal yang mudah, namun banyak sekali cara yang dapat dilakukan agar mereka memahami manfaat puasa sehingga mau menjalaninya.

Secara perlahan, cobalah beberapa tips berikut agar anak mau menjalankan puasa:

Jelaskan Hikmah dan Maknanya

Hal pertama yang harus Moms dan suami lakukan tentunya adalah memberikan pengertian tentang puasa. Cara menjelaskannya tentu tak bisa disamakan dengan menjelaskan pada orang dewasa, dibutuhkan bahasa yang mudah dan cara yang menyenangkan.

Cara tersebut dapat dilakukan lewat bercerita maupun nyanyian. Agar semakin tertarik pula, jelaskan manfaat puasa dari segi kesehatan pada mereka.

Berikan Motivasi

Memberikan motivasi pada Si Kecil untuk berpuasa tak hanya sekadar kata-kata penyemangat saja, namun Moms bisa menjanjikannya sesuatu yang tak berlebihan seperti hadiah kecil maupun dengan jalan-jalan.

Pada awalnya hal ini boleh diterapkan untuk memicu keinginannnya, namun tentunya seiring tahun harus dihilangkan dan biarkan mereka berpuasa karena kesadaran dan kemauannya sendiri.

Baca Juga : Anak Berpuasa, Perhatikan Menu Sahur dan Berbukanya

Sahur dan Buka Bersama

Momen kebersamaan adalah hal yang penting bagi Si Kecil. Meski ada anggota keluarga yang sudah dewasa dan kerap makan sahur atau berbuka sendiri, buatlah momen sahur dan berbuka menjadi sebuah momen yang harus dilakukan bersama-sama.

Karena bagi Si Kecil, hal ini akan menjadi cara untuk beradaptasi pada waktu-waktu tersebut.

Setengah Hari

Tak masalah Moms bila Si Kecil belum mampu puasa secara penuh, Moms boleh mengajarkannya dengan berpuasa setengah hari.

Jangan lupa berikan pujian, dan katakan bahwa mereka akan lebih hebat bila mampu berpuasa hingga adzan magribh.

Pada Si Kecil yang usianya lebih kecil lagi, bahkan tak masalah bila mereka ingin berbuka di setiap waktu adzan. Setidaknya mereka mulai belajar menahan haus dan lapar untuk beberapa saat.

Berikan Menu Favoritnya

Hal yang juga tak kalah memotivasinya adalah ketika Moms mampu memberikan menu favoritnya saat sahur maupun berbuka. Mereka senantiasa akan mudah bangun sahur dan juga rela menahan haus dan lapar demi mendapatkan apa yang mereka sukai ketika berbuka.

Masih banyak hal menyenangkan lain yang dapat Moms lakukan dalam mengajarkan Si Kecil untuk berpuasa. Satu hal yang juga menjadi penting adalah ajarkan mereka untuk menghormati orang yang sedang berpuasa bila mereka hendak berbuka.

Jangan makan atau minum di depan orang yang sedang berpuasa. Cara ini juga dinilai ampuh untuk membangkitkan rasa enggan mereka membatalkan puasa.

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.