Fashion & Beauty

31 Juli 2021

Ingin Bulu Mata Lentik Sepanjang Hari? Ini Tips yang Wajib Moms Ikuti!

Banyak cara yang bisa Moms coba untuk menjaga bulu mata lentik sepanjang hari!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Amelia Puteri

Jika Moms terlahir sebagai wanita dengan bulu mata seperti boneka yang lentik, maka itu akan menuai pujian yang tiada henti. Memiliki bulu mata lentik adalah impian semua wanita dan pastinya termasuk Moms.

Khususnya ketika ada acara atau memiliki kegiatan di luar rumah, berbagai cara biasa dilakukan oleh wanita agar bulu mata lentiknya bisa tetap terlihat sepanjang hari.

Seseorang dengan bulu mata lurus dan menyukai bulu mata lentik, akan bersahabat dengan penjepit bulu mata yang diandalkannya setiap hari. Ini karena bulu mata yang lentik bisa membuat seseorang memiliki mata yang tampak lebih besar dan cerah.

Harus mengeriting atau melentikan bulu mata setiap hari bukan hanya merepotkan, tapi terkadang bahkan tidak membuat bulu mata lentik bertahan lama. Namun, bagaimanapun juga perjuangan untuk memiliki bulu mata yang melengkung tanpa henti adalah nyata.

Saat ini, banyak ahli kecantikan atau make up artis mulai berbagi informasi tentang cara untuk melentikan bulu mata.

Mulai dari cara agar bulu mata lentik sepanjang hari, bagaimana membuat bulu mata jadi lentik natural, dan hal lainnya yang berhubungan dalam upaya melentikan bulu mata pada berbagai kondisi.

Lantas, bagaimana cara membuat bulu mata menjadi lentik atau mempertahankan bulu mata lentik Moms? Simak beberapa tips berikut ini ya Moms!

Baca Juga: Bulu Mata Lebih Panjang Dalam 1 Menit! Begini Caranya

Cara Membuat Bulu Mata Lentik Tanpa Penjepit

penjepit-bulu-mata-ilustrasi_20180802_150957.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Moms bisa bertanya kepada penata rias manapun dan mereka akan memberitahukan bahwa membuat bulu mata lentik adalah hal yang tidak bisa dinegosiasikan.

Bulu mata lentik bisa membuat mata Moms terlihat lebih besar dan lebih terjaga. Namun, ini membutuhkan waktu beberapa detik.

Akan tetapi, bagaimana jika Moms tidak memiliki penjepit bulu mata? Berikut adalah lima metode alternatif yang bisa Moms coba di rumah, mengutip Allure.

1. Menggunakan Maskara

Buat maskara Moms memiliki fungsi ganda dan salah satunya untuk membantu menggulung bulu mata. Saat Moms menggerakannya melintasi bulu mata dengan gerakan zig-zag, tekuk ujungnya dan hitung sampai sepuluh, tahan sebentar.

Menggunakan maskara tahan air atau waterproof akan sangat membantu secara maksimal. Formula maskara waterproof cenderung lebih kering daripada yang bisa dicuci dan inilah yang membantu menahan bulu mata lentik Moms menjadi lebih lama.

2. Menggunakan Tangan Yang Hangat

Sedikit tekanan dan kehangatan lembut juga akan membuat bulu mata Moms lentik. Gunakan napas Moms untuk memanaskan ujung jari, lalu tekan bulu mata dengan melingkarkannya ke dalam.

Tahan selama sepuluh detik, lalu ulangi sesuai kebutuhan. Jika sudah sesuai yang diinginkan, lepas dan biarkan atau bisa diakhiri dengan maskara.

3. Menggunakan Sendok

Moms hanya perlu memanaskan sendok dengan menggunakan secangkir air hangat untuk membuat bulu mata lentik. Kemudian tekan sisi lengkung di atas kelopak mata dan tekan bulu mata dengan lembut ke tepi lengkung sendok selama sepuluh detik.

Baca Juga: Memilih Bulu Mata Palsu Sesuai dengan Bentuk Mata

4. Menahannya Dengan Tangan

Setelah mengoleskan maskara, pegang bulu mata dalam posisi menggulung ke atas. Selain itu, Moms juga bisa menggunakan cutton bud untuk mengangkat dan menahannya secara perlahan. Saat maskara mengering, bulu mata Moms akan tetap di tempatnya atau lentik.

5. Menggunakan Sikat Gigi Panas

Ini juga bisa menjadi cara bulu mata lentik.

Basahi sikat gigi bersih dengan air panas, lalu keringkan secara ringan dengan menekannya ke handuk bersih.  Sikat bulu mata mulai dari bawah atau dasar dan tahan sebentar agar tetap lentik ke atas hingga ujung.

Setelah bulu mata Moms lentik, gunakan lip balm bening atau pelembap bibir untuk membantu melembabkan bulu mata Moms serta menambah panjang dan volume bulu mata.

Petroleum jelly adalah pilihan yang bagus, meskipun Moms hanya bisa menggunakannya sedikit atau bulu mata Moms akan terlihat berkilau.

6. Menggunakan Vasseline

Mengoleskan vaseline untuk membuat bulu mata lentik adalah sesuatu yang terdengar aneh, bukan?  Tapi percayalah, Moms akan terkejut saat melihat seberapa baik trik ini bekerja.

Sebelum menggulung bulu mata Moms, aplikasikan sedikit Vaseline Original Pure Skin Jelly pada bulu mata dan kemudian lanjutkan proses pengeritingan bulu mata seperti biasanya.

Vasseline akan melembabkan bulu mata secara menyeluruh dan membuatnya lentik lebih lama.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Maskara di Bawah 150 Ribu untuk Bulu Mata Lentik dan Tebal

Cara Membuat Bulu Mata Lentik Secara Natural

eyelash-curler-1761855_1920.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Bulu mata setiap orang mungkin tidak memiliki bentuk, ukuran atau temperamen yang sama. Akan tetapi, semua bulu mata dapat mulai menekuk atau lentik ketika dilakukan dengan benar.

Dalam Indian Journal of Dermatology, siklus pertumbuhan bulu mata berlangsung kurang lebih 5-6 bulan, dengan fase anagen yang sangat singkat (30 hari) dan fase telogen yang relatif lama (kurang lebih 4-5 bulan).

Mengutip Leaf TV, berikut ini adalah beberapa langkah dalam membuat bulu mata lentik secara natural:

1. Bersihkan Bulu Mata

Membersihkan area bulu mata adalah hal yang harus pertama dilakukan karena area bulu mata yang tidak tercemar pensil alis akan membantu bulu mata lebih mudah lentik.

Hindari juga mengoleskan krim pada bulu mata karena ini akan mempersulit pengeritingan.

2. Gunakan Cermin Datar

Setelah area mata sudah bersih, letakkan cermin mendatar atau horizontal di bawah dagu Moms. Keritingkan bulu mata Moms dengan penjepit bulu mata dalam tiga segmen sambil melihat ke bawah atau ke cermin.

Sudut yang dibuat saat Moms melihat ke bawah akan membantu menghasilkan ikal atau buku mata lentik yang optimal.

Jepit pangkal bulu mata sambil melihat ke bawah dan hitung sampai tiga. Lepaskan pegangan pada bulu mata dan ulangi prosedur untuk bagian tengah dan ujung bulu mata dengan cara yang sama.

Perlu Moms ketahui juga bahwa sebelum menggunakan penjepit bulu mata, panaskan penjepit tersebut selama beberapa detik menggunakan pengering rambut.

Jika Moms tidak memiliki pengering rambut, Moms dapat memasukkannya ke dalam semangkuk air panas.

Sedikit kenaikan suhu akan membuat bulu mata lebih lentur dan membekukannya. Ini untuk memastikan bulu mata lentik Moms bertahan sepanjang hari.

3. Perkuat Dengan Maskara

Sikat bulu mata dengan sikat spoolie yang bersih. Setelah itu, tempatkan kartu nama atau kertas tebal bersih di antara bulu mata dan kelopak mata Moms.

Ini akan mencegah maskara mengenai kelopak mata dan dapat membantu Moms untuk mengaplikasikan maskara ke seluruh bulu mata tanpa ragu.

Oleskan maskara ke bulu mata sambil menatap cermin. Mulailah dari dasar bulu mata dan sapukan sampai ke ujungnya. Jangan takut terkena maskara di kelopak mata, karena itulah tujuan menggunakan kartu nama atau kertas tebal.

Mengaplikasikan maskara pada bulu mata hingga ujungnya, akan membantu mempertahankan dan meningkatkan kelentikan bulu mata Moms.

Baca Juga: Tampil Fabulous dengan Bulu Mata Palsu

Cara Membuat Bulu Mata Lentik Tahan Air

bulu mata lentik waterproof

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms akan berenang atau melakukan foto di bawah air, Moms pasti menginginkan cara untuk menjaga agar bulu mata Moms tetap lentik.

Mengutip Foundation Fairy, berikut ini adalah cara terbaik untuk membuat bulu mata Moms tetap lentik meski berada di bawah air.

1. Keritingkan Bulu Mata dengan Penjepit

Seperti diketahui sebelumnya, penting untuk memanaskan penjepit bulu mata terlebih dahulu dengan menggunakan pengering rambut agar membantu pembentukannya dan menjaga agar bulu mata lentik.

2. Oleskan Gel Maskara

Langkah selanjutnya, oleskan 1 lapis gel maskara tahan air berwarna bening. Gel ini membantu menahan ikal bulu mata Moms dan memberi kekuatan lebih pada bulu mata. Ini juga berfungsi sebagai dasar pelindung tahan air untuk bulu mata lentik Moms.

3. Aplikasikan Maskara Tahan Air

Aplikasikan 2 lapis tipis maskara tahan air. Biarkan beberapa menit agar lapisan pertama mengering sebelum mengaplikasikan lapisan kedua.

Lapisan pertama ini membantu menahan ikal bulu mata dan lapisan kedua memberikan kekuatan ekstra. Lapisan kedua juga membantu memastikan bahwa Moms telah menutupi semua helai rambut bulu mata.

4. Oleskan Gel Maskara Tahan Air

Oleskan 1 lapis gel maskara tahan air bening di atas maskara tahan air. Langkah selanjutnya ini membantu menyegel ikal dari bulu mata Moms.

Fungsinya adalah untuk memperkuat bulu mata dan kemudian menutupnya agar tahan air. Ingatlah bahwa air adalah musuh terbesar rambut dan bulu mata ikal dan riasan kedap air Moms pada akhirnya akan rusak.

Bawalah maskara dan gel tahan air serta penjepit jika Moms perlu mengaplikasikan ulang.

Metode yang dijelaskan di atas cukup baik digunakan saat berenang santai atau pemotretan di mana Moms mungkin akan mencelupkan kepala ke dalam air untuk waktu yang singkat.

Metode untuk membuat bulu mata lentik ini tidak bisa berlaku untuk situasi di mana bulu mata Moms berada di bawah air untuk waktu yang sangat lama.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Tanam Bulu Mata?

Cara Membuat Bulu Mata Lentik Usai Gunakan Maskara

maskara.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kita semua harus berjuang keras untuk mencoba menjaga agar bulu mata lentik ini tetap terangkat dan melengkung sepanjang hari. Cara terbaik untuk melakukan ini tampaknya dengan maskara tahan air yang bagus.

Berikut cara terbaik untuk membuat bulu mata Moms tetap lentik setelah mengoleskan maskara, melansir Be Beautful:

1. Gunakan Penjepit Bulu Mata

Mulailah dengan mengeritingkan bulu mata Moms seperti biasa. Moms dapat mencoba memadukannya dengan memanaskan penjepit, lalu segera mengoleskan lapisan maskara tahan air untuk mengunci bentukannya.

2. Aplikasikan Maskara Tahan Air

Maskara tahan air seringkali jauh lebih tebal dan lebih tahan lama dibandingkan dengan maskara biasa, sehingga berfungsi sebagai semacam gel untuk bulu mata.

Karena dibuat agar tetap awet meski dalam kondisi lembap, bahan ini bahkan akan membantu menahan bulu mata pada hari yang lembap, selama berolahraga, atau dalam cuaca panas tinggi sehingga Moms tidak perlu khawatir bulu mata kembali turun apa pun yang Moms lakukan.

3. Tutup dengan Lapisan Maskara Biasa

Setelah lapisan pertama maskara tahan air mengering sedikit, tutupi semuanya dengan lapisan tipis maskara biasa.

Kelembapan adalah salah satu alasan terbesar mengapa bulu mata tidak melengkung. Kombinasi maskara waterproof dan maskara biasa akan mampu menahan bentuk bulu mata lentik Moms sekaligus menjaga kelembapannya.

Cara Membuat Bulu Mata Lentik Seharian

cara membuat bulu mata lentik seharian

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms ingin pergi menghadiri sebuah acara dan hendak memiliki bulu mata lentik seharian, berikut ini beberapa cara yang bisa dicoba, mengutip Byrdie.

1. Jepit Bulu Mata dengan Penjepit Bulu Mata Mekanis

Sebagai langkah pertama untuk membuat bulu mata lentik sepanjang hari, jepit bulu mata Moms dengan penjepit bulu mata biasa.

"Saya suka melakukan ini pada bulu mata asli sebelum saya mengaplikasikan maskara," kata Bob Scott, seorang makeup artist.

"Jadi saya mengambil penjepit bulu mata dan menjepitnya sampai ke dasar bulu mata. Dan saya suka melakukannya sebanyak empat atau lima kali. Dan kemudian saya akan menggerakkan penjepit setengah ke atas bulu mata dan menjepitnya sekali lagi," jelasnya.

Menjepit bulu mata sebelum mengaplikasikan maskara adalah kunci membuat bulu mata lentik, karena jika dilakukan setelahnya dapat menghasilkan tampilan yang menggumpal.

2. Pakai Maskara Favorit Moms

Setelah Moms menjepit bulu mata dengan penjepit tradisional, lanjutkan dengan menggunakan maskara favorit.

Dorong maskara ke dasar bulu mata, lalu poleskan dari bawah ke atas untuk membantu menjaga bulu mata lentik tetap melengkung.

Digunakan hingga beberapa lapis tidak apa-apa, tetapi aplikasi yang berat dapat merugikan Moms dan bulu mata.

Agar bulu mata tetap lentik, carilah maskara dengan formula volumizing, curl-locking untuk hasil terbaik. Untuk daya tahan ekstra, pilih formula tahan air.

Baca Juga: Ini 5 Cara Merawat Bulu Mata Agar Tetap Sehat

3. Sisir Bulu Mata

Sebagai langkah ketiga, Scott merekomendasikan menggunakan sisir bulu mata logam untuk menyisir bulu mata (dan maskara).

"Sisir dari bawah dan angkat ke arah luar melalui gumpalan maskara. Ini membantu meratakan maskara dari akar ke ujung dan memungkinkan bulu mata Anda tampak lebih tebal," jelasnya.

4. Gunakan Penjepit Bulu Mata yang Dipanaskan

Cara ini mungkin baru pertama kali Moms dengar, ya. Tapi menggunakan penjepit bulu mata yang dipanaskan dapat membantu membuat bulu mata lentik seharian.

"Jadi ini adalah salah satu penemuan baru favorit saya. Jadi saya hanya mengambil maskara yang telah dihangatkan, dan saya menjepitnya sangat dekat ke dasar bulu mata, dan menjepitnya ke arah luar," terang Scott.

Itu dia Moms, ragam cara membuat bulu mata lentik yang bisa dilakukan secara alami. Semoga membantu!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait