Di atas 5 tahun

22 Agustus 2018

5 Cara Agar Anak Gemar Menolong Orang Lain

Jangan lupa untuk menjadi contoh bagi mereka
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Setiap orang tua tentu ingin Si Kecil tumbuh sebagai anak yang tak hanya cerdas tetapi juga memiliki budi pekerti yang baik. Hal itu tentunya dapat terwujud dengan mengajarkannya sejak dini.

Salah satu hal yang ingin Moms tanamkan adalah bagaimana cara membuat mereka gemar menolong orang lain, bukan? Cobalah beberapa cara berikut ini agar mereka tumbuh sebagai anak yang gemar menolong!

Berikan Pemahaman

1 pemahaman

Sebelum memulai pada praktiknya, terlebih dahulu Moms harus dapat memberikan penjelasan pada mereka. Anak-anak tumbuh dengan rasa ingin tahu yang besar, begitu pula dengan alasan mengapa mereka harus menolong orang lain.

Jelaskan pada mereka bahwa menolong orang lain merupakan perbuatan yang baik, yang wajib dimiliki setiap orang.

Dengan memiliki perilaku yang baik mereka akan tumbuh menjadi sosok yang disukai banyak orang. Tak hanya itu, dengan gemar menolong orang lain nantinya kita juga akan mudah untuk mendapat pertolongan dari orang lain.

Menjadi Contoh

2 contoh

Setelah memberikan pemahaman, langkah berikutnya adalah menjadi contoh bagi mereka. Usia Si Kecil masih sangat mudah untuk menirukan segala hal yang dilakukan orang-orang di sekitarnya terutama orang tua.

Berikanlah contoh untuk selalu membantu orang lain, dimulai dari hal-hal kecil seperti membantu tetangga maupun hal-hal lain yang sekiranya dapat menjadi contoh bagi Si Kecil. Dengan demikian akan lebih mudah bagi mereka memahami dan melakukan hal yang sama seperti yang Moms lakukan.

Baca Juga: 7 Sopan Santun yang Perlu Dikuasai Anak

Jadikan Kebiasaan

3 kebiasaan

Mintalah Si Kecil untuk membiasakan diri membantu orang lain, ajarkan mereka untuk melakukan kebaikan setidaknya satu kali saja setiap harinya.

Mereka pun akan terbiasa dan merasa ada yang aneh bilamana mereka tak menolong orang lain. Dengan membuatnya sebagai kebiasaan, akan lebih mudah bagi mereka untuk membawanya hingga dewasa.

Beri Pujian

4 pujian

Jangan biarkan begitu saja mereka yang sudah begitu pandai membantu orang lain, Moms harus memberikan mereka pujian atas perbuatan mereka.

Katakanlah bahwa mereka hebat dan Moms sangat bangga. Bahkan sesekali Moms juga bisa memberikan mereka hadiah untuk memotivasi mereka. Namun tak perlu terlalu sering, jangan biarkan mereka menolong orang hanya karena mengharapkan hadiah dari Moms.

Baca Juga: Biasakan Anak Mengatakan Tolong, Maaf, dan Terima Kasih

Memberi Sumbangan

5 berbagi

Ajaklah Si Kecil tak hanya sekadar menolong, tetapi juga berbagi, wujudkan hal ini dengan rutin mengajaknya memberikan sumbangan setidaknya sebulan sekali.

Cara lainnya bisa Moms wujudkan dengan memberikan sedekah pada orang-orang yang membutuhkan di pinggir jalan. Ajak Si Kecil melihat bahkan memberikannya dengan tangan mereka sendiri.

Tunjukan wajah bahagia orang yang menerimanya, dengan demikian Si Kecil akan memahami bahwa ia memiliki arti untuk orang lain.

Terapkan cara-cara di atas agar anak jadi suka menolong orang lain ya, Moms!

(MDP)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait