Kesehatan

29 April 2021

Dianggap Sebagai Hama, Ini Fakta Unik dan Manfaat Bunga Dandelion

Bisa diolah untuk teh herbal, lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Amelia Puteri

Bagi Moms yang pecinta bunga, tentu bunga satu ini tak asing lagi. Namun, tak jarang banyak orang yang belum kenal dengan bunga dengan bulu di tangkainya ini, yakni bunga dandelion.

Bunga dandelion memiliki bentuk yang unik dan berbeda dengan bunga pada umumnya. Kelopak yang tipis dan mudah rontok ini merupakan keunikan dari bunga dandelion.

Dandelion dianggap hama liar bagi banyak orang, tetapi bunga ini sebenarnya berguna dan banyak manfaatnya, lho.

Tidak hanya dapat dimakan dan bergizi, tetapi juga memainkan peran penting dalam ekosistem. Mari simak fakta dan manfaat bunga dandelion untuk kesehatan.

Fakta Bunga Dandelion

Apa Itu Bunga Dandelion.jpg

Foto: freepik.com

Bunga dandelion adalah salah satu bunga yang identik dengan sederhana namun membuat orang menoleh dengan keunikannya. Namun, bukan berarti bunga yang satu ini tak memilki manfaat.

Selain cantik untuk dipandang, ternyata ada beberapa fakta yang perlu Moms tahu. Mungkin sebagian orang menganggap bunga dandelion adalah salah satu bentuk hama.

Yuk cari tahu kebenarannya!

1. Tumbuh Bebas

Bunga dandelion tak seperti bunga mawar atau lainnya yang memerlukan tempat khusus untuk tubuh. Di Indonesia sendiri, fakta jenis bunga ini dapat berkembang dengan cepat di mana saja, lho.

Bunga Dandelion sendiri berasal dari benua Eropa dan Asia. Ia dapat hidup di segala tempat, dimana pun angin yang membawa benih dandelion berhenti, disitulah ia akan tumbuh.

Misalnya, bunga dandelion banyak ditemukan di perkebunan hijau ataupun persawahan. Asalkan tanahnya cukup subur, bunga ini dapat tumbuh dengan cepat.

Serpihan kelopak tipis yang melayang-layang, akan jatuh dan tumbuh membuat bunga baru. Sangat mudah beradaptasi menjadi salah satu fakta dari bunga dandelion.

2. Kelopak Bunga Unik

Manfaat Bunga Dandelion 5.jpg

Foto: freepik.com

Meski terlihat rapuh, kelopak bunga dandelion menjadi fakta unik lainnya yang perlu Moms tahu, lho.

Bunga dandelion memiliki bentuk kelopak bunga yang unik dan berbulu. Dengan tangkai yang tumbuh tinggi, di ujungnya tumbuh benih bunga dandelion yang berwarna putih ataupun kuning.

Dengan membentuk lingkaran dan mungil, bunga dandelion menjadi salah satu pemanis di rangkaian bunga. Biasanya ia menjadi bunga pemanis di antara bunga mawar dalamm satu rangkaian bunga penuh.

Hati-hati ketika memegangnya ya, karena ia cukup rapuh dan mudah hancur.

Baca Juga: 12+ Rekomendasi Bunga Valentine Selain Mawar, Unik dan Anti-Mainstream!

3. Mekar di Pagi Hari

Mengutip dalam My Dandelions Flowers, ternyata fakta bunga dandelion hanya mekar di pagi hari dan kembali layu di malam hari.

Dandelion adalah satu-satunya bunga yang mewakili 3 benda langit dari matahari, bulan, dan bintang. Bunga kuning menyerupai matahari, bola kepulan menyerupai bulan dan biji-bijian yang menyebar menyerupai bintang di angkasa.

Sehingga jika Moms ingin mencari bunga dandelion, temukan di waktu pagi hari ya ketika ia sedang mekar.

Ragam Manfaat Bunga Dandelion

Moms, mama dandelion diambil dari kata Perancis “dent de lion” yang berarti gigi singa, mengacu pada daun bergigi kasar.

Nah, setiap bagian dari bunga dandelion memiliki manfaat, mulai dari akar, daun serta bunga untuk digunakan dalam olahan makanan, minuman serta pewangi dan pewarna.

Penasaran? Yuk intip fakta dan manfaat bunga dandelion di bawah ini.

1. Melancarkan Pencernaan

Bunga Dandelion dan Manfaatnya.jpg

Foto: freepik.com

Ternyata, bunga dandelion untuk tujuan pengobatan sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Sebelum mengonsumsinya, tanyakan pada dokter sebelum menggunakan obat herbal atau alami, namun umumnya dandelion dianggap aman untuk dikonsumsi.

Mengutip Journal of the Society for Biomedical Diabetes Research, secara tradisional, dandelion telah digunakan sebagai diuretik atau bahkan pencahar. Daunnya memiliki sedikit efek pencahar dan juga dapat meningkatkan pencernaan.

Sehingga ini dapat mencegah terjadinya sembelit, lho.

2. Mencegah Diabetes

Selain itu, manfaat akar dandelion dapat digunakan untuk mengobati masalah yang berhubungan dengan hati, ginjal, dan kantong empedu.

Dandelion bahkan mungkin dapat membantu mencegah risiko diabetes pada tubuh, Moms. Ada beberapa bukti bahwa akar dan daunnya, bila dikonsumsi, dapat menurunkan kadar glukosa pada darah.

Moms bisa mengolahnya dalam bentuk teh herbal. Menarik bukan?

3. Kaya Vitamin

Fakta Menarik Bunga Dandelion.jpg

Foto: freepik.com

Daun, bunga, dan akar dandelion ternyata bisa diolah sebagai bagian dari manfaat untuk kesehatan.

Secangkir dandelion hijau akan memberi tubuh jumlah vitamin A harian dan vitamin K. Ia juga memiliki kalsium, zat besi dan magnesium untuk fungsi tubuh yang baik.

Dalam British Medical Journal, akar dandelion kaya akan karbohidrat inulin, yaitu jenis serat larut yang ditemukan pada tanaman yang mendukung pertumbuhan dan pemeliharaan flora bakteri sehat di saluran usus manusia.

Baca Juga: 10 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Wajah, Yuk Simak!

4. Mencegah Radikal Bebas

Bunga dandelion penuh dengan antioksidan kuat, yang dapat mencegah radikal bebas dalam tubuh.

Radikal bebas adalah salah satu sel yang memicu terjadinya kanker. Oleh karena itu, antioksidan sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

Nah, manfaat bunga dandelion yakni mengandung antioksidan beta-karoten tingkat tinggi, yang efektif dalam memberikan perlindungan kuat terhadap kerusakan sel dan stres oksidatif, melansir jurnal Molecules

Mereka juga kaya akan antioksidan lain yang disebut polifenol, yang ditemukan dalam konsentrasi tertinggi di bunga yakni akar, daun, dan batang.

5. Mengurangi Inflamasi

Manfaat Bunga Dandelion untuk Kesehatan.jpg

Foto: freepik.com

Dandelion ternyata cukup efektif dalam mengurangi peradangan yang disebabkan oleh berbagai penyakit.

Peradangan adalah salah satu respons alami tubuh terhadap cedera atau penyakit. Seiring waktu, peradangan yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan permanen pada jaringan darah.

Mengutip studi dalam National Library of Medicine, bunga dandelion dapat mengurangi peradangan paru-paru yang signifikan pada hewan-hewan yang menerima dandelion.

Meski begitu, hal ini diperlukan lebih banyak penelitian untuk melihat manfaat dandelion dalam mengurangi peradangan pada manusia.

6. Mengurangi Berat Badan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bunga dandelion dan komponen bioaktifnya dapat mendukung penurunan dan pemeliharaan berat badan, lho!

Ini menjadi kabar baik untuk Moms yang sedang menjalani program diet.

Dalam EXCLI Journal, para peneliti menemukan bahwa bunga ini dapat meningkatkan metabolisme karbohidrat dan mengurangi penyerapan lemak dapat sehingga efektif dalam penurunan berat badan.

Baca Juga: 11 Manfaat Susu Kambing Etawa, Bisa Perkuat Daya Tahan Tubuh!

7. Kesehatan Kulit

manfaat bunga dandelion untuk kesehatan.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Tak hanya untuk kesehatan, manfaat bunga dandelion juga berperan penting dalam melindungi kulit akibat sinar matahari, penuaan, dan jerawat.

Dalam sebuah penelitian, ekstrak daun dan bunga dandelion efektif dari kerusakan kulit saat dioleskan tepat sebelum atau segera setelah terpapar radiasi UVB (sinar matahari).

Salah satu ciri kulit yang menua adalah berkurangnya produksi sel-sel kulit baru yang sehat.

Satu penelitian menunjukkan bahwa ekstrak akar bunga dandelion meningkatkan pembentukan sel kulit baru, yang dapat memperlambat proses penuaan, lho.

Penelitian tambahan juga menunjukkan bahwa ekstrak dandelion dapat mengurangi peradangan dan iritasi kulit sekaligus meningkatkan hidrasi dan produksi kolagen.

Sehingga ini berguna dalam mencegah dan mengobati jenis jerawat tertentu.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan Anak, Gampang Kok!

Nah setelah mengetahui fakta dan manfaat bunga dandelion tentunya menambah daftar bunga kesukaan Moms ya pastinya.

  • http://mydandelionisaflower.org/did-you-know/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5553762/
  • https://gut.bmj.com/content/66/11/1968
  • https://www.mdpi.com/1420-3049/16/2/1710
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25861954/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4746997/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait