Home & Living

24 September 2021

5+ Rekomendasi Tanaman Hias dengan Bunga Pink, Cantik!

Moms yang suka tanaman bunga wajib punya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms termasuk pecinta tanaman hias dengan bunga warna-warni yang cantik? Jika iya, sudahkah Moms memiliki tanaman hias dengan bunga pink?

Warna yang identik dengan wanita ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Bunga pink dapat menimbulkan kesan cantik dan ceria sekaligus.

Jika ditanam di lingkungan rumah, bunga pink tersebut dapat menjadi spot yang ciamik, lho. Yuk, kenali jenis-jenis tanaman hias dengan bunga pink berikut ini!

Baca Juga: 8 Jenis Tanaman Semak Berbunga, Bisa Jadi Hiasan di Rumah

Macam-macam Bunga Pink untuk Tanaman Hias

Ada banyak tanaman hias dengan bunga warna pink. Apa saja ya? Simak selengkapnya, Moms.

1. Kembang Sepatu

pink hibiscus

Foto: pexels.com/Pixabay

Moms yang ingin menanam tumbuhan dengan bunga pink bisa memilih kembang sepatu. Tanaman dengan nama latin Hibiscus ini merupakan tanaman bunga yang dapat mekar sepanjang musim.

Jadi, jika Moms menanamnya di rumah, ini akan menjadi tanaman hias yang selalu membuat halaman terlihat manis karena warna pinknya.

Apabila Moms tertarik untuk menanamnya di area outdoor, pilihlah tanah yang kaya akan unsur hara dan dikeringkan dengan baik. Pastikan tanaman kembang sepatu tumbuh di area dengan sinar matahari penuh.

Tanaman kembang sepatu lebih suka tanah dengan kadar pH antara 6,5 ​​dan 7, tetapi dapat mentolerir tanah yang lebih basa juga.

Selain itu, Moms dapat mencampurkan tanah dengan kompos untuk menambahkan nutrisi dan mikroorganisme agar tanaman kembang sepatu menjadi lebih subur.

Baca Juga: Cara Menanam dan Merawat Bunga Kembang Sepatu Agar Subur dan Cantik

2. Melati

pink jasmine.jpg

Foto: gardenersonline.co.uk

Tahukah Moms bahwa tanaman bunga melati juga memiliki warna merah muda yang cantik? Ini bisa menjadi pilihan lain jika Moms ingin menanam bunga pink di rumah.

Sama halnya dengan bunga melati yang berwarna putih, tanaman bunga melati pink (Jasminum polyanthum) pun memiliki aroma yang sangat harum.

Untuk diketahui, tanaman bunga melati merah muda ini mampu tumbuh di bawah sinar matahari penuh atau teduh terang.

Tanaman ini dapat hidup di tanah yang subur atau pun tanah minim unsur hara, asalkan tidak lembap. Namun, pastikan Moms terus menyiramnya sepanjang musim tanam sehingga bunganya dapat mekar dengan indah.

Baca Juga: Manfaat Bunga Melati untuk Kesehatan, Tak Disangka!

3. Tapak Dara

tapak dara

Foto: Orami Photo Stock

Tapak dara merupakan tanaman hias dengan bunga pink yang cantik. Warna bunganya pun beragam, tergantung pada jenisnya. Bisa berwarna pink, putih, ungu, atau merah.

Perlu Moms ketahui, tanaman tapak dara disebut juga dengan nama Madagascar periwinkle. Sesuai namanya, tapak dara merupakan tanaman dari pulau Madagaskar yang beriklim tropis.

Apabila ditanam outdoor, bunga tapak dara akan mekar dengan baik ketika musim panas. Tentu saja, tanaman ini bisa membuat halaman rumah Moms terlihat lebih menarik.

Saat menanamnya langsung di tanah, Moms harus memastikan bahwa lingkungan tanamnya memiliki suhu tinggi di musim panas dan musim dingin. Tapak dara membutuhkan suhu setidaknya 20° Celsius untuk berkembang dan tumbuh.

Cukup siram ketika tanaman menunjukkan tanda dehidrasi, karena tapak dara cukup tahan terhadap kondisi kering dan bisa tetap berkembang cukup baik.

Baca Juga: Inilah Manfaat Bunga Tapak Dara untuk Kesehatan, Bisa Jadi Obat Kanker!

4. Mawar

Bunga Mawar

Foto: Orami Photo Stock

Moms pasti sudah tahu bahwa bunga mawar memiliki beragam warna. Selain warna merah, mawar juga memiliki jenis warna lainnya, seperti putih, pink, hingga peach.

Meski memiliki duri yang tajam di sekeliling batangnya, tanaman bunga mawar tetap memiliki banyak peminat karena keindahan bunganya.

Apabila Moms menanamnya di rumah, tanaman mawar dapat berbunga berulang kali. Namun, pastikan lingkungan tempat tumbuhnya tidak terlalu panas, dengan tetap mendapatkan sinar matahari penuh.

Baca Juga: 13 Manfaat Air Mawar bagi Kesehatan yang Sayang untuk Dilewatkan

5. Cosmos

pink cosmos.jpg

Foto: Pixabay

Tanaman hias berikutnya yang memiliki bunga pink adalah cosmos. Tanaman bunga yang cantik ini sangat mudah untuk tumbuh, lho. Selain itu, tidak memerlukan perawatan yang khusus.

Moms bisa menanamnya dengan cara menebarkan bijinya di media tanam. Tanaman ini akan mencapai kematangan penuh dalam waktu sekitar 2 bulan.

Bunga cosmos sangat mirip dengan bunga aster dan mekar dalam berbagai warna tergantung jenisnya, salah satunya warna merah muda.

Jika Moms tertarik untuk menanamnya di rumah, pastikan tanaman bunga yang satu ini mendapatkan sinar matahari penuh. Hal ini karena cosmos memang berasal dari daerah kering di Meksiko dan Amerika Tengah.

Tak hanya itu, tanamlah bunga cosmos dengan tanah yang sedikit asam dengan kelembapan sedang. Setelah ditanam, Moms juga tidak perlu menyirami tanaman kosmos terlalu sering, kecuali ada kekeringan yang berkepanjangan.

Cosmos bisa tetap tumbuh di tanah yang kering sekali pun. Jadi, jika tanaman telah tumbuh dengan baik, Moms tidak perlu memberikan pupuk sebagai nutrisi tambahan.

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Bunga yang Bikin Rumah Makin Cantik

6. Bunga Kertas

pink bougainvillea.jpg

Foto: bonsai-bci

Tanaman yang memiliki bunga pink berikutnya, yakni bunga kertas (Bougainvillea). Tanaman bunga ini dapat mekar sepanjang musim.

Menariknya lagi, Moms bisa menanam bunga kertas di dalam pot, langsung di tanah, bahkan di dinding atau pagar rumah.

Bougainvillea membutuhkan setidaknya 6 jam sinar matahari penuh dalam sehari untuk berbunga lebat dan terlihat terbaik. Tanaman ini juga sangat menyukai panas.

Semakin banyak sinar matahari yang diterima, maka akan semakin cantik warna bunga kertas ini, Moms.

Mengingat tanaman ini menyukai panas matahari, maka bunga kertas bisa tahan dengan kondisi tanah yang kering. Oleh karena itu, Moms tidak perlu menyiraminya terlalu sering, cukup sirami setiap 3-4 minggu sekali.

Perawatannya sangat mudah, bukan? Apakah Moms tertarik memilikinya di rumah?

Baca Juga: 10 Fakta Bunga Edelweiss, Salah Satu Tanaman Langka di Indonesia

7. Lily Stargazer

pink lily.jpg

Foto: Pixabay

Pilihan bunga pink cantik lainnya, yaitu lily stargazer. Selain merah muda, bunga lily juga memiliki warna lain tergantung pada jenisnya, bisa berwarna emas, merah, oranye, atau putih.

Tanaman ini memiliki bunga mekar yang besar dan mencolok sehingga dapat menambah keanggunan saat ditanam pada halaman dan taman rumah Moms.

Selain menghasilkan warna cerah yang menarik, bunga lily memiliki aroma yang cukup harum.

Tanaman lily dapat ditanam di wadah, seperti pot dan dapat ditanam kapan saja selama awal musim panas. Bunga lily membutuhkan banyak sinar matahari.

Setidaknya, bunga lily membutuhkan 6-8 jam sinar matahari langsung sehari. Jika ditanam di tempat yang terlalu teduh, batang dari bunga lily biasanya akan berusaha condong ke arah matahari atau menjadi lebih kurus dan layu.

Selama masa penanaman, pastikan lingkungan tanamannya selalu sejuk. Moms bisa menambahkan mulsa sebagai media tanamnya. Mulsa harus terasa lempab, tetapi tidak terlalu basah.

Aplikasikan pupuk cair tinggi kalium setiap 2 minggu sekali sejak tanam sampai 6 minggu setelah berbunga. Bila perlu, beri juga kompos dengan lapisan yang tipis.

Jangan lupa, untuk menaruh bunga lily di tempat yang tinggi.

Baca Juga: Mengenal Bunga Kupu-kupu, Tanaman Mewah Berdaun Ungu

Itulah beberapa tanaman hias dengan bunga pink. Manakah tanaman yang paling memikat hati Moms?

  • https://www.thegreenpinky.com/grow-pink-hibiscus/
  • https://www.thespruce.com/types-of-roses-4069722
  • https://homeguides.sfgate.com/growing-tips-pink-jasmine-72682.html
  • https://www.thespruce.com/how-to-grow-cosmos-4125538
  • https://www.nature-and-garden.com/gardening/madagascar-periwinkle.html
  • https://www.joyusgarden.com/care-growing-tips-bougainvillea/
  • https://www.almanac.com/plant/lilies
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait