COVID-19

COVID-19
17 Juni 2020

Terlalu Lama Berada di Rumah saat Pandemi, Waspada 'Cabin Fever'

Kondisi ini bisa menyebabkan seseorang merasa putus asa
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Berada di rumah dalam waktu lama saat pandemi memang menjadi langkah tepat untuk mengurangi infeksi COVID-19. Apalagi dengan adanya kebijakan PSBB yang masih berlangsung.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa situasi ini memengaruhi kesehatan seseorang. Salah satunya dengan kemungkinan seseorang mengalami 'cabin fever' atau 'demam kabin' saat COVID-19.

Lalu, seperti apa pengertian dan penyebab dari cabin fever dan bagaimana cara untuk menanganinya? Cari tahu penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: COVID-19 Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental Anak, Ini Langkah yang Dapat Dilakukan

Pengertian Cabin Fever Kala COVID-19

cabin fever COVID-19-1

Foto: Orami Photo Stock

Perlu diketahui, bahwa cabin fever ini bukan termasuk dalam sebuah kondisi gangguan psikologis. Karena itu, tidak ada pengertian yang resmi tentang kondisi ini.

"Cabin fever tidak seperti gangguan psikologis. Ini mungkin bukan kondisi nyata, tetapi ada perasaan yang terkait dengan kondisi ini," jelas Vaile Wright, psikolog dan direktur penelitian klinis dan kualitas di American Psychological Association, mengutip CNN.com.

Tetapi untuk penjelasannya, cabin fever adalah istilah populer yang menggambarkan reaksi yang relatif umum terjadi saat seseorang diisolasi atau dikurung dalam waktu yang lama.

"Kondisi ini melibatkan serangkaian emosi negatif dan tekanan yang terkait dengan gerakan terbatas: mudah marah, bosan, rasa putus asa, dan bahkan, perubahan perilaku, gelisah dan sulit berkonsentrasi," lanjut Vaile.

Baca Juga: 3 Tahapan Kondisi Kesehatan Mental Saat Pandemi COVID-19, Wajib Tahu!

Gejala Cabin Fever Saat COVID-19

cabin fever COVID-19-2

Foto: Orami Photo Stock

Tidak semua orang yang mengalami cabin fever saat COVID-19 akan mengalami gejala yang sama persis, tetapi banyak orang melaporkan bahwa mereka merasa sangat mudah tersinggung atau gelisah.

Mengutip Very Well Mind, beberapa gejala cabin fever yang biasa dialami adalah:

  • Merasa lesu
  • Sedih atau depresi
  • Kesulitan berkonsentrasi
  • Kurang sabar
  • Mengidam makanan
  • Motivasi menurun
  • Kesulitan bangun
  • Sering tidur siang
  • Rasa keputusasaan

Penting diketahui bahwa gejala-gejala ini dapat menjadi tanda dari bentuk gangguan psikologis lain.

Bila gejala ini membuat Moms sulit melakukan aktivitas sehari-hari, sebaiknya konsultasikan ke psikolog atau psikiater.

Baca Juga: Langkah Mudah untuk Menjaga Kesehatan Secara Holistik Selama Masa Pandemi COVID-19

Mengatasi Cabin Fever Saat COVID-19

cabin fever COVID-19-3

Foto: Orami Photo Stock

Bila gejala yang dialami dirasa ringan, Moms dapat melakukan beberapa langkah mudah untuk mengatasi kondisi cabin fever yang dialami saat COVID-19 ini. Berikut ini beberapa caranya:

1. Keluar dari Rumah

Keluar dari rumah mungkin bukan hal yang bisa dilakukan, terutama apabila kebijakan social distancing masih digalakkan sebagai upaya untuk mengurangi paparan COVID-19.

Tetapi, Moms bisa keluar sejenak menuju ke taman di rumah, berjalan-jalan di sekitar komplek dengan memakai masker, atau berolahraga, sebagai tips mengatasi cabin fever saat COVID-19. Apalagi, paparan sinar matahari memberikan manfaat bagi tubuh lho, Moms!

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjelaskan bahwa ada beberapa radiasi sinar ultraviolet yang penting bagi tubuh untuk merangsang produksi vitamin D, dan berperan penting dalam menguatkan sistem kerangka dan kekebalan tubuh, serta pembentukan sel darah.

2. Pertahankan Pola Makan Sehat

Di kala pandemi ini, Moms mungkin merasa telah mengonsumsi banyak fast food, yang tentunya tidak menyehatkan.

Kurangi konsumsi makanan cepat saji dan jaga pola makan tetap sehat sebagai tips atasi cabin fever saat COVID-19.

Terutama, konsumsi sayur dan buah yang merupakan sumber kandungan vitamin C, agar dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Misalnya seperti jeruk, brokoli, stroberi, dan kiwi, dan sebagainya.

Mengutip jurnal Nutrients, vitamin C berkontribusi terhadap fungsi sistem kekebalan tubuh, dan berpotensi melindungi tubuh terhadap stres oksidatif dari lingkungan sekitar.

Baca Juga: Tips Menjaga Pola Makan Sehat Saat WFH Agar Tidak Berlebihan

3. Tetap Produktif dan Tentukan Tujuan

Ketika terjebak di rumah dan merasa mengalami cabin fever saat COVID-19, hal ini mungkin karena Moms cenderung membuang waktu tanpa melakukan hal-hal penting atau kurang produktif.

Sebagai cara mengatasinya, coba buat tujuan dalam skala harian dan mingguan, dan lacak setiap harinya untuk mengetahui apakah Moms sudah menyelesaikan beberapa target tersebut.

Pastikan tujuan yang dilakukan masuk akal, sederhana, dan yakin bahwa Moms mampu melakukan target-target tersebut. Cara ini akan membuat Moms tetap produktif di kala pandemi COVID-19.

Itu dia Moms, penjelasan tentang cabin fever yang dapat terjadi saat COVID-19, serta bagaimana cara untuk mengatasi kondisi ini dengan baik.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait